Cara Merawat Cat Motor Yang Benar

0
71
Cara Merawat Cat Motor yang Benar

Cara pengendara ternyata masih sering salah dalam merawat cat motor. Sehingga seharusnya warna motor bisa bertahan selama beberapa tahun, jika perawatannya salah kurang dari setahun saja sudah memudar.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Karat Pada Kendaraan Bermotor

Apa saja sebenarnya hal yang menyebabkan pemudaran pada warna kendaraan tersebut terjadi. Pada dasarnya cat pada kendaraan dapat disamakan seperti pada dinding rumah tempat tinggal anda.

Apabila tidak dirawat secara rutin maka nanti akan memudar dan membuat estetikanya berkurang. Oleh karena itu perlu juga mengetahui bagaimana metode perawatan paling tepat agar hasilnya maksimal.

Pada kendaraan roda dua warna secara normal akan mulai memudar ketika usia lebih dari lima tahun. Tentu ini berbeda dengan mobil karena komposisi pada cairan kimia juga berbeda.

Ketahanan tersebut juga tergantung pada bagaimana treatment pada permukaan body. Apabila intensitas paparan tertentu terlalu tinggi maka nantinya akan membuatnya cepat memudar.

Asam dan panas tinggi adalah dua hal yang perlu diwaspadai oleh pemilik motor. Karena dua hal tersebut bisa membuat warna pada kendaraan cepat memudar sehingga nilai estetikanya menjadi berkurang.

Kami sudah merangkum beberapa cara untuk melakukan perawatan agar cat tidak cepat memudar. Jika tips berikut ini diaplikasikan maka nantinya proses pemudaran tidak akan cepat terjadi dan membuat usianya lebih panjang.

Trik Merawat Cat Motor Paling Mudah Cuci Secara teratur

Ini adalah hal sepele yang justru tidak boleh dilupakan bagi setiap pemilik kendaraan baik motor maupun mobil. Mencuci secara teratur adalah langkah untuk membuat warna body tidak cepat memudar.

Bagaimana mencuci bisa membuat warna pada body motor tetap cemerlang dalam jangka waktu panjang. Perlu diketahui dahulu bahwa ini adalah mencuci yang dilakukan secara pribadi bukan menggunakan jasa.

Jadi kendaraan dicuci menggunakan air dari rumah sendiri, ini akibatnya juga berbeda. Karena ada hubungannya dengan kadar Ph pada air yang dapat berpengaruh pada pemecahan zat kimia.

Merawat cat motor paling tepat adalah mencucinya menggunakan air tanah karena kadar keasamannya rendah. Jadi molekul pada warna dari kendaraan tersebut tidak cepat melakukan pemecahan.

Jika Anda menggunakan air dari PDAM biasanya pH cukup fluktuatif dan ini tidak baik dalam jangka waktu lama. Jika menggunakan air PDAM saja maka Ph akan terlalu rendah dan membuat pemecahan molekul warna lebih cepat.

Kemudian mencuci dengan menggunakan air saja juga cukup untuk mengurangi kuantitas debu pada bagian body. Dalam jangka panjang debu tersebut akan menjadi tempat bersarangnya zat asam.

Ingat bahwa asam adalah musuh terbesar pada benda yang terbuat dari logam. Jika dibiarkan dalam waktu cukup lama maka keberadaannya dapat mengikis permukaan benda sehingga membuatnya berkarat.

Jadi mencuci motor sebenarnya tidak harus menggunakan sabun kendaraan. Selama air yang digunakan memiliki keasaman rendah maka ini boleh saja dilakukan namun tetap lebih baik menggunakan sabun khusus.

Merawat Cat Motor Menggunakan Cat Pencuci Khusus

Seperti sebelumnya sedikit disinggung bahwa menggunakan cat pencuci khusus dapat berpengaruh pada pengaturan Ph. Ini sangat berguna agar nantinya molekul pada body tidak cepat terbelah dan melakukan pemudaran.

Ada dua jenis sabun yang tidak boleh digunakan untuk mencuci motor. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja jenisnya dan mengapa Anda tidak boleh menggunakannya sehingga dapat menghindarinya.

1. Deterjen

Deterjen memiliki konsentrasi sabun yang cukup kuat sehingga tidak cocok untuk kontaminasi terhadap atom dan logam. Memang untuk pakaian bagus namun bagi kendaraan justru membuatnya pudar.

2. Sabun Pencuci Piring

Ini adalah red flag kedua yang perlu dihindari oleh para pemilik kendaraan bermotor. Menggunakan sabun pencuci piring memang bagus untuk membersihkan bagian besi namun buruk bagi plastik.

3. Sabun Mandi

Ini adalah jenis sabun yang memiliki pH bervariasi sehingga kadang tidak masalah digunakan. Namun perlu dihindari apabila tidak ingin memudarkan warna dari body motor.

Mengapa hal tersebut disinggung karena banyak pemotor awam menggunakan jenis tersebut untuk mencuci. Padahal dapat berbahaya bagi motor karena bisa memudarkan warnanya.

Lalu bagaimana merawat cat motor yang benar dari segi pemilihan sabun. Sebaiknya gunakan sabun khusus body agar dari segi zat kimia dan kandungan Ph sesuai dalam penggunaan jangka panjang.

Perhatikan juga cat body apakah menggunakan doff atau glossy karena keduanya juga berpengaruh. Selengkapnya akan dibahas pada segmen berikutnya agar lebih mudah dipahami.

Merawat Cat Motor Doff dan Glossy

Untuk merawat berdasarkan tipe cat memang dibutuhkan produk tambahan agar hasilnya bisa maksimal. Lalu bagaimana sebenarnya trik agar masing-masing jenis warna bisa tetap terjaga secara maksimal, berikut detailnya.

1. Doff

Untuk doff sebaiknya mencuci menggunakan air dengan Ph netral dan intensitas lebih sedikit. Jadi jangan terlalu sering dicuci karena bisa membuatnya lebih cepat memudar.

Gunakan poles body dengan komposisi bahan utama air agar lebih mudah menguap dan tidak menimbulkan efek kilap. Ini perlu diperhatikan agar nantinya body tidak menipis ketebalannya.

Apabila tidak dicuci maka body kendaraan dapat dibersihkan menggunakan kain berbahan fiber. Jika membersihkan menggunakan kain kering usahakan terbuat dari bahan katun.

2. Glossy

Untuk glossy sebaiknya mencuci lebih sering agar efek kilap pada body tetap terjaga. Kemudian gunakan juga poles dengan bahan dasar minyak agar tidak cepat menghilang kilapnya.

Ketika mencuci jika memungkinkan menggunakan air dengan Ph netral atau hampir basa. Ini adalah trik merawat cat motor agar efek kilapnya tetap terjaga dalam jangka panjang.

Apabila mengeringkan body setelah dicuci usahakan menggunakan kain berbahan fiber. Setelah dikeringkan dari air kemudian lap dengan kain kering berbahan wool dan poles.

Jika trik tersebut dilakukan maka nantinya body akan tetap terlihat indah dalam jangka waktu lama. Itu adalah trik yang dapat dilakukan sendiri di rumah jadi tidak perlu menggunakan jasa cuci.

Hindari Terik Matahari untuk Merawat Cat Motor

Ini adalah hal paling sering dilupakan oleh pemilik kendaraan bahwa terik matahari dapat menyebabkan pemudaran. Bagaimana ini bisa terjadi mari kita bedah bersama agar Anda tahu akibatnya.

Perlu diketahui bahwa body motor terbuat dari bahan plastik dengan titik lebur cukup rendah. Apabila benda dengan titik lebur rendah terpapar panas maka akan mengakibatkan pergerakan molekul atom.

Akhirnya meskipun tidak maksimal hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya pemuaian. Ketika sebuah bahan tersebut memuai meskipun hanya 0, sekian persen namun dampaknya pada bagian luar cukup masif.

Anggap saja pada warna dari sebuah body, adanya pemuaian tersebut akan membuat molekul cat menjadi rusak. Ketika cat tersebut terkena panas maka molekul antar atomnya juga menjadi longgar.

Hal tersebut membuat terjadinya pelepasan beberapa molekul dalam istilah awam disebut menguap. Penguapan pada cat ini akan membuat warnanya pudar apalagi ketika dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Jadi menghindarkan dari sinar matahari langsung adalah salah satu cara merawat cat motor paling mudah. Memang untuk jangka pendek saja tidak terlalu terlihat akibatnya ketika dilakukan oleh pemilik.

Namun ketika kebiasaan seperti ini terus dilakukan maka warnanya nanti akan memudar secara cepat. Ada anomali tersendiri dari pengaruh cuaca terhadap penguapan cat pada kendaraan bermotor.

Efek seperti ini akan lebih cepat terlihat akibatnya pada saat ada kontaminasi asam dalam jumlah tinggi. Misalnya setelah kendaraan terkena hujan dan cuaca berubah panas, ini akan mengakibatkan pemudaran lebih cepat.

Oleh karena itu jangan ragu untuk menutupi motor menggunakan mantel pada saat terkena terik matahari. Hal sepele seperti ini perlu dilakukan agar nantinya keindahan dari tunggangan tetap terjaga.

Hindari Hujan Jika Ingin Merawat Cat Motor

Hujan adalah sumber asam paling tinggi yang dapat mengkontaminasi objek di permukaan bumi. Apalagi dengan semakin meningkatnya polusi tentu saja kombinasi karbondioksida dan asam pada air hujan juga naik.

Tahukah Anda bahwa asam dan karbon dioksida adalah hal pemicu korosi paling umum terjadi. Ini tidak hanya berdampak buruk pada bagian logam kendaraan namun juga body yang terbuat dari plastik.

Ketika kendaraan terpapar hujan kemudian terkena panas matahari seperti disinggung sebelumnya akan membuat warna memudar. Tentu saja ini akan sangat mengganggu karena mengurangi faktor estetika.

Oleh karena itu setelah motor terkena hujan usahakan untuk mencucinya. Tujuannya sebenarnya tidak untuk membersihkan, namun lebih pada menetralkan asam yang melekat pada body.

Bersih adalah bonus nomor dua yang akan Anda dapatkan ketika mencucinya secara total. Jika hanya tidak ingin warnanya pudar atau terjadi korosi maka membasuhnya menggunakan air sudah cukup.

Lalu pertanyaan banyak orang adalah berapa lama sebenarnya asam akan mulai mengikis kondisi body motor. Ketika Anda tinggal di kota besar dan kendaraan terkena hujan deras maka efek akan mulai terjadi setelah 8-10 jam.

Jadi usahakan segera membasuhnya menggunakan air dengan Ph netral untuk menetralkan keasaman pada body. Apabila hal ini segera dilakukan maka efek korosi tidak akan masif dan kilau kendaraan masih terjaga.

Baca Juga: 5 Jenis Motor Untuk Harian Nyaman dan Tidak Bikin Capek

Dengan memahami berbagai aspek perawatan tadi tentu saja Anda sekarang menjadi lebih tahu bagaimana merawat yang benar. Terapkan cara merawat cat motor agar tunggangan tetap cantik dalam waktu lama. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here