Referensi Kelebihan dan Kekurangan Mengendarai Motor Matic

0
491
thumb +- Matic - kelebihan dan kekurangan mengendarai motor matic

Masyarakat dari berbagai kalangan usia ternyata adalah pengguna motor matic. Bagaimana tidak? Pengendaranya tidak perlu kebingungan soal kopling dan tidak khawatir lelah di kemacetan.

Baca Juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik Untuk Anda, Pengguna Motor Matic Wajib Tahu!

Di samping itu, ternyata kamu juga perlu ingat kelebihan dan kekurangan mengendarai motor matic. Untuk selengkapnya, kamu bisa menyimak artikel berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mengendarai Motor Matic

Salah satu alasan mengapa banyak dari masyarakat yang berkendara motor matic adalah harga beli lebih terjangkau. Namun, tentu masih ada banyak kelebihan lain yang dimiliki oleh motor matic sekaligus kekurangan untuk kamu adaptasikan selama menjadi penggunanya.

Kelebihan: Lebih Mudah Dioperasikan dan Dikendarai

Dengan mengendarai motor matic, kamu tidak perlu kesulitan untuk mengoper atau memindahkan gigi maupun kopling. Gas pada motor cukup diputar dan sudah siap melaju dengan kecepatan tertentu di jalanan. Kemudahan ini menjadi alasan mendasar mengapa banyak orang beralih menuju motor matic.

Di samping itu, motor matic yang sifatnya lebih gampang dikendarai ternyata tidak membuat kamu lelah saat menghadapi kemacetan. Remaja yang sudah punya SIM maupun ibu-ibu bisa mempelajarinya dengan cepat dan siap melintasi jalan raya.

Kekurangan: Termasuk Boros dalam Penggunaan Bahan Bakar

Jika dibandingkan dengan motor bebek, nyatanya motor matic masih tergolong boros bahan bakar. Dewasa ini, sudah banyak produk motor matic yang memang diluncurkan memakai teknologi injeksi. Namun, motor bebek masih memenangkan persaingan keiritan tersebut.

Selain faktor tersebut, ternyata kamu juga tidak boleh lengah dengan kebiasaan buruk yang menambah pemborosan bahan bakar motor matic. Beberapa di antaranya adalah memanaskan motor terlalu lama, memutar gas dalam kadar berlebihan, pemakaian BBM beroktan rendah, serta beban yang terlalu berat.

Kelebihan: Lincah dan Gesit Ketika Melaju di Jalanan

Ukuran motor yang cenderung ideal untuk setiap orang nyatanya mampu menunjukkan performa kelincahan selama berada di jalan raya. Kamu bisa menyelip dengan haluan yang pas ketika terjadi kemacetan selama berkendara.

Kegesitan ini nyatanya juga didukung oleh komponen wheelbase yang cenderung rendah. Hal ini memudahkan kamu untuk menyalip dengan nyaman sekaligus melewati jalan sempit tanpa kesulitan. Meskipun demikian, jangan lupa untuk senantiasa menaati rambu-rambu lalu lintas.

Kekurangan: Tidak Bisa Membawa Beban Terlalu Berat

Pengguna motor matic memang disarankan tidak membawa penumpang atau barang dengan beban terlalu berat. Mengapa? Motor matic hanya mempunyai sebuah shockbreaker dan terletak pada bagian bawah jok motor samping kanan. Kekuatannya tidak mampu melebihi motor bebek manual.

Padahal, shockbreaker berfungsi untuk meredam kejutan dan menciptakan pengalaman berkendara lebih nyaman. Permukaan jalan yang tidak rata maupun benturan tidak akan membuat kamu terjungkal. Namun, monoshock pada kendaraan matic ini harus membuat kamu mempertimbangkan beban yang dibawa.

Kelebihan: Bagasi Sebagai Ruang Penyimpanan Barang Menjadi Lebih Luas

Seiring berkembangnya zaman, perusahaan otomotif banyak melalui inovasi dalam meningkatkan efektivitas produknya. Begitu juga dengan seluruh motor matic yang menghadirkan ruang bagasi lebih luas dan praktis dalam menyimpan barang bawaan kamu.

Bahkan, kamu akan menemukan sebuah motor matic yang mampu menyimpan dua helm sekaligus. Selain helm, kini kamu tidak perlu khawatir ketika harus bepergian dan membawa jaket, tas, dompet, sepatu, maupun sandal sesuai kebutuhan.

Biasanya, tempat meletakkan barang pada motor matic berada di bagian depan atau daerah pijakan kaki, jok bagian belakang, maupun bagasi yang relatif besar.

Kekurangan: Diameter Roda Cenderung Lebih Kecil

Motor matic memang berukuran lebih pendek daripada motor bebek atau motor kopling manual. Hal ini disebabkan oleh diameter roda yang juga kecil. Meskipun terasa menguntungkan, nyatanya kondisi tersebut memberikan kekurangan dan perlu kamu ketahui.

Pendek atau kecilnya sepasang roda dapat memicu ketidaknyamanan pada motor matic jika berada di jalanan yang berbatu-batu dan tidak rata. Akibatnya, perlu kewaspadaan dan kehati-hatian tinggi saat harus melewati rute dengan fisik jalan yang tidak mulus.

