4 Tips Jual Motor Bekas Murah Supaya Tidak Ditawar Lagi

0
757
jual motor bekas murah

Tips Jual Motor Bekas Murah Supaya Tidak Ditawar Lagi – Belakangan ini banyak orang mulai jual motor bekas murah karena berbagai macam alasan. Sayangnya sebagian besar orang selalu mengeluhkan soal pembeli yang suka menawar harga jual motor bekas dengan sangat tidak masuk akal. Sehingga hal ini membuat beberapa penjual motor merasa kecewa dan dirugikan.

Baca Juga : Cara Merawat Mobil Matic dan Buat Mesin Tetap Optimal

Maka dari itu bila Anda ingin jual motor bekas murah yang bekas tapi tidak ingin ditawar oleh pembeli, sebaiknya siapkan dulu triknya. Sehingga Anda bisa mencoba menjual motornya dengan penawaran tinggi dan tidak merasa dirugikan oleh mereka. Motor sendiri merupakan sebuah alat transportasi paling efisien.

Itu karena kendaraan ini bisa melintasi jalanan macet dengan mudah dan praktis. Sehingga cocok sekali untuk mereka yang kehidupannya mobile supaya bisa lebih cepat dalam melakukan aktivitas. Jadi bila ingin menjual motor lama Anda, sebaiknya temukan dulu pembeli yang mau membeli dengan harga sesuai.

Berikut adalah beberapa Tips Jual Motor Bekas Murah Supaya Tidak Ditawar Lagi : 

Alasan Jual Motor Bekas Murah

jual motor bekas murah

Hampir semua orang mempunyai kendaraan bermotor mulai baru sampai bekas. Itu karena jumlah penjualnya semakin banyak lengkap dengan berbagai macam penawaran yang menarik. Menariknya lagi adalah proses produksinya tidak pernah ada habisnya sehingga itu membuat beberapa orang tergiur. Berikut alasan orang jual motornya, antara lain:

  1. Salah satu alasan terbesar yang paling sering dilakukan oleh orang-orang ketika menjual motornya dengan harga miring adalah sedang membutuhkan uang dalam waktu dekat. Biasanya ini terjadi karena ada keperluan mendesak yang tidak bisa dihindari. Misalnya saja seperti untuk biaya berobat, pendidikan anak, dan juga sejenisnya.
  2. Beberapa orang juga memilih jual motor bekas murah miliknya karena ingin membeli yang baru. Hal tersebut dikarenakan mereka mulai bosan dengan kendaraan roda duanya dan ingin terlihat lebih fresh. Sehingga mereka memilih untuk melipat kendaraannya semurah mungkin supaya dapat segera membeli yang baru.
  3. Seseorang juga kerap menjual kendaraan roda duanya dengan harga miring karena ingin membeli barang yang penting. Misalnya saja sebagai tambahan untuk membeli mobil, rumah, modal usaha, dll. Sehingga mereka lebih memilih melipat kendaraannya supaya bisa mendapat tambahan uang untuk membeli sesuatu yang penting dan dibutuhkan.
  4. Orang juga kerap melepas kendaraannya dengan harga di bawah pasar karena kendaraannya sering rewel dan membuat masalah. Sehingga karena sudah lelah servis motor dan masalahnya tidak kunjung selesai serta tetap menghabiskan banyak uang, akhirnya mereka memilih jual motor bekas murah daripada harus menggunakannya.

Cara Jual Motor Bekas Supaya Tidak Ditawar

jual motor bekas murah

Sayangnya meski sudah dijual dengan harga jauh dari nilai seharusnya, namun tetap saja ada orang yang masih menawarnya. Bahkan ada beberapa dari calon pembeli yang meminta setengah harga dengan berbagai macam alasan. Tentunya sebagai seorang penjual ini sangat tidak menyenangkan sama sekali.

Maka dari itu bila Anda menemukan calon pembeli yang menawar dengan harga sadis, sebaiknya jangan marah dulu. Karena ternyata masih ada cara yang dapat dilakukan untuk jual motor bekas murah akan tetapi aman dan tidak lagi ditawar. Berikut adalah tips agar jualan supaya tidak ditawar:

