Halo kaum MoGe, apa kabar dengan motor mu?. Sudahkah mengalami banyak modifikasi biar makin keren dan makin prima? Kamu pasti tahu harga spare part motor ninja yang satu ini bisa bikin harga naik sampai dibanderol 100jt. Atau kamu masih belum paham tentang spare part ninja yang satu ini?.

Alasan Mengapa Harga Spare Part Motor Ninja Menjadi Penyebab Harga Mahal

Dari pada mikir lama, langsung aja simak penjelasan dalam artikel ini, biar kamu paham mengapa spare part yang satu ini dibanderol harga 100jt. Dan kamu jadi lebih ngerti apa sebenarnya kegunaan spare part tersebut. Simak yaa penjelasannya berikut:

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah merilis motor yang sudah menjadi idaman banyak orang, utamanya para pecinta MoGe seperti kamu. Karena kini motpr tersebut telah menjadi kenyataan bukan hanya sekedar impian.

Yaa.. Pada bulan Juli 2020 kemarin PT. KMI telah resmi mengeluarkan Ninja 250cc dengan 4 silinder. Dengan nama Kawasaki Ninja 250R dan sekaligus menjadi pelopor pertama kali hadirnya motor ninja dengan spek yang luar biasa.

Kawasaki Ninja ini dibanderol harga karena spare part-nya yang memang sangat keren. Sehingga dapat menghadirkan motor Ninja yang keren ini. Spare part tersebut merupakan 4 silinder yag ada pada motor Ninja 250cc ini.

Mungkin kalian bertanya kenapa harus pakai 4 silinder, padahal fasilitas dan fitur sama saja dengan Ninja 250cc 2 silinder. Karena mesin 4 silinder inilah yang menyebabkan harga Ninja 250R jadi lebih mahal.

Secara, mesin 4 silinder ini memerlukan banyak komponen penting yang harus menyertainya. Misalnya saja harus memiliki 4 throttle dan juga 4piston. Harga spare part motor ninja throttle inilah yang mendominasi mengapa harga ninja ZX 250R ini dibanderol dengan mahal.

Pembagian 4 throttle ini merupakan pembagian yang sangat besar karena setiap throttle ini mencapai 30mm. Jika diperhatikan, 30mm throttle ini setara dengan 1 throttle body motor gede dengan kapasitas 150cc. Sudah bisa kebayangkan sekarang, alasan mengapa motor ini sangat mahal.

Karena kamu sudah bisa menghitung berapa jumlah harga spare part motor ninja throttle body ini. Mengapa memakai 4 silinder? Karena throttle body sendiri memiliki tugas agar membuat aliran udara pada mesin lancar. Jika asupan udara lancar, maka tenaga yang akan dihasilkan mesin menjadi lebih besar.

Karena dalam throttle body memiliki beberapa sensor yang menunjang roses pembakaran pada mesin. Sensor tersebut meliputi sensor tekanan udara, sensor suhu udara dan sensor posisi bukaan gas.Sudah bisa dibayangkan bukan, mengapa throttle 4 silinder termasuk dalam harga spare part motor ninja yang sangat mahal.

Selain itu, kamu juga akan mendapati harga spare part motor ninja lain yang menjadi bagian penunjang mahalnya motor keluaean terbaru ini. Berikut adalah rinciannya:

Knalpot Ninja

Spare paling umum untuk motor gede ninja yaitu knalpotnya. Knalpot sendiri memiliki variant harga yang berbeda. Untuk jenis knalpot motor ninja 250cc biasanya memiliki tipe khusus yang dibanderol dengan harga mulai dari 2 jutaan. Bahkan ada yang lebih mahal untuk jenis knalpot yang memiliki kualitas lebih prima.

Dimana knalpot sendiri memiliki fungsi untuk membuang sisa pembakaran pada mesin. Jenis knalpot untuk motor ninja terbaru dimiliki oleh 3 produsen LeoVince, Yoshimura dan akrapovic. Ketiga knalpot tersebut telah diuji kelayakannya.

