Cara Mengkilapkan Motor Bebas Kusam Tampilan Jadi Baru!

0
330
Cara Mengkilapkan Motor Bebas Kusam Tampilan Jadi Baru!

Bagi Anda pemilik motor sport, harus tahu cara mengkilapkan motor dengan benar. Karena jika motor sport tampilan nilai atau keindahan motor sport tersebut bisa jatuh drastic. Sebenarnya bukan hanya motor sport yang perlu mengkilap, motor lain juga perlu.

Baca Juga: Belajar Menyetir Mobil, Gunakan Manual atau Matic?

Kini sepeda motor fungsinya tidak hanya sebatas kendaraan saja, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup. Penggemar otomotif menjadikan motor sebagai penunjang penampilan, serta tempat mencurahkan hobi.

Untuk motor – motor jenis sport, antic, atau modifikasi, penampilan luarnya harus betul – betul diperhatikan. Semakin kinclong body motor tersebut maka semakin menarik perhatian banyak orang. Banyak orang menggunakan cat premium pada body motor mereka untuk membuat penampilannya semakin mewah.

Hanya saja seiring berjalannya waktu, cat bisa memudar. Kurang telaten dalam merawat juga bisa menjadi penyebab cat motor jadi kusam. Walaupun tampak sepele, ukuran tampilan juga perlu diperhatikan agar nilai motor tersebut tetap berharga.

Cara Mengkilapkan Motor Untuk Tampilan Semakin Mewah

Cara Mengkilapkan Motor Bebas Kusam Tampilan Jadi Baru!
Cara Mengkilapkan Motor Bebas Kusam Tampilan Jadi Baru!

Ketika cat body sudah mulai kusam, Anda tidak perlu buru – buru menggantinya dengan cat baru. Terkadang cat asli bawaan motor tersebut dinilai lebih mewah karena kesan originalnya masih terasa. Oleh karena itu jangan langsung memberi cat baru, ketika cat lama sudah mulai kusam.

Lebih baik pertahankan cat lama tersebut, dan rawat semaksimal mungkin. Beberapa cara berikut ini bisa dicoba untuk mengkilapkan kembali cat motor yang sudah kusam sehingga tampilannya jadi tampak baru dan lebih mewah.

  • Cuci Motor Secara Teliti dan Detail

cara mengkilapkan motor yang paling dasar adalah mencuci seluruh permukaan body motor tersebut secara teliti dan detail. Mencuci motor bukan hanya sekadar membersihkan debu dan kotoran yang menempel saja, tetapi memastikan seluruh bagiannya benar – benar bersih.

Jika Anda mencuci motor tersebut di doorsmeer, banyak tukang cuci melakukannya secara asal – asalan. Pihak doorsmeer motor umumnya mengejar cepatnya saja, bukan memastikan kebersihannya secara teliti.

Oleh sebab itu, jika Anda punya waktu senggang, lebih baik cuci motor secara mandiri dan pastikan bodynya dibersihkan dengan baik. Jika motor rutin dicuci, maka kondisi catnya bisa terlindungi serta bisa dibuat semakin mengkilap.

  • Keringkan Seluruh Body Menggunakan Kanebo Berkualitas

Mengeringkan body motor dengan langkah yang benar juga menjadi cara mengkilapkan motor paling sederhana. Setelah Anda mencuci, jangan pernah biarkan motor tersebut kering dengan sendirinya. Lebih baik keringkan sisa air tersebut menggunakan lap berkualitas.

Sebaiknya Anda membeli kanebo berkualitas yang terbuat dari bahan khusus. Perbedaan kanebo biasa dengan kanebo berkualitas adalah pada kemampuannya mengeringkan sisa air. Kanebo biasa memang bisa mengeringkan body motor, tetapi sering muncul bekas bercak seperti peta pada body motor.

Sedangkan kanebo berkualitas mengeringkan lebih maksimal. Tidak akan ada lagi bekas bercak air yang tertinggal, sehingga tampilan body motor jadi lebih mengkilap. Hindari menggunakan lap biasa, karena tidak membuat body benar – benar bersih. 

  • Gunakan Kompon untuk Menghilangkan Goresan

cara mengkilapkan motor terbaik lainnya adalah dengan mengoleskan kompon pada body motor. Kompon ini sering digunakan untuk menghilangkan bekas goresan atau lecet yang terdapat pada motor Anda. kompon ini bentuknya seperti pasta dan banyak dijual di pasaran.

Cara menggunakan kompon tersebut juga relatif mudah, yakni cukup dioleskan pada bagian body yang lecek, kemudian digosok menggunakan kain lap atau spons. Anda hanya perlu mengoleskan kompon sedikit, sudah efektif mengatasi body yang tergores.

Proses menggosok merupakan proses penting dalam menghilangkan bekas lecek tersebut. Anda sebaiknya menggunakan spons atau kain lembut, dan lakukan secara perlahan. Menggosoknya secara searah bisa membuat body jadi lebih mengkilap. 

  • Oleskan Minyak Kayu Putih Pada Body Motor

Penggunaan minyak kayu putih juga dikenal sebagai salah satu cara mengkilapkan motor paling mudah. kandungan pada minyak kayu putih tersebut dapat memberikan efek mengkilap pada motor kesayangan Anda.

Selain berfungsi untuk mengkilapkan, minyak kayu putih ini juga dapat menghilangkan noda yang sudah lama menempel pada body motor Anda. Cara penggunaan minyak kayu putih ini juga cukup mudah, yakni cukup menaruhnya beberapa tetes saja.

