7 Jenis Motor Untuk Dataran Tinggi dan Spesifikasi

0
738
motor untuk dataran tinggi

Ini Dia Jenis Dan Spesifikasi Motor Untuk Dataran Tinggi – Dataran tinggi tentunya memiliki medan yang berbeda dengan jalan dii dataran rendah. Inilah mengapa sangat peting bagi Anda untuk memilih jenis motor yang sesuai untuk dataran tinggi. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih jenis motor tertentu, silahkan menyimak beberapa spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikut ini.

Baca Juga : Jenis Motor Untuk Harian Nyaman dan Tidak Bikin Capek

Wajib Tahu! Ini Spesifikasi Motor Untuk Dataran Tinggi

Saat ini motor telah menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi banyak orang. Karenanya, tidak heran tingkat penjualan motor selalu meningkat setiap tahunnya.

Sekarang ini pihak produsen motor telah menghadirkan berbagai jenis motor yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan harian Anda. Kali ini akan dibahas mengenai spesifikasi motor untuk dataran tinggi.

Seperti yang diketahui bersama dataran tinggi memiliki kontur permukaan geografis yang lebih menantang bila dibandingkan dengan dataran rendah. Untuk itu Anda wajib mengetahui dan memahami beberapa spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikut ini.

Dengan demikian, Anda pun dapat lebih mudah dalam memilih jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

1. Memiliki Tenaga Mesin Yang Powerfull

Salah satu spesifikasi motor untuk dataran tinggi yang harus Anda ketahui adalah memiliki mesin bertenaga besar. Walau bagimanapun, kombinasi besaran torsi dan HP yang dihasilkan oleh mesin motor merupakan dua unsur penting yang membuat motor semakin menyenangkan untuk dikendarai. Terutama bila melaju di daerah dataran tinggi dan membawa banyak muatan.

2. Memiliki Sistem Injeksi

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi selanjutnya adalah memiliki sistem injeksi. Sistem ini memiliki kemampuan untuk membuat mesin dapat beradaptasi secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi udara dan bahan bakar di motor. Selain itu kaburator lebih rentan perubahan suhu dan tekanan udara.

Seperti yang diketahui bersama, suhu daerah dataran tinggi umumnya cenderung lebih rendah. Sehingga karburator akan memberikan imbas kurang baik saat terjadi perubahan suhu. Karena itu sistem PGM-FI merupakan pilihan terbaik bila motor digunakan untuk kondisi geografis berupa dataran tinggi.

3. Mengadopsi Teknologi Blue Core

Selain motor yang menggunakan sistem injeksi, Anda juga dapat menggunakan motor yang telah mengadopsi teknologi Blue Core. Ini menjadi spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikutnya yang harus Anda ketahui.

Motor yang menggunakan teknologi ini memiliki tarikan yang lebih responsif sekaligus lebih mudah dalam perawatannya.

4. Memiliki Suspensi Teleskopik

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi lainnya adalah penggunaan suspensi teleskopik.pada dasarnya suspensi berfungsi untuk meredam kejutan dan getaran. Suspensi tipe teleskopik lebih mudah dalam hal perawatannya selain itu posisi as suspensi yang ada di bawah diletakan di bagian atas, sehingga potensi gesekan terkena ranting, atau benda tajam bisa diminimalisir.

5. Desain Body Yang Ramping

Selanjutnya spesifikasi motor untuk dataran tinggi yaitu memiliki desain body yang ramping. Secara umum, dataran tinggi biasanya memiliki medan yang lebih terjal.

Sehingga motor dengan desain body yang ramping tentunya lebih memudahkan bila dibandingkan dengan motor dengan body bongsor. Namun pada dasarnya hal ini kembali lagi ke selera dan kebutuhan Anda.

6. Adanya fitur ABS (Anti Lock Breaking)

Fitur ABS menjadi spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikutnya. Anti-Lock Breaking System sendiri adalah sebuah fitur keselamatan untuk mencegah roda mengunci saat mengerem mendadak sehingga mencegah motor tergelincir saat melewati jalanan licin maupun jalanan basah.

Teknologi ABS ini dapat mengurangi resiko kecelakaan yang disebabkan pengereman yang kurang optimal.

Jenis Motor Untuk Dataran Tinggi

Nah, biasanya jenis motor adventure, touring dan trail lebih digemari para pengguna yang berdomisili di dataran tinggi. Namun banyak juga yang lebih menyukai jenis motor bebek dan skuter yang dikenal multifungsi.

Berikut ini beberapa pilihan motor yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih motor yang sesuai untuk dataran tiggi.

1. Kawasaki KLX300R

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi

Kawasaki KLX300R bisa menjadi pilihan tepat ketika ingin menjelajah dalam jarak yang jauh dan medan yang sulit. Yang cukup menarik dari motor off-road four-stroke ini adalah harganya yang murah. Beberapa fiturnya antara lain adalah gearbox enam kecepatan, sebuah kamera overhead ganda, dan empat katup. Terlebih lagi motor trail yang satu ini juga telah dilengkapi dengan bahan bakar injeksi.

2. Honda CRF450RX

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi

 

Pihak Honda merilis dua tipe trail off-road Honda 450. Namun varian RX yang tampilanya hampir mirip dengan motorcross CRF450R ini memiliki suspensi yang lebih lembut dan pengiriman daya yang lebih ringan.

Hal ini berkat pemetaan EFI yang berbeda. Motor trail Honda terbaru ini juga memiliki kickstand, skid plate, tangki bahan bakar 2,2 galon, dan roda belakang 18 inci.

3. Yamaha Jupiter MX King 150

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi

Anda dapat memilih Yamaha Jupiter MX King 150 bila tidak ingin menggunakan jenis motor trail. Motor bebek yang satu ini memiliki desain yang sporty dan sudah dilengkapi mesin injeksi yang bertenaga 150cc.

Motor ini juga telah dibekali dengan fitur DiAsil Cylinder dan Forget Piston yang membuat performa MX King 150 menjadi lebih mumpuni.

4. Honda Supra GTR 150

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi

Motor bebek keluaran Honda ini dibekali mesin berkapasitas 150 cc. Dengan teknologi Fuel Injection (FI) bertipe DOHC 4 katup juga 6 percepatan. Mesin motor ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 12 kW dalam 15,9 Ps pada putaran ke 9.000 rpm.

Selain itu, untuk urusan konsumsi bahan bakar, motor ini juga tergolong irit, dengan kisaran jarak tempuh mencapai 45,2km/liter.

5. Honda ADV 150

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi

Bagi Anda yang lebih menyukai motor matic, Anda dapat memilih motor matic advanture yang satu ini. Honda ADV 150 ini bukan hanya nyaman dipakai di medan mulus beraspal saja, melainkan juga bisa dengan baik berjalan di medan-medan terjaln dan sulit.

Sehingga Anda yang tinggal di daerah pegunungan dimana kebanyakan medan sulit dilalui sangat cocok menggunakan motor matic satu ini.

6. Suzuki NEX Crossover

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi

Rekomendasi motor matic adventure berikutnya adalah Suzuki NEX Crossover. Motor yang belum lama ini mengaspal di Indonesia ini sudah dilengkapi dengan speedometer digital.

Pada panel layarnya, pengguna dapat megetahui berbagai informasi, mulai dari indikator lampu, kecepatan, penunjuk waktu, jarak tempuh, indikator sistem FI, voltase baterai, dan kapasitas bahan bakar.

7.  Yamaha X Ride

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi

Pad dasarnya Yamaha X-Ride ini adalah varian matic crossover yang pertama kali hadir di Indonesia. Selain mampu merjai jalanan perkotaan, motor ini juga diklaim dapat menaklukan segala medan jalanan dengan medan yang berat.

X-Ride ini juga telah mengguakan teknologi Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YMJet FI), Forged Piston dan DiAsil Cylinder sehingga lebih irit dan dapat berlari lebih kencang.

Baca Juga : Mobil Mewah Harga Murah Jenis Sport Untuk Anak Muda Milenial

Nah, demikian tadi beberapa jenis dan spesifikasi motor untuk dataran tinggi yang harus Anda ketahui. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk meminang salah satunya? Aau apakah Anda memiliki pilihan lain? Yang paling mengetahui apa kebutuhan Anda sejatinya Anda sendiri. Karenanya jangan sampai Anda salah pilih hanya karena tertarik melihat tampilannya saja ya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here