9 Tips Perawatan Motor Bekas Supaya Lebih Awet

0
583
Perawatan Motor Bekas

Perawatan motor bekas buat mereka yang tidak mengerti mesin motor sama sekali memang rasanya cukup menakutkan. Sebagian memilih membeli motor baru saja sebab khawatir akan kondisi motor bekas. Sebenarnya saat memutuskan akan membeli motor, pertimbangkan budget yang tersedia. Urusan mesin motor bekas serahkan pada orang kepercayaan Anda.

Baca Juga : 15 Motor Matic Paling Diminati, Yang Mana Pilihan Anda?

Jadi bawalah saudara atau rekan yang paham mesin motor untuk mengecek kondisi motor yang akan dibeli. Setelah yakin kondisi mesin bagus, silahkan beli dan lakukan perawatan seperti beberapa hal yang diterangkan dalam artikel ini.

Perhatikan juga beberapa komponen yang harus langsung diganti sesaat setelah dibeli. Perawatan motor bekas pasti berbeda dengan motor baru. Perhatian khusus wajib diberikan.

Perawatan Motor Bekas

Untuk motor bekas, ada baiknya sebelum dipakai dilakukan perawatan terlebih dahulu. Ini berguna agar di kemudian hari performa dapat lebih terjaga. Demikian juga keselamatan pengendara.

Perawatan di awal akan lebih menjamin kondisi motor saat dipakai dan tentu saja setelah dipoles, motor terlihat lebih bagus dan terawat. Dalam perawatan motor bekas, hal-hal dibawah ini perlu menjadi perhatian:

  1. Perawatan Motor Bekas Sesaat Setelah Dibeli

Perawatan Motor Bekas

Agar kualitas dan daya tahan motor lebih terjaga, faktor keselamatan pengendara pun lebih terjamin, ada 3 onderdil yang sebaiknya langsung anda ganti. Mengapa? Karena ketiga onderdil ini adalah onderdil paling sering mengalami kerusakan. Dalam artian mengalami penurunan kualitas karena sering dipakai.

  1. Kampas Rem

Perawatan Motor BekasPertama, kampas rem. Bagian yang satu ini seringkali kurang mendapat perhatian. Walaupun telah bekerja keras selama dikendarai. Biasanya orang lebih fokus pada performa kendaraan ketika direm apa terasa pakem atau tidak.

Padahal, bagian yang lebih penting dari itu yaitu kampas sebagai pengontrol sistem pengereman harus diperhatikan juga.

  1. Oli

Perawatan Motor Bekas

Oli memiliki peran yang sangat penting dalam rangka proses perawatan motor bekas. Fungsi oli sendiri adalah sebagai pelumas motor agar gesekan yang terjadi dapat diminimalisir.

Fungsi lainnya adalah merapatkan komponen supaya mesin dapat berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Selain itu meredam panas yang dihasilkan oleh pembakaran yang terjadi pada silinder serta gesekan antar komponen.

Meskipun terdengar sepele, keteledoran dalam hal mengganti oli bisa membuat motor menjadi lebih ringkih. Masih ada beberapa lagi fungsi oli yang cukup vital. Nah khusus motor bekas yang baru dibeli sebaiknya langsung diganti dengan oli kualitas super.

Bukan apa-apa, lebih kita jaga-jaga karena kita tidak pernah tahu oli apa yang digunakan oleh sang penjual kan. Daripada menyesal di kemudian hari.

  1. Busi

Perawatan Motor Bekas

Komponen yang satu ini, bukan komponen yang mahal dari sebuah motor. Namun lucunya, banyak orang lebih suka mengakali busi yang sudah kurang layak. Dibersihkan dan diatur ulang kerenggangan elektroda serta groundnya.

Ya boleh saja sih namun akan lebih baik bila diganti saja dengan yang baru untuk perawatan motor bekas yang lebih maksimal. Sister perapian motor cukup tergantung pada busi.

Apa sebenarnya sih fungsi busi itu sendiri? Sebenarnya ada lebih dari 5 fungsi busi. Namun untuk lebih mudahnya, bisa dikatakan bahwa fungsinya adalah sebagai pengubah tegangan listrik yang dihasilkan oleh koil.

Tegangan listrik itu akan diubah menjadi percikan api yang kemudian membakar bahan bakar juga udara yang terdapat dalam mesin api pada tahap akhir kompresi. Jadi masih mau otak-atik busi?

