Penyakit Motor Beat Bikin Kesel. Yuk, Cek Untuk Mengatasi

0
371
penyakit motor Beat

Motor Beat keluaran Honda memang banyak disukai karena memiliki performa menarik. Motor ini merupakan idola bagi kaum hawa sebab enak dan nyaman digunakan. Kenyamanan akan semakin dirasakan kalau penyakit motor Beat dapat diminimalisir dengan cara melakukan perawatan rutin.

Motor Beat termasuk dalam kategori motor matic paling laris pada beberapa tahun terakhir ini. Dengan peningkatan permintaan membuat pabrikan motor melakukan produksi jenis matic lebih fokus lagi. Seperti yang dilakukan oleh pabrikan asal Jepang, Honda. Pihak Honda terus mengembangkan produk agar lebih baik lagi.

Baca Juga : Intip Review dan Harga Motor Ducati 2021 Terbaru

Dengan permintaan meningkat membuat Honda meluncurkan jenis motor matic terbaru bernama Honda ADV 150. Selanjutnya, Tidak lama lagi PT. Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan Honda Beat 2021. Penyakit motor Beat diminimalisir dengan banyak perubahan dan perbaikan dari yang terdahulu.

Kehadiran motor honda Beat terbaru tentu sudah ditunggu-tunggu, mengingat jenis motor matic paling laris di Indonesia. Honda Beat terbaru banyak perbedaan dari versi terdahulu. Varian terbaru juga dihadirkan,yaitu Honda Beat Dulux. Ada juga Honda Beat versi terbaru, yakni Honda Beat Street dengan spek dan fitur sama.

Spesifikasi Motor Beat 2021 Berkaitan Dengan Penyakit Motor Beat

Performa dari motor matic akan terjaga kalau penyakit motor Beat dapat diatasi bahkan diminimalisir dengan perawatan. Ya, apapun jenis motor kalau dijaga dengan baik, mulai dari servis rutin tentu akan lebih handal dan lincah. Berikut spesifikasi motor Honda Beat 2021 yang mesti diketahui :

  1. Mesin Pada Motor Beat Terbaru 

penyakit motor Beat

Astra Honda Motor memberitahu kalau motor Honda Beat terbaru menggunakan mesin Genio tipe 4 langkah, SOHC, eSP kapasitas 109,5 cc. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 8,8 hp untuk putaran mesin 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,3 Nm untuk putaran mesin 5.500 rpm.

Motor Beat terbaru untuk tenaga mesin yang dikeluarkan disalurkan melewati Sistem transmisi otomatis berteknologi V-matic. Motor Beat 2021 mengandalkan teknologi eSP dan sistem bahan bakar injeksi (PGM-FI) membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit dan efisien. Jadi, bermanfaat untuk menghindari penyakit motor Beat.

  1. Rangka dan Kaki-Kaki Motor Honda Beat 2021

penyakit motor Beat

Pada motor Honda Beat terbaru 2021 menggunakan rangka eSAF (Enhance Smart Architecture Frame) yang mempunyai keunggulan. Bobot ringan mudah dibawa untuk manuver, minim perubahan bentuk atau deformasi. Serta, kapasitas tangki dan bagasi motor bisa meningkat. Pada rangka ditopang dua suspensi handal.

Suspensi teleskopik disematkan pada bagian depan, sedangkan suspensi lengan ayun dengan peredam kejut tunggal disematkan pada bagian belakang. Dengan kedua suspensi itu dapat berkendara dengan nyaman sebab bisa menahan beban pengendara dan penumpang. Penyakit motor Beat pada bagian ini diperhatikan.

Pada jalan yang bergelombang atau bebatuan,kedua suspensi dapat dibawa dengan nyaman untuk berkendara. Motor Beat juga dibekali dengan dengan rem yang canggih, yaitu rem depan mengandalkan cakram hidrolik dengan piston tunggal. Rem belakang memakai rem tromol.

Rem sebagi salah satu penyakit motor Beat yang mesti diperhatikan. Nah, khusus pada motor Honda Beat terbaru tipe CBS dan CBS-ISS menggunakan rem dengan sistem pengereman combi brake system. Performa semakin keren dan bergaya sporty dengan velg bergaya racing.

  1. Desain Motor Honda Terbaru 2021-03-16

penyakit motor Beat

Motor Honda Beat terbaru 2021 untuk tampilan desain lebih terlihat sporty dan stylish. Dimensi pada motor ini untuk ukuran panjang 1.877 mm, lebar 669 mm, dan tinggi 1.074 mm. Model V-shape untuk desain bagian depan dengan disematkan lampu utama bagian bawah dan lampu sein dengan presisi bagian atasnya.

