Ulasan Mobil Yaris Bekas Sebagai Perbandingan Sebelum Beli

0
562
mobil Yaris bekas

Meskipun ada berbagai macam merk mobil, ternyata Toyota masih menduduki peringkat teratas untuk penjualan di Indonesia. Hampir seluruh model mobil Toyota memang laris di pasaran. Salah satunya adalah Toyota Yaris.  Jika memang tidak bisa membeli yang baru, maka mobil Yaris bekas pun tidak kalah peminatnya.

Baca Juga : Berikut Kemunculan Mobil Jeep dan Perkembangannya

Sebenarnya mobil Yaris bekas memiliki penggemar yang tidak sedikit jumlahnya. Itu terbukti selalu ada komunitas mobil Yaris. Bahkan beberapa komunitas tersebut memiliki tujuan yang baik. Seperti membantu warga sekitar yang terkena bencana atau masalah lainnya.

Karena desainnya yang apik dan gayanya yang sporty, bahkan mudah untuk dimodifikasi. Tak heran banyak anak muda yang lebih memilih mobil jenis Toyota ini. Meskipun hanya mobil Yaris bekas. Ada beberapa tipe Yaris yang bisa diketahui dengan perbedaannya.

Rekomendasi Tipe Toyota Yaris Bekas Dan Perbedaannya.

mobil Yaris bekas

Karena pertama kali diluncurkan tahun 1999, maka sudah banyak beredar Toyota Yaris yang bekas. Sejak awal peluncuran, Yaris sudah mengeluarkan beberapa tipe. Yaitu tipe E, G, dan TRD Sportivo. Dari semua tipe tersebut memiliki kelengkapan yang berbeda. Berikut ulasannya.

  1. Toyota Yaris tipe E

Dari semua tipe, Yaris 15 E manual merupakan varian paling bawah. Tipe E memiliki kebutuhan yang sesuai dengan hatcback. Seperti fitur pengereman ABS (Anti Lock Breaking System) dan keselamatan dual air bag. Selain itu juga ada beberapa fitur umum yang harus dimiliki mobil lainnya.

Desain eksterior mobil Yaris bekas tipe E lebih polos namun tetap menunjukkan model yang aktraktif tapi tetap unik. Seperti lampu utamanya yang masih halogen dan tidak memakai model proyektor. Bahkan tidak memiliki lampu kabut. Lampu belakangnya juga unik karena desainnya seperti bomerang tanpa real spoiler dengan penampakan yang polos.

Lanjut desain interiornya. Pertama kali masuk mobil akan disuguhi dasbornya yang ramai dengan lekukan dan jahitan palsu. Untuk varian E tidak memiliki MID (Multi Information Display). Namun head unitnya berbentuk layar sentuh. Misalnya CD, MP3, USB, AUX in dan bluetooth.

Untuk jok masih berbahan fabric dengan warna coklat, sehingga terlihat tidak cocok dengan inferiornya. Untuk pengaturan ketinggian kursi masih hanya pada bagian pengemudi. Sedangkan bagian penumpang bagian belakang diberi head reast yang bisa dilipat. Sehingga bisa memaksimalkan ruangan bagasi agar terlihat luas.

Mesin mobil Yaris bekas masih mengandalkan seri terbaru. Yaitu 2NR FE 1,5 liter dual VVT-i yang bertenaga 107 PS dan torsi 150 NM. Ada dua macam pilihan tranmisi, ada yang manual 5 percepatan dan CVT 7 percepatan. Khusus untuk varian CVT memiliki eco indikator. Yang digunakan sebagai petunjuk irit dalam berkendara, shift lock system, dan indikator posisi gear.

  1. Toyota Yaris tipe G

Berawal dari desain ekteriornya, tipe G memiliki lampu dengan dua titik dan menggunakan teknologi LED. Untuk bumpernya masih terlihat apa adanya sehingga terlihat lebih sporty. Pada awal peluncuran tipe G mendapatkan perhatian utama pada bagian depannya. Karena bentuknya yang memanjang mengingatkan pada kumis lele. Maka sering disebut dengan Yaris lele.

Bagian samping mobil tipe G tampil lebih simpel. Dan yang menarik dari tipe ini adalah pada bagian pilar C yang berwarna hitam. Sehingga memberikan efek floating roof. Untuk pengereman memakai rem cakram dengan ukuran 14 inci pada bagian depan. Sedangkan bagian belakang memakai rem tromol.

Pada dashboard tipe G memakai warna yang sama dengan warna kabin untuk keseluruhannya. Sehingga membuat tampilannya tidak mudah kotor. Warna hitam juga memiliki kesan mewah. Selain itu, material dasboard terbuat dari plastik dengan hiasan jahitan meskipun itu palsu.

Pada bagian kursi terbuat dari material fabric. Dimana untuk kursi pengemudinya masih terdapat pengaturan ketinggian. Sehingga posisi pengendara bisa diatur dengan nyaman.

Sedangkan keunggulan fitur lainnya pada tipe G adalah memiliki head unit dengan layar sentuh sebesar 7 inci. Dengan konektivitas yang lengkap. Mulai dari radio, koneksi USB, sampai dengan hotspot yang terhubung dari smartphone pemilik.

Untuk mesinnya memakai 4 silinder dengan kapasitas 1500 cc. Sedangkan tenaganya sampai 6000 rpm dengan torsi maksimum 140 nm. Memakai transmisi otomoatis 4 speed yang digunakan oleh roda depan.

  1. Toyota Yaris tipe TRD sportivo

Antara tipe G dan TRD sportivo mempunyai perbedaan  ekterior yang signifikan. Apalagi pada bagian fascia. Untuk lampu memiliki tiga titik yang diberi nama New Striking LED Headlamp Design. Bahkan sudah terpasang fog lamp dengan teknologi LED.

Untuk bumper tipe TRD Sportivo memiliki tambahan side kirt sehingga tampilannya terlihat lebih rendah dibandingkan tipe lainnya. Untuk bagian belakangnya ada sebuah spoiler sehingga bisa menambah unsur aerodinamis.

Untuk interior mobil Yaris bekas memiliki bentuk seperti generasi sebelumnya. Namun sudah dilengkapi sistem head unit dengan display layar sentuh 7 inci yang sudah terkoneksi dengan smartphone penggunanya.

Ada beberapa fitur unggulan dari tipe TRD Sportivo. Seperti bagian belakang mobil sudah terpasang kamera parkir. Terdapat mode kendara eco dan sport yang bisa diatur. Ada pula paddle shift yang bisa membuat akselerasi lebih halus, dan terakhir adalah smart engine star atau stop button.

Untuk pengereman pada TRD Sportivo memakai rem cakram untuk bagian depan dan belakang dengan ukuran 15 inci. Rem bagian depan memakai model dari ventilated, sedangkan bagian belakang memakai cakram solid disk dengan merk yang sama.

Itulah beberapa perbedaan spesifikasi pada mobil Yaris bekas tipe E, G, dan TRD Sportivo. Tentu saja dengan perbedaan tersebut memiliki harga yang berbeda. Apalagi pada tipe TRD Sportivo yang mempunyai teknologi paling tinggi dikelasnya. Perlu diketahui, ada beberapa kelebihan Toyota Yaris meskipun itu hanya mobil bekas.

Kelebihan Toyota Yaris bekas

mobil Yaris bekas

Meskipun mobil bekas, ternyata mobil Yaris bekas masih memiliki banyak peminatnya . Apalagi kalangan bagi kalangan muda. Karena mobil ini memang diperuntukkan untuk anak muda. Adapun alasannya bisa disimak di bawah ini.

  1. Desain

Yang menjadi alasan tertinggi adalah desain dari mobil Yaris bekas sangat disukai bukan hanya anak muda saja, tapi hampir semua kalangan. Seperti ibu-ibu bahkan yang sudah mapan. Meskipun sudah keluar Toyota Yaris terbaru, masih banyak yang menyukai desain yang lama.

  1. Interior kabin yang luas

Meskipun terlihat mungil, ternyata mobil Yaris bekas memiliki kabin yang luas dan lapang. Sehingga nyaman bagi penumpang. Desain interiornya pada bagian kepala dan kaki sudah disesuaikan dengan karakter orang Indonesia, baik bagian depan atau belakang. Pada bagian bagasi juga sangat cukup jika untuk menampung koper besar.

  1. Irit bahan bakar

Alasan terakhir inilah yang menjadi utama dalam memilih kendaraan roda empat. Yaitu irit dalam penggunaan bahan bakar. Itu juga yang menjadi alasan Yaris menjadi mobil incaran bagi semua kalangan. Dibekali dengan mesin yang bandel, dimensi Yaris juga tergolong ringkas. Buktinya masih banyak armada taksi yang memakai jenis mesin yang sama.

Alasan di atas menjadikan mobil Yaris bekas masih banyak diminati oleh semua kalangan. Tenang saja, untuk harganya meskipun bekas masih terbilang stabil. Selain kelebihan di atas, tidak lengkap jika tidak membahas kekurangannya.

Kekurangan Toyota Yaris Bekas

mobil Yaris bekas

Meskipun memiliki banyak kelebihan pada mobil Yaris bekas, kurang lengkap jika tidak membahas kekurangannya. Sehingga bisa membandingkan dan tidak ada penyesