Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya

0
87
Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya
Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya

Motor listrik di Indonesia memang bukan hal yang aneh lagi. Sebab, motor listrik ini sudah banyak ditemukan di jalanan di seluruh wilayah Indonesia. Artinya, sudah banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan ini.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Honda Terbaru di Indonesia

Jika pada sepeda motor biasanya bahan bakar yang digunakan adalah bensin, maka tidak demikian dengan motor listrik. Anda harus mengisi energinya menggunakan tenaga listrik agar kendaraan ini bisa dioperasikan.

Prinsip kerja dari motor listrik secara sederhana adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Hal ini yang bisa membuat sepeda motor bergerak. Sehingga dianggap lebih ramah lingkungan.

Motor listrik di Indonesia dijual dengan harga yang beragam. Mulai dari yang lebih terjangkau dari motor konvensional hingga lebih mahal. Hal ini tergantung dari spesifikasi motor tersebut.

Perusahaan yang sudah mulai memproduksi motor listrik juga cukup banyak. Mereka menciptakan berbagai inovasi terbaru agar penggunanya semakin nyaman saat mengendarai motor tersebut.

Terutama dalam hal ketahanan listrik. Jika dibandingkan dengan motor konvensional, motor listrik memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Pada artikel ini, kami akan membahasnya secara detail dan lengkap.

Kelebihan Motor Listrik di Indonesia

Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya_Kelebihan Motor Listrik di Indonesia
Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya_Kelebihan Motor Listrik di Indonesia

Hal pertama yang harus Anda ketahui dari motor listrik tentunya apa saja kelebihan motor tersebut. Saat ini motor kendaraan berbasis listrik sedang digalakkan di seluruh dunia, bukan hanya motor saja tapi juga mobil.

Hal ini dikarenakan kendaraan berbasis listrik dianggap memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah dalam hal lingkungan. Motor yang menggunakan teknologi listrik tidak mengeluarkan polusi udara.

Seperti yang diketahui bahwa motor konvensional mengeluarkan sisa pembakaran berupa karbon dan senyawa berbahaya lainnya. Sisa pembakaran tersebut akan berada di udara dan menjadi polusi.

Polusi dari sisa pembakaran kendaraan bermotor tersebut salah satu penyumbang polusi udara tertinggi di kawasan perkotaan. Lain halnya dengan motor listrik di Indonesia yang tidak mengeluarkan polusi udara.

Polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Misalnya saja gangguan pernafasan, penuaan diri, gangguan pada darah, hingga berisiko memicu kanker.

Tidak hanya aman untuk lingkungan dan kesehatan, motor listrik juga memiliki berbagai kelebihan lain yaitu:

  1. Anda tidak perlu mengganti oli karena pada sistem motor listrik tidak menggunakan oli sebagai pelumas. Dengan demikian, ada akan menghemat lebih banyak uang.
  2. Motor listrik di Indonesia juga memiliki cara kerja yang lebih efisien. Alasannya adalah Anda tidak perlu mengisi bensin terlalu sering lagi karena kapasitas listrik motor cukup besar. Jadi, perjalanan lebih nyaman dan cepat.
  3. Memiliki teknologi canggih seperti ITS (Intelligent Transport System). ITS berguna dalam proses pengereman, sehingga motor memiliki tingkat keamanan tinggi.
  4. Motor listrik juga lebih mudah dirawat dari pada motor konvensional. Anda hanya perlu memperhatikan kesehatan baterai agar performanya tetap maksimal.

Kekurangan Motor Listrik yang Harus Diwaspadai

Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya_Kekurangan Motor Listrik yang Harus Diwaspadai
Harga Motor Listrik di Indonesia beserta Spesifikasinya_Kekurangan Motor Listrik yang Harus Diwaspadai

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata motor listrik di Indonesia memiliki berbagai kekurangan. Kekurangan ini harus Anda waspadai sebelum akhirnya membeli motor ini, jangan sampai Anda menyesal.

Kekurangan pertama adalah tenaga dari motor listrik tergolong terbatas. Sebab, daya baterainya yang besar tidak akan cukup untuk melakukan perjalanan jauh tanpa mengisi daya terlebih dahulu.

Selain itu, kecepatan dari motor listrik tidak secepat motor konvensional. Hal ini dikarenakan setiap produsen motor listrik membatasi kecepatannya. Karena motor listrik di Indonesia menggunakan baterai, Anda harus secara rutin mengisi daya.

Masalahnya adalah belum meratanya port pengisian daya di berbagai daerah. Sehingga, Anda akan kesulitan untuk mencari tempat pengisian data tersebut. Belum lagi proses pengisiannya juga memakan waktu cukup lama.

Jadi, sangat tidak disarankan jika Anda memiliki jadwal padat dan buru-buru. Kalau mau, Anda harus mengisi penuh dayanya sejak di rumah. Kekurangan motor listrik berikutnya adalah karena harga baterainya mahal.

Jadi, saat motor mengalami masalah pada baterai, maka Anda harus menggantinya. Tapi, sayangnya harga baterai motor listrik di Indonesia cukup mahal dan menguras kantong. Sehingga, Anda harus menyiapkan budgetnya.

Kalau bisa, Anda harus memiliki dana darurat khusus untuk mengganti baterai. Tidak hanya itu saja kekurangannya. Sebab, jika dilihat dari sistem keamanan motor listrik masih sangat kurang dari motor konvensional.