Tetesan minyak kayu putih tersebut lalu digosok secara keras, sehingga efek kilapnya semakin terlihat. Usahakan agar tidak menggunakan minyak kayu putih secara berlebihan karena dapat merusak kualitas cat tersebut. Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering menggunakannya, untuk menjaga keawetan cat motor tersebut. 

  • Menggunakan Skotlet Transparan Pada Body

Masih ada cara mengkilapkan motor mudah lainnya yang bisa Anda terapkan yakni dengan melapisi body tersebut menggunakan skotlet. Skotlet ini dapat disebut sebagai pelindung cat, karena penggunaannya dengan cara melapisi seluruh body motor.

Anda bisa memilih skotlet transparan, sehingga tidak membuat warna asli cat motor Anda tertutupi. Fungsi skotlet selain membuat tampilan body semakin mengkilap juga melindungi body dari goresan dan menjaga keawetannya.

Hanya saja jika motor sudah dilapisi skotlet, maka harus dicuci dengan hati – hati. Jika sembarangan, skotlet tersebut bisa terkelupas, dan membuat body jadi tampak jelek. Hanya saja pemasangan skotlet pada motor memerlukan biaya tidak sedikit, tergantung kualitas skotletnya. 

  • Melakukan Waxing Pada Motor

Cara mengkilapkan motor lainnya yang juga bisa diterapkan dengan mudah adalah melakukan waxing pada body motor tersebut. Waxing ini tidak hanya membuat cat semakin kinclong, tetapi juga memastikan cat terlindungi untuk waktu lama.

Walaupun motor terpapar oleh sinar matahari, waxing ini dapat menangkal sinar ultraviolet tersebut. Waxing juga dapat mencegah debu jalanan menempel pada body motor. Oleh karena itu, waxing juga perlu diterapkan pada motor Anda untuk menjaga kualitas catnya.

Jenis waxing juga beragam dengan fungsinya masing – masing. Untuk melakukan waxing, memang Anda perlu mengeluarkan biaya, tetapi perlindungan yang diberikan sangat maksimal. Selain tetap mengkilap cat motor juga jadi terlindungi. 

Hal – hal Penyebab Body Motor Cepat Kusam

Cara Mengkilapkan Motor Bebas Kusam Tampilan Jadi Baru!
Cara Mengkilapkan Motor Bebas Kusam Tampilan Jadi Baru!

Jika motor Anda masih baru, maka langkah perawatannya relatif lebih mudah dibanding mengkilapkan kembali cat motor yang sudah kusam. Asalkan Anda telaten merawatnya, tampilan motor bisa tetap kinclong dan mewah.

Cat motor cepat kusam umumnya karena kelalaian dalam merawat atau juga karena ketidak tahuan. Untuk menghindari cat motor rusak, maka hal – hal berikut ini harus Anda hindari. 

  • Mencuci dengan Deterjen

Mencuci motor menggunakan deterjen merupakan salah satu kesalahan fatal yang banyak tidak disadari orang. Deterjen memang bisa menghilangkan noda dengan cepat, tetapi tidak tepat diterapkan pada body motor.

Deterjen memiliki kandungan kimia seperti sodium dan potassium yang dapat membuat cat memudar. Bahkan deterjen bisa membuat cat kehilangan identitas warnanya. Jadi cara mengkilapkan motor adalah dengan menggunakan shampo motor khusus.

Saat ini sudah banyak sampo khusus motor dijual di pasaran, untuk itu Anda sebaiknya menggunakannya. Sampo khusus tersebut disertai alat pengkilap biasanya. Jadi selain membuat motor bersih, juga meningkatkan kualitas catnya. 

  • Membiarkan Motor Terpapar Sinar Matahari

Hal utama yang membuat cat mudah kusam adalah terlalu sering terpapar sinar matahari langsung. Sinar ultraviolet tidak hanya membuat car jadi memudar, tetapi bisa membuat cat motor jadi terkelupas. Sinar matahari merupakan musuh alami cat tersebut.

Oleh karena itu cara mengkilapkan motor yang disarankan adalah dengan menjauhkannya dari sinar matahari langsung. Ketika Anda ingin memarkirkan motor untuk waktu lama, usahakan parkir di bawah pohon atau tempat terlindung lainnya.

Jika terpaksa terkena matahari, usahakan tutup motor menggunakan sarung motor atau alat penutup lainnya. Panas terik membuat kualitas cat jadi menurun dan warnanya juga cepat memudar. 

  • Membiarkan Air Hujan Mengering Pada Body

Selain sinar matahari, air hujan juga menjadi musuh utama cat motor. Pada musim hujan, Anda perlu rutin mencuci motor, untuk memastikan kualitas catnya tetap terjaga. Semakin cepat Anda cuci semakin baik, agar air hujan tidak sempat menempel.

Kandungan asam nitrat dalam air hujan membuat cat cepat memudar. Oleh karena itu, ketika motor terkena hujan, usahakan langsung guyur dengan air bersih, lalu lap hingga kering. Jangan biarkan air hujan mengering di body motor karena membuat cat semakin terkontaminasi.

Baca Juga: Begini Perawatan Komponen Mobil Utama Agar Performa Terjaga Baik!

Langkah terbaiknya adalah dengan langsung mencuci body motor tersebut dan dikeringkan dengan baik. Cat motor bisa tetap mengkilap asalkan Anda tahu cara perawatannya dengan benar. Cara mengkilapkan motor ini mudah diterapkan serta tidak butuh banyak biaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here