Kecanggihan Honda Super Cub C125: Motor Retro Terbaik 2021

0
517
thumb honda sc125 - kecanggihan honda super cub c125

Bagi penggemar nuansa retro yang ingin tampil penuh gaya lewat motor bebek, maka bisa coba mengendarai Honda Super Cub C125. Kecanggihan Honda Super Cub C125 tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Pastinya akan membuat penampilanmu kian luar biasa. 

Baca Juga : Detail Lengkap Performa Vespa Sprint I Get 150 : Skuter Sporty, Namun Santai

Jika dilihat dari sisi fiturnya, tentu bisa semakin membuatmu merasa kepincut. Fiturnya benar-benar kaya dan dapat diandalkan. Ketika menaiki kendaraan roda dua dari Honda ini pasti akan membuatmu mampu merasakan sensasi berkendara yang sangat berbeda. 

Berbagai Kecanggihan Honda Super Cub C125

Mana mungkin tidak tertarik dengan kecanggihan unit roda dua dari Honda satu ini? Tiap part dari model motor ini sudah pasti memberikan kesan sekaligus tampilan berkualitas tinggi. Saat mengendarainya kamu akan merasa semakin keren dan penuh gaya. 

Bagi kamu yang ingin selalu tampil up to date, pastinya perlu mempertimbangkan opini untuk segera memiliki kendaraan roda dua keluaran Honda ini. Kapan lagi bisa tampil beda dengan gaya yang semakin trendy selain menggunakan Honda Super Cub 125? 

1. Spesifikasi Umum

Honda Super Cub 125 bukan hanya memiliki tampilan yang keren saja. Bahkan jika dilihat berdasarkan spesifikasi umumnya, unit roda dua ini juga dilengkapi dengan segudang fitur mumpuni. Belum tentu bisa kamu temukan pada varian motor bebek lain di luar sana. Jadi, kamu perlu mempertimbangkannya. 

  • Kapasitas mesin yang dimiliki sebesar 125 cc. Tentunya sudah setara dengan kapasitas motor bebek lain di luar sana. 
  • Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan sebesar 9,06 hp. Cukup kencang untuk berkendara di lalu lintas padat perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya. 
  • Opsi startnya listrik sehingga kamu tidak perlu repot menyalakan mesin motor dengan cara manual. Pastinya sangat praktis dilakukan. 
  • Sistem pembakarannya full transisterized. 
  • Panel instrumennya berbentuk digital. Inilah yang menjadi salah satu sentuhan nuansa modern pada Honda Super Cub C125. 
  • Indikator BBMnya juga sudah berbentuk digital. 
  • Jenis transmisinya memiliki bentuk manual yang begitu sederhana namun tetap menarik. 

2. Sasis dan Suspensi

Honda Super Cub 125 mempunyai komponen peredam kejutan dan getaran yang cukup canggih. Sistem yang dikenal sebagai suspensi dan sasis ini sangat baik untuk memelihara geometris roda, menambah taksi roda, menopang beban hingga meneruskan gaya gerak pengereman kendaraan. 

Untuk menjalankan fungsi sasis dan suspensi secara baik, maka motor ini dilengkapi dengan garnish krom. Selain itu, tipe rangka motornya adalah tulang belakang atau underbone dengan material rangka dari baja. Sementara itu, tipe joknya adalah single seat. 

3. Elektrik, Konsol, dan Rem

Jika dilihat dari sisi elektrik dari motor ini, ternyata juga tidak kalah canggih. Bagian lampu belakang dan head lamp motor ini sudah berupa LED. Selain itu, juga ada fitur adjustable headlights yang canggih. Voltase akinya senilai 12 V dan sudah dilengkapi dengan indikator lampu. 

Bicara soal konsol dan rem, unit Honda ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik. Pastinya tidak akan mengecewakan setiap pengemudinya yang ingin tampil dengan nuansa full retro namun tetap kekinian. Beberapa fitur konsol dan rem yang melengkapi motor ini diantaranya:

  • Panel instrumen dan indikator BBM sudah berbentuk digital. 
  • Speedometer berbentuk analog. 
  • Terdapat layar display yang canggih. 
  • Rem depan berbentuk disc dan rem belakang berbentuk drum. 

4. Teknik 

Teknik yang melengkapi motor ini terbilang sangat canggih. Bisa dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Tentunya teknik tersebut sudah mampu mendukung performa motor retro ini. Sejumlah fitur teknik yang melengkapi Honda Super Cub 125 ini diantaranya: 

  • Ban dan Velg 

Untuk ban dan velg depan mempunyai ukuran 70/90 R17 dan bagian belakang sebesar 80/90 R17. Jenis bannya adalah radial, tubeless. Dudukan kendaraan ini tentunya mampu untuk meneruskan gaya gerak sekaligus pengereman menuju ke permukaan jalan. 

  • Mesin dan Performa 

Honda retro ini mempunyai kapasitas mesin senilai 125 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal senilai 9.06 hp. Untuk jenis koplingnya adalah wet, multi plate. Dengan kapasitas mesin ini, maka unit roda dua ini mampu memberikan kecepatan maksimum sebesar 88 kmph. 