  1. Tune-up

bengkel mobil Mercedes Benz

Pembersihan pada proses tune-up dilakukan pada filter udara dan throttle body juga turut dibersihkan. Throttle body ini lebih dikenal dengan sebutan karburator.  Bila sudah bersih, tarikan motor jadi lebih ringan karena pembakaran dalam mesin benar-benar maksimal.

Ingat selalu saat tune-up agar setelan rantai motor disesuaikan dengan standar yang berlaku. Kalau sudah demikian, makin asik dibawa berkendara.

  1. Pencucian

Perawatan Motor Bekas

Perawatan motor bekas terutama yang baru dibeli tidak lengkap tanpa dicuci. Setelah semua treatment dilaksanakan, tentunya agar motor tampil lebih menarik harus dicuci. Pencucian ini juga sekaligus membersihkan kerak-kerak yang menempel supaya karat tidak menyerang. Selain itu motor yang kotor juga tidak nyaman untuk dilihat.

Agar lebih mantap, sebaiknya pencucian dilakukan secara menyeluruh. Setidaknya di awal saat baru beli, jangan sayang untuk mencuci dengan perawatan khusus. Seperti dengan shampo motor, gel untuk pengkilap motor, dan sebagainya. Untuk perawatan selanjutnya boleh dilakukan di rumah untuk menekan budget cuci motor.

  1. Pakai Onderdil Asli

Perawatan Motor Bekas

Perawatan motor bekas dapat lebih maksimal apabila pemilik memutuskan untuk menggunakan onderdil asli. Terkadang harganya memang terpaut jauh tapi ya bagaimana lagi jika menginginkan lebih awet harus dilakukan.

Meskipun onderdil merk lain tidak sedikit juga yang bagus namun onderdil merk yang sama pastinya akan lebih menjaga motor anda dari kerusakan lebih awal.

  1. Rutin Berkunjung Ke Tempat Servis

Perawatan Motor Bekas

Untuk mengetahui secara pasti kondisi motor secara detail, maka wajib melakukan pemeriksaan secara rutin. Bagi sebagian orang yang paham mesin motor memang sangat sensitif, kerusakan sedikit saja akan merasakannya.

Namun kebanyakan pemilik motor tidak terlalu paham, kalau boleh dibilang buta mengenai mesin dan seluk-beluk motor. Itulah fungsi membawa motor ke bengkel untuk servis secara rutin.

Servis yang rutin dilakukan akan menjaga dan mencegah kerusakan lebih parah di kemudian hari. Bukan itu saja, kecelakaan karena hal-hal kecil seperti lem kurang pakem dapat dihindari. Jangan lupa untuk selalu mencatat kilometer yang telah berjalan. Setidaknya setelah perjalanan 2000 kilometer, motor sangat disarankan untuk diservis.

  1. Secara Berkala Cek Kualitas Kelistrikan

Perawatan Motor Bekas

Kualitas kelistrikan dapat dengan mudah dicek dengan cara mengecek bagian-bagian yang membutuhkan listrik. Contohnya adalah starter listrik, lampu sein, serta klakson. Bila lampu sudah agak redup, lampu sein juga mati, atau klakson soak, itu berarti ada yang kurang beres dengan sistem kelistrikan di motor tersebut.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa accu (aki) motor. Bagaimana cara mudah mengetahui bahwa accu harus segera diganti? Caranya dengan melihat apakan ada serbuk putih pada kutub baterainya. Jika ada maka itu berarti accu-nya sudah lemah. Butuh ganti aki baru secepatnya.

Jika Anda disiplin melakukan perawatan rutin, niscaya motor bekas akan awet dan bisa jadi saat sudah tidak dibutuhkan masih laku dijual dengan harga yang lebih layak. Selain hemat, motor bekas juga bermanfaat kan untuk mobile sehari-hari maupun usaha. Selain itu hasil jual motor bekas nanti juga lumayan buat tambahan beli motor baru.

Perawatan motor bekas sebenarnya tidak terlalu sulit kan. Asalkan telaten bukan tidak mungkin performa motor bekas jadi lebih mantap dibandingkan motor baru yang kurang diperhatikan. Jadi jangan meremehkan motor bekas karena bisa jadi kondisinya lebih enak digunakan bahkan lebih halus suara mesinnya.

Baca Juga : Perawatan Mobil Bekas Yang Benar Agar Tetap Prima

Orang yang rutin melakukan perawatan motor bekas baik ke bengkel maupun dirawat sendiri meskipun saat dibeli motor tersebut merupakan motor bekas. Jadi tidak perlu khawatir juga jika memang mau beli motor dengan budget terbatas. Sayangi dan rawat motor bekas Anda demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here