Kenali Penyakit Motor Byson Agar Tahu Cara Atasinya

0
776
Penyakit motor byson

Sejak diluncurkan pada tahun 2010, Yamaha Byson telah mencuri perhatian para bikers. Hal ini terutama disebabkan karena tampilannya yang garang dengan mesin yang bandel disertai kemudahan dalam hal modifikasi. Meski penyakit motor Byson sering dijumpai, namun motor ini tetap diminati terutama di bursa motor bekas.

Baca Juga : Cara Merawat Cat Mobil Yang Benar Agar Tetap Menawan

Bagi Anda pengguna motor Byson tentu pernah mengalami kendala saat mengendarai motor ini. Meski motor ini tergolong bandel namun pada jam terbang tinggi dia akan mengalami masalah. Berikut adalah masalah yang sering dihadapi para pengendara Yamaha Byson mengenai performanya.

Inilah Penyakit Motor Byson yang Sering Mengganggu Penggunanya

Sebagian besar pengguna setia Yamaha Byson akhirnya akan merasakan masalah setelah menggunakan motor ini dalam jangka waktu yang lama. Penyakit motor Byson salah satunya adalah tenaga yang tiba-tiba kendor bahkan hilang (power lost) saat motor sedang dipacu. Selain ini, apa sajakah penyakitnya?

Penyakit Motor Byson Karburator, Hilang Tenaga

Penyakit motor byson

Tenaga sepeda motor Yamaha Byson karburator sering mendadak hilang biasanya disebabkan adanya kerusakan pada klep (valve) mesin. Mesin motor Byson karburator memiliki dua jenis valve yaitu valve in yang fungsinya membuka dan menutup saluran udara dari karburator ke ruang bakar.

Adapun valve out berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas pembuangan. Penyakit motor Byson karburator bisa berasal dari klep yang longgar ataupun bocor, terutama klep minyak. Apabila terjadi kebocoran klep, maka proses pembakaran/pengapian tidak akan berlangsung optimal.

Apakah penyebab klep mengalami kelonggaran atau bahkan bocor? Penyebabnya bisa jadi karena usia pakai kendaraan yang cukup lama. Seperti sudah diketahui, bahwa semua onderdil tentu memiliki masa pakai tertentu. Apabila sudah mencapai akhir masa pakainya sudah pasti onderdil tersebut kehilangan fungsi optimalnya.

Akan tetapi, longgar atau bocornya klep sebagai penyebab penyakit motor Byson ini utamanya disebabkan penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah. Bahan bakar beroktan rendah akan menimbulkan kerak yang dapat menyelimuti klep. Hal ini dapat menyebabkan proses buka-tutup klep menjadi tidak sempurna.

Apabila hal ini yang terjadi, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan meratakan klep (skir klep). Namun apabila klep tersebut ternyata tidak dapat diperbaiki maka satu-satunya jalan adalah membeli klep baru. Anda tidak perlu khawatir karena onderdil ini dijual dengan harga yang terjangkau di pasaran.

Penyakit Motor Byson, Shock Breaker Patah

Penyakit motor Byson yang sering terjadi baik pada tipe karburator maupun injeksi adalah shock breaker belakang yang patah pada sambungannya. Bagaimanakah cara mengatasi agar hal ini tidak mudah terjadi pada sepeda motor Byson milik Anda?

Jangan Membawa Beban Berat

Mulai sekarang jangan biasakan memberikan beban berat pada sepeda motor Yamaha Byson milik Anda. Hindari juga membonceng lebih dari satu orang karena itu akan memberi beban lebih yang berpotensi merusak sambungan shock breaker belakang.

Hindari Akselerasi Cepat

Saat Anda berkendara melalui medan berat, bergelombang, hingga jalanan berlubang, maka hindari akselerasi cepat dan agresif. Akselerasi agresif akan mengakibatkan beban pada shock breaker bagian belakang menjadi lebih berat. Akibatnya sambungan shock breaker dapat mengalami kerusakan hingga patah.

Melumasi Bosh

Secara teratur, beri pelumasan di bagian bosh pada shock breaker belakang untuk menghindari penyakit motor Byson. Bosh sendiri terletak di antara swing arm dengan shock breaker belakang. Lumasi dengan sempurna sehingga saat ada beban, titik tumpu tidak berada pada sambungan shock breaker.

Penyakit Motor Byson, Oli Merembes

Penyakit motor byson

Gangguan yang kerap dialami oleh motor Yamaha Byson adalah adanya rembesan oli yang terjadi pada tutup bak oli. Hal ini bisa terjadi akibat seal karet atau o-ring yang kurang awet sehingga mudah melar saat kena panas. Segera ganti seal karet jika terjadi gangguan seperti ini.

Gangguan rembesan oli juga dapat terjadi pada bagian shock depan. Penyakit motor Byson ini disebabkan karena o-ring atau seal karet penahan oli yang kurang kuat. Pengguna harus segera mengganti seal karet tersebut agar gangguan tidak berlarut-larut. Harga o-seal ini sangatlah murah, hanya sekitar dua ribu rupiah saja.

Penyakit Motor Byson, Mesin Mati Saat Digas

Terdapat beberapa penyebab saat mesin Yamaha Byson mati ketika digas. Penyebab ini bisa berasal dari faktor dalam maupun luar kendaraan. Apa sajakah faktor tersebut?

Karburator Kemasukan Air

Saat kondisi gas normal, air akan terpisah sendiri pada saat memasuki karburator. Namun pada saat gas motor dinaikkan maka RPM mesin akan naik. Hal ini menyebabkan aliran bensin menjadi lebih cepat. Akibatnya, air yang bukan bahan bakar akan ikut terhisap ke dalam intake manifold dan menyebabkan mesin mati.

Penyakit motor Byson berupa mesin mati saat digas dapat terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Air ini dapat masuk melalui rembesan dari luar ataupun uap air yang berasal dari tangki. Hal ini bisa diatasi dengan menguras ruang pelampung karburator atau menguras tangki bahan bakar.

Main Jet Tersumbat

Sumbatan pada main jet akan menyebabkan mesin motor mati saat digas karena suplai bensin dari main jet terputus. Apabila hal ini terjadi maka yang harus dilakukan adalah membersihkan main jet dari kotoran seperti debu. Debu-debu ini dapat berasal dari aliran udara yang melalui filter dan menyumbat saluran.

Adapun cara membersihkan debu ini adalah dengan membongkar karburator dan membersihkan setiap salurannya. Tiuplah setiap lubang saluran agar debunya hilang. Anda juga dapat melakukan penyemprotan dengan menggunakan carbo cleaner.

Busi Motor Lemah

Penyakit motor Byson berupa mesin mati saat digas paling sering disebabkan karena kondisi busi yang lemah. Busi lemah akan menghasilkan pengapian yang kecil. Hal ini akan menyebabkan mesin “brebet” dan mati ketika digas. Apabila busi sudah mulai lemah, maka Anda harus cepat melakukan penggantian.

Anda harus melakukan pengecekan langsung terhadap busi Yamaha Byson ini. Amati ujungnya, apabila ujung busi sudah menghitam maka tandanya busi ini sudah harus diganti. Cara lain adalah Anda bisa melihat langsung api yang dihasilkan oleh busi untuk melihat apakah api itu masih kuat atau sudah lemah.

Penyakit Motor Byson, Kampas Kopling Aus

Penyakit motor byson

Salah satu onderdil Yamaha Byson yang harus diganti secara berkala adalah pelat gesek atau kampas kopling. Biasanya kampas kopling harus diganti setiap pemakaian 24.000 km, akan tetapi jarak tempuh ini bukan patokan utama untuk penggantiannya.

Anda merasakan motor Yamaha Byson sering selip, tarikan motor terasa berat, dan persneling agak keras? Maka sudah saatnya untuk mengganti kampas kopling sepeda motor Anda. Jika kampas kopling yang aus tetap dipakai maka akan dapat merusak komponen yang lain seperti pelat dan rumah kopling.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Goresan Di Body Mobil Cepat dan Tepat

Beberapa penyakit motor Byson yang diulas di atas sering dialami oleh pengguna Yamaha Byson baik tipe karburator maupun injeksi. Apabila motor sudah mengalami gangguan sebaiknya cepat-cepat dibawa ke bengkel resmi untuk mendapat pengecekan dan perbaikan. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here