  • Leo-Vince

harga spare part motor ninja

Spesialis knalpot yang berasal dari negeri pizza ini mempunyai line up yang sangat besar untuk New Ninja250. Pada pengetesan petamanya mendapat unit LV10 dengan silencer berbetuk tabung dengan ukurannya lebih pendek.

Material spare part motor ninja ini dibuat dari stainless steel. Knalpot ini menggunakan leher custom dengan label Drake. Pada “Lehernya bikin di R9, agar  dapat memenuhi permintaan konsumen tanah air, karena jika menunggu dari Italia produksi membutuhkan waktu yang cukup lama,”

Setelah mencoba berulang kali run, akhirnya angka yang didapat paling tinggi sebesar 25,02 dk pada 12.121 rpm dan torsi 16,5 Nm di 9.899 nm. Dalam hal ini terlihat bahwa ada kenaikkan 0,85 dk dan 0,7 Nm jika dibandingkan dengan yang standar.

Namun sayang sekali pada saat pengetesan, AFR tidak bisa terbaca sebab lubang silencer LV10 tertutup jaring besi layaknya besutan balap. Dan harga spare part motor ninja terbaru dari LeoVince LV10 dibanderol seharga Rp 4,2 juta.

Ada pilihan silencer lainnya kok dari LeoVince. Pilihan tersebut meliputi GP Corsa Carbon EVO, GP Corsa Carbon, versi slip-on dan masing-masing varian tersebut dijual dengan harga kisaran Rp 3 sampai 4 juta.

  • Akrapovic

harga spare part motor ninja

Akrapovic yang telah melewati tes yaitu memiliki tipe Carbon Full System. Pemasangan knalpot ini dapat menghasilkan tenaga menjadi 27,21 dk pada 12.323 rpm dan torsi 17,6 Nm di 10.303 rpm.

Naik 3,04 dk dan 1,8 Nm, atau yang paling tinggi.Pada rpm rendah, cukup tinggi melebihi knalpot tipe standar, Dan knalpot ini sangat cocok untuk trek yang panjang.”

Untuk dapat menyempurnakan performanya, Dibutuhkan ubahan lain di sektor mesin atau bisa dimulai dengn mengatur ulang ECU bisa juga dengan cara menggantinya. Maklum saja pada pengetesan ini otak pengapian dan Juga bahan bakar masih standar.

Knalpot ini terbuat dari stainless steel dengan lapisan karbon pada silincer-nya.Denga harga spare part motor ninjaLayz Motor inidibanderol hara 13 juta an.

  • Yoshimura R11 Slip-On

harga spare part motor ninja

Desainnya yang keren dengan finishing berkelas, menjadi nilai lebih dari Yoshimura R11.Harga spare part motor ninja yang satu ini dibuat dari stainless steel dengan finishingcarbon. Namun, saat dites di atas dynometer, hasil tesnya memang terlihattidak terlalu sempurna dan istimewa. .

Jenis Knalpot ini dibanderol harga dengan niminal 6,9 jutaan. Namun sayangnya ketika dites tenaga hanya menjadi 23,67 dk di 12.121 rpm. Terlihat Turun sekitar 0,5 dk dari standar pabrik. Karena Torsi maksimal adapada 14,8 Nm di 10.303 rpm turun sekirar 1 Nm dari aslinya.

Akan tetapi karakternya masih serupa dengan tipe standar, dan torsinya maksimumnya terlihat masih kurang galak. Pemganalisaan model slip-onini sepeetinya kurang cocok dengan leher knalpot standar. Agar tetap yakin sebaiknya pilih yang full system saja.

Selain tiga jenis knalpot yang dipaparkan diatas, masih banyak juga harga spare part motor ninja yang bisa tergolong dalam kata hemat. Meski dengan demikian kamu hanya bisa menunggani motor ini dengan tenaga yang standar. Jika kamu menginginkan tenaga yang cukup besar maka pilihlan spare part yang bagus.

Apakah kamu tertarik untuk menunggangi motor Ninja seri terbaru? Dan itulah tadi alasan mengapa harga spare part motor ninja sangat berpengaruh pada jenis motor keluaran terbarunya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi baru untuk kamu yang membacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here