Ketika melewati gang-gang yang cenderung kecil, kamu juga dihadapkan pada polisi tidur. Tentu ada polisi tidur yang tinggi, padahal keadaan motor matic kamu tergolong pendek. Meskipun demikian, kamu bisa mempertimbangkan alternatif motor lain yang sudah menyediakan kondisi nyaman pada polisi tidur.

Kelebihan: Lebih Nyaman untuk Dikendarai

Kenyamanan ini bisa dilihat dari posisi berkendara yang akan kamu rasakan selama menggunakan motor matic. Adanya pijakan kaki menyebabkan mengemudi menjadi lebih santai dan rileks. Kamu tidak perlu kelelahan karena posisi badan terasa tegak.

Berbeda dengan motor kopling tipe sport yang mendorong kamu untuk membungkuk selama perjalanan. Tentu, jika dibiarkan terlalu lama dapat berpengaruh buruk bagi kondisi punggung dan tulang.

Selain itu, memakai motor matic tidak membutuhkan banyak pergerakan dari tangan dan kaki. Sandarkan saja kedua kaki pada pijakan dan atur gas maupun rem sesuai kebutuhan kamu menggunakan kedua tangan.

Kekurangan: Biaya Perawatannya Cenderung Mahal

Salah satu dari kelebihan dan kekurangan mengendarai motor matic adalah banyak penilaian yang menyatakan bahwa motor matic rawan mengalami kerusakan akibat seringnya penggantian onderdil.

Kerusakannya bisa jadi lebih parah ketimbang motor manual. Semakin hebat kerusakannya, tentu semakin banyak biaya yang harus kamu keluarkan.

Ada banyak spare part, onderdil, dan komponen yang harus ditangani dalam satu kali servis. Selain itu, motor matic yang sebuah bagiannya rusak malah lebih mudah merembet ke mana saja. Alhasil, total harga perbaikannya mampu menyaingi motor manual.

Kelebihan: Semakin Banyak Inovasi Teknologi Terkini pada Motor Matic

Dari waktu ke waktu, ada banyak inovasi dan fitur terbaik yang ditawarkan pada sepeda motor keluaran terbaru. Salah satunya adalah akses port charger untuk mengisi daya pada smartphone kamu. Tidak perlu kebingungan lagi jika tidak punya powerbank atau bahkan tertinggal di rumah.

Bahkan, beberapa motor terbaru Honda telah memakai Combi Brake System dan Idling Stop System yang berguna bagi keamanan pengendara. Sedangkan, Suzuki ikut memperkenalkan teknologi Full Injection supaya tenaga yang dikeluarkan lebih besar, namun tetap irit bahan bakar.

Ada juga teknologi Answer Back System yang bekerja sebagai sistem kontrol dan memanfaatkan sinyal radio lewat remote. Penekanan pada remote ternyata sudah mengalami integrasi dengan kunci sehingga motor mampu memberikan sinyal suara yang dikeluarkan oleh buzzer.

Kekurangan: Pemiliknya Harus Benar-Benar Rutin Periksakan Motor ke Bengkel

Kebiasaan ini akan menentukan keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Kekurangan dari pemeriksaan rutin mungkin akan berdampak pada penyitaan waktu sekaligus biaya yang harus kamu siapkan jika ada bagian yang memerlukan perawatan atau upgrade.

Selain itu, faktor lain yang mendorong seringnya pengecekan di bengkel adalah penggunaan Continuously Variable Transmission atau CVT. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama dan digunakan saja tanpa pemeriksaan berkala, otomatis mesin akan bekerja jauh lebih berat.

Kelebihan: Bodi yang Variatif dan Bisa Dinaiki oleh Siapa Saja

Motor matic yang telah diluncurkan sejak lama ternyata memiliki pilihan desain dan warna beragam. Apalagi, setiap merk senantiasa memproduksi motor matic terbaru dan makin mumpuni di kelasnya. Banyaknya variasi bodi menyebabkan motor matic sangat cocok dipilih oleh anak muda sampai dewasa.

Kamu bisa menyesuaikan model motor matic tertentu dengan gaya serta karakter yang diinginkan. Mungkin masih banyak yang berpendapat bahwa kendaraan matic hanya cocok untuk perempuan. Tetapi, semakin banyak kaum laki-laki yang merasakan kepraktisan, kegesitan, dan kelincahan matic untuk digemari.

Kekurangan: Remnya Rentan Blong

Terlalu sering naik dan turun perbukitan maupun pegunungan biasanya rawan menyebabkan rem menjadi blong pada motor matic. Terlalu sering menggunakan rem ternyata dapat memicu terjadi pemuaian akibat disc yang mengalami pemanasan secara berlebih.

Hal tersebut tentu jauh berbeda dengan motor bebek yang mendapatkan tunjangan dari engine brake ketika melewati turunan dari tanjakan. Salah satu alternatif yang bisa diupayakan untuk menghindari kejadian tidak diinginkan adalah menyiram disc menggunakan air.

Jika suhu kembali dengan normal seperti semula, maka rem tetap mampu bekerja dengan baik selama melaju di jalanan.

Baca Juga : Jenis Motor Matic 2021 Terbaik, Beserta Harganya

Beberapa kelebihan dan kekurangan mengendarai motor matic mampu menjadi wawasan yang harus kamu ketahui ketika menjadi penggunanya. Tetap lakukan perawatan secara berkala supaya motor matic tetap awet serta mampu menjadi kendaraan favoritmu yang mengutamakan keamanan di jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here