Pada bagian stang dibuat lekukan bukan garis tegas. Kemudian, spidometer model analog sebagai petunjuk kecepatan. Serta, informasi lain yang penting untuk pengemudi. Jok kursi pada motor Beat terasa nyaman diduduki dan dengan desain tinggi,dilengkapi behel untuk keamanan penumpang selama perjalanan.

Lampu pada bagian belakang dibagi tiga untuk lampu rem dan lampu sein sisi samping kanan dan kiri. Motor Honda Beat secara keseluruhan memberikan performa menarik dengan kesan sporty dan modern. Dengan performa yang keren akan menambah kepercayaan pemilik ketika berkendara.

  1. Spidometer dan Fitur Motor Honda Beat

penyakit motor Beat

Spidometer yang disematkan pada motor Honda Beat terbaru adalah spidometer analog. Namun, pada Beat terbaru 2021 untuk tipe CBS dan CBS-ISS spidometer yang disematkan panel meter model digital. Lakukan perawatan untuk menjaga dari penyakit motor Beat yang akan mengganggu.

Pengemudi pemula akan mudah pahami  motor Beat karena mempunyai panel indikator injeksi, panel indikator mesin, indikator lampu utama, dan lampu sein. Fitur canggih yang disematkan pada tipe CBS dan CBS-ISS berupa ECO indikator.

Fitur ECO indicator akan menyala berwarna hijau dengan tiga pola sebagai sinyal berkendara irit konsumsi bahan bakar. Meskipun, motor dalam keadaan mati tetap masih bisa menyala. Oleh karena itu, lebih terkontrol penyakit motor Beat-nya.

Ada juga fitur combi brake system yang bisa menyeimbangkan pengereman pada roda depan dan belakang dengan baik. Khusus tipe CBS dan CBS-ISS dilengkapi dengan power charge maksimal 12 W untuk mengisi baterai gawai. Dilengkapi dengan tuas pengunci rem supaya motor tidak loncat ketika mesin dinyalakan.

Motor Beat terbaru aman berhenti di jalan tanjakan maupun turunan. Dibekali dengan lampu berteknologi automatic headlight on (AHO), CBS, dan ISS (Idling Stop System). Sistem itu untuk mematikan mesin motor secara otomatis ketika berhenti sebentar maupun saat di lampu merah.

Kelebihan Motor Honda Beat

Memiliki desain sporty dan modern dilengkapi dengan fitur berteknologi canggih membuat motor Beat semakin menarik dan handal. Motor Beat juga memiliki kelebihan, seperti konsumsi bahan bakar yang irit, desain sporty dan modern, dan lincah, gesit, dan handal. Selain itu, warna pada bodi motor juga lebih bervariatif.

Penyakit Motor Beat  yang Perlu Diketahui Supaya Perawatan Lebih Diperhatikan

Penyakit motor Beat untuk tipe motor injeksi tidak berbeda dengan penyakit motor injeksi lainnya. Biasanya motor akan mudah rewel ketika usia pakai sudah lama dan tidak dilakukan perawatan berskala. Berikut penyakit yang biasa terjadi dan dialami oleh motor matic seperti Honda Beat :

  1. Brebet Saat Digas dan Sering Mati

Sistem injeksi yang rusak tidak ada kaitannya dengan gejala brebet. Hal itu, tidak menjadikan lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada panel spidometer tidak menyala. Jika, itu terjadi maka segera cek busi serta filter udara. Brebet parah timbul karena percikan api pada busi melemah dan membuat motor tiba-tiba mogok.

  1. Tarikan Motor Honda Beat Berat dan Tidak Bertenaga

Penyakit motor Beat yang sering mengalami keterlambatan dalam servis berskala dan tune up akan menimbulkan mesin tidak memiliki tenaga. Mesin motor yang sering dipakai membuat kerenggangan klep mengalami perubahan. Untuk itu, segera membawa motor ke bengkel resmi untuk pengecekan selanjutnya.

  1. Gredek Pada Motor Honda Beat

Muncul gejala gredek pada motor terjadi pada bagian CVT yang bergetar dan timbulkan efek bergemuruh. Disebabkan oleh gesekan kampas kopling dan mangkok kopling kurang selaras . gredek dirasakan ketika motor baru mulai melaju serta pada kondisi berjalan normal.

Baca Juga : Penyakit Motor Vario, Sepele Tapi Menjengkelkan

Demikian informasi mengenai penyakit motor Beat yang sering terjadi. Dengan perawatan seperti servis berskala akan membuat motor lebih baik performanya. Sehingga, perawatan sangat diperlukan agar motor tetap handal, lincah, dan tangguh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here