  1. Supaya tidak ditawar lagi, sebaiknya tulis saja harga nett tepat pada bodi motornya. Sehingga dari awal orang sudah tahu bila harganya sudah pas tidak bisa ditawar lagi. Namun bila orang tersebut masih saja menawar, sebaiknya tolak saja dengan cara yang lebih halus supaya sama-sama enak.
  2. Untuk menghindari kerugian karena banyak orang suka menawar dengan harga sadis, sebaiknya jual dengan cara meningkatkan harganya sedikit lebih tinggi. Karena orang pasti akan menawar kendaraan Anda. Jadi misalnya saja ada tawaran, Anda masih memiliki keuntungan dari selisih harga sesuai dengan yang diinginkan sebelumnya.
  3. Cara ampuh lainnya supaya tidak ditawar dengan harga sadis adalah cobalah untuk mengajaknya bercanda. Misalnya saja Anda jual motor bekas murah senilai Rp 3 jutaan, kemudian ada yang menawar Rp1 juta. Cobalah mengajaknya bercanda supaya tidak menyinggungnya. Misalnya dengan membolehkannya dengan harga tersebut tapi mesinnya saja.

Penyebab Jual Motor Bekas Murah Tidak Laku

jual motor bekas murah

Tentunya ada beberapa alasan kenapa kendaraan yang sudah dijual dengan harga kurang dari pasarannya namun tetap saja tidak dilirik oleh pembeli. Jika Anda mengalaminya juga, sebaiknya cari tahu penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab motor jualan Anda tidak kunjung laku meski harganya sudah rendah, antara lain:

  1. Tidak pernah melakukan perawatan kendaraan roda dua secara berkala bisa membuat calon pembeli enggan membelinya. Karena tentunya bila dilihat secara sepintas saja tampilannya sudah tidak menarik dan suara mesinnya kasar, otomatis itu membuat calon pembeli berpikir 2 kali untuk membelinya.
  2. Motor yang bodinya rusak karena kecelakaan atau benturan benda keras bisa membuat harga jualnya turun hingga Rp1 jutaan. Berbeda sekali bila bodinya terawat, mulus, bebas goresan, maka meski dijual mahal pasti tetap laku. Hal tersebut berlaku sama untuk kondisi rodanya juga. Perhatikan supaya tidak botak.
  3. Supaya Anda bisa jual motor bekas murah dan cepat laku adalah perhatikan rantainya. Pastikan tidak ada karatan karena itu bisa membuat harganya turun drastis bahkan menjadikan calon konsumen berpaling darinya. Maka dari itu bila bagian ini bermasalah, sebaiknya ganti dulu supaya lebih enak dilihat.
  4. Menunggak pajak motor juga bisa menjadi penyebab utama kenapa meski sudah dijual murah namun tidak kunjung dilirik oleh konsumen. Itu karena dari awal pembeli langsung berpikir bila mereka harus mengeluarkan tambahan biaya untuk membayar pajaknya. Terlebih bila surat pentingnya hilang, pasti sulit lakunya.

Tips Untung Jual Motor Bekas Murah 

Ternyata masih ada cara supaya tetap untung meski jual motor bekas murah dengan harga yang murah. Jadi asal Anda tahu triknya, maka pasti penjual tetap untung. Maka dari itu sebaiknya simak tips berikut ini bila ingin menjual motor dengan harga terjangkau namun tetap untung, antara lain:

  1. Pastikan kondisi kendaraan roda dua Anda dalam keadaan bagus. Mulai dari lampu, rem, mesin, bodi, dan semuanya. Bila motornya sehat, otomatis itu bisa membuat harga jualnya meningkat. Sehingga berapa saja harga yang ditawarkan pasti akan dianggap murah oleh calon pembeli Anda.
  2. Sebelum menjualnya sebaiknya pantau dulu harga pasarannya. Ini penting sekali supaya Anda bisa menjual dengan harga yang pantas. Namun tentunya cara ini hanya cocok untuk Anda yang sedang tidak terburu-buru menjualnya. Sehingga bisa memiliki harga sendiri yang Anda anggap masih murah dan wajar sesuai kondisinya.
  3. Supaya lebih cepat laku dan tetap untung, manfaatkan media sosial dan jual secara online saja. Sehingga proses transaksinya lebih sederhana dan penjualannya bisa sampai ke seluruh wilayah. Untuk melakukannya tidak sulit, karena yang diperlukan adalah deskripsi dan fotonya harus jelas supaya calon konsumen tertarik.

Baca Juga : Tips Kredit Motor Bekas Anti Repot Tetapi Aman

Anda harus ingat bila menjual motor bekas harga tinggi itu belum tentu untung. Namun perhatikan untung ruginya. Bila selisih harga Rp1 juta saja sebelum dan setelah diperbaiki, bahkan biayanya lebih tinggi dari itu, sebaiknya jangan diperbaiki. Lebih baik jual motor bekas murah dengan kondisi seadanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here