Konfigurasi katupnya berupa SOHC dengan jumlah silinder 1 dan langkah 4 stroke. Motor ini juga menggunakan sistem pendinginan berupa pendingin udara yang juga dibekali dengan pipa knalpot single exhaust. 

Jenis mesin yang dimiliki unit ini adakah single cylinder dengan katup per silinder senilai 2. Untuk bagian penggeraknya berjenis chain drive. Jika dilihat dari RPM torsi yang dimiliki secara maksimum ialah 5000 rpm dengan tenaga paling akhir adalah 7500 rpm. 

  • Bahan Bakar 

Sistem pembakaran kendaraan roda dua ini sudah full transisterized dengan jenis bahan bakar petrol. Sementara itu, sistem bahan bakarnya adalah PGM-FI. Tentunya bahan bakar seperti ini cukup mudah ditemukan. 

  • Transmisi dan Gigi 

Untuk urusan transmisi, motor ini memiliki jenis transmisi manual. Tentunya jenis transmisi ini menyesuaikan dengan model motor yang bergaya retro. Sementara itu, bagian gear boxnya adalah 4-speed. Jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya, tentu unit motor ini sudah sangat canggih di kelasnya. 

5. Dimensi 

Kecanggihan Honda Super Cub C125 juga bisa dilihat dari sisi dimensinya. Tentunya kurang afdhol jika ingin membeli motor baru justru tidak melihat spesifikasi dari sisi dimensinya. Beberapa spesifikasi tentang sisi dimensi motor ini diantaranya:

  • Kategori: moped.
  • Panjang: 1910 mm.
  • Tinggi: 1002 mm.
  • Ground clearance: 136 mm. 
  • Kapasitas tempat duduk: 1 kursi.
  • Bobot: 107 kg.
  • Ketinggian jok: 780 mm.
  • Lebar: 718 mm.
  • Kapasitas tangki oli: 0,8 L. 
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 liter. 
  • Wheelbase: 1243 mm. 

6. Varian Warna 

Honda Super Cub 125 tentunya mampu memaksimalkan penampilan dengan gaya retro yang maksimal. Kamu juga bisa memilih warna motor mana yang sesuai keinginan. Varian warna yang tersedia diantaranya pearl nebula red, pearl shining black dan pearl niltava blue. 

Untuk kamu yang mau tampil beda sekaligus kental dengan nuansa retro, maka bisa memilih varian warna pearl niltava blue. Sementara dua warna lainnya juga tidak kalah bagus. Cocok sekali untuk berkendara di setiap kesempatan. 

7. Motor Klasik dengan Nuansa Modern 

Tahukah kamu bahwa motor ini kerap disebut sebagai si klasik dengan nuansa modern. Hal ini karena Honda Super Cub 125 dibuat dengan desain retro namun tetap memiliki fitur kekinian yang sangat modern. Tentunya akan memanjakan para penggemar kendaraan klasik. 

  • Desain Klasik 

Sebetulnya motor ini merupakan versi reborn dari Super Cub C70 yang rilis pada tahun 1970an. Wajar saja jika desain motor ini sangat kental dengan nuansa klasik. Walaupun demikian, Honda tetap mampu mengikuti  perkembangan zaman dengan sangat baik. 

Motor klasik yang tengah naik daun ini tetap mampu menyuguhkan nuansa modern. Tentunya sangat seimbang dengan komposisi retro yang khas dari Super Cub Honda ini. Dengan hanya melihatnya secara sekilas saja, sudah mampu membuatmu jatuh hati. 

  • Kombinasi Fitur Kekinian 

Honda Super Cub C125 hadir dengan berbagai macam kelengkapan fitur kekinian yang anti ketinggalan zaman. Tentunya untuk menyeimbangkan dengan nuansa retro yang khas dari motor ini. Salah satu yang paling ditekankan pada motor ini adalah teknologi LED yang terdapat di semua bagiannya.

Selain itu, yang perlu disoroti dari fitur canggih lainnya pada motor ini ada pada speedometer digitalnya. Bagian ini sudah dibekali dengan berbagai macam status terkini dari unit motor tersebut. Fitur ini dikenal dengan nama MID atau multi information display. Bahkan motor ini juga sudah mempunyai fitur keyless. 

  • Mesin Modern 

Apabila dilihat dari sektor tenaga, tentunya unit kendaraan roda dua ini sudah tidak usah dipertanyakan lagi. Pastinya sudah injeksi sehingga hemat bahan bakar. Mesinnya juga sudah sama dengan mesin yang dipakai pada Honda Supra X 125. 

Tentunya dengan kapasitas mesin tersebut, maka tenaganya sudah cukup mampu untuk bersantai maupun bepergian kemana saja sesuai keinginanmu. Apalagi untuk menjelajah nuansa malam hari ibukota Jakarta. Wah, pastinya bukan hanya kamu yang akan terkagum melainkan juga orang lainnya. 

Baca Juga : Spesifikasi Motor Honda PCX 160 : Mesin Lebih Bertenaga dan Desain Sporty

Kecanggihan Honda Super Cub C125 tentunya bisa menjadi pertimbanganmu sebelum memutuskan untuk membelinya. Motor klasik dengan nuansa modern ini tentunya sangat cocok dimiliki oleh orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here