Motor ini belum banyak menyematkan fitur dengan teknologi canggih. Misalnya saja smart key system, answer back alarm, atau anti theft alarm. Jadi, secara keseluruhan, motor listrik masih sangat biasa. 

Daftar Harga Motor Listrik di Indonesia

Meski memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, nyatanya peminat motor listrik tetap banyak dari berbagai wilayah. Saat ini merek motor listrik yang beredar sudah cukup banyak.

Oleh sebab itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi motor listrik mumpuni dengan harga terjangkau. Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Motor Listrik Uwinfly

Uwinfly menjadi salah satu motor listrik yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Salah satu alasannya adalah karena harganya murah. Satu unit motor listrik ini dihargai dengan kisaran sebesar Rp9.000.000 Rp10.000.000.

Motor listrik di Indonesia ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Baterai yang disematkan pada motor tersebut kapasitasnya mencapai 800 hingga 1.000 watt, tergantung dari tipenya.

Desainnya juga sangat stylish, jadi penggunanya akan tetap terlihat keren. Secara sekilas, desainnya mirip dengan Yamaha Fino.

  • Ecgo 2

Ecgo 2 dibanderol dengan harga kisaran Rp.11.900.000 dan berhasil menjadi motor listrik terlaris di Indonesia. Kemampuan baterainya bisa menempuh jarak 70 km dengan kecepatan 60 km/jam.

Untuk desainnya memiliki kesan klasik dan retro. Sehingga cukup menarik bagi Anda yang suka dengan desain demikian. Tapi bagi Anda yang suka desain desain futuristik, maka motor listrik di Indonesia ini kurang sesuai.

  • Selis Eagle Prix

Motor listrik berikutnya yang juga banyak digunakan oleh masyarakat indonesia adalah selis eagle prix. Motor ini dibandrol dengan harga Rp.14.000.000 di pasaran, tapi bisa saja lebih mahal atau lebih murah.

Kapasitas baterai yang digunakan oleh motor listrik ini adalah 800 watt. Selain itu, Anda juga dapat memacu laju motor hingga 40 km/jam. Jarak tempuh maksimal dalam satu kali isi daya adalah 35 km.

  • Elvindo

Elvindo merupakan motor listrik di Indonesia yang diproduksi di Tangerang. Terdapat dua varian motor listrik Elvindo, yaitu Rama dan Shinta. Harga yang dibandrol untuk masing-masingnya adalah Rp.13.500.000 dan Rp.13.000.000.

Daya baterai keduanya adalah 1.000 watt dan kecepatan maksimal 60 km/jam. Untuk Rama tegangannya 60 volt dengan jarak tempuh maksimal 65 km, sedangkan Shinta 48 volt jarak tempuhnya 60 km. 

  • Smoot Tempur

Smoot Tempur merupakan motor listrik yang terbaru dibanding brand lainnya. Satu unit motor ini dibandrol dengan harga kisaran Rp.13.900.000. Untuk mengetahui informasi harga lengkap, Anda bisa mengunjungi website-nya.

Daya baterai motor listrik di Indonesia ini adalah 1.500 watt dengan tegangan 64 volt dan arus 22,5 Ah. Kecepatan maksimalnya adalah 70 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 60 km.

Tips Memilih Motor Listrik Sesuai Kebutuhan

Brand motor listrik yang saat ini sangat beragam dan menarik, tentu membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Ditambah lagi harganya yang lebih murah dari motor konvensional.

Jika Anda merasa tertarik untuk memiliki motor listrik, maka Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Jika tidak, besar kemungkinan produk yang dibeli tidak akan sesuai harapan.

Untuk membeli motor listrik di Indonesia, Anda harus menentukan terlebih dahulu penggunaannya untuk apa. Kemudian, tentukan jarak tempuh yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Jika total jarak tempuhnya jauh, maka pastikan Anda memiliki motor listrik yang memiliki kemampuan untuk jarak tempuh jauh juga. Tujuannya agar Anda tidak perlu takut kehabisan daya di tengah perjalanan.

Kemudian, perhatikan juga kecepatan motor listrik. Jika Anda suka ngebut karena berpacu dengan waktu, maka pilih motor yang memiliki kecepatan maksimalnya tinggi. Sehingga, bisa diajak kompromi saat sedang buru-buru.

Tidak hanya itu saja, pastikan Anda juga memilih motor listrik di Indonesia yang memiliki penyimpanan daya besar. Sehingga, durasi pemakaiannya juga bisa lebih lama dan Anda bisa lebih leluasa untuk berkeliling.

Yang tidak kalah penting lainnya adalah sesuaikan harga motor dengan budget. Saat ini sudah banyak sekali motor listrik yang terjangkau dengan spesifikasi bagus, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Selain itu, pastikan Anda juga harus melakukan riset produk yang diinginkan. Cari tahu mengenai kepuasan konsumen dan daya tahan motornya. Pastikan juga kualitas dari motor tersebut baik.

Baca Juga: Mengenal Arti Kode Plat Kendaraan Berbagai Wilayah di Indonesia

Motor listrik merupakan salah satu solusi untuk mengurangi polusi di jalan raya. Selain harganya terjangkau, motor listrik di Indonesia memiliki desain yang keren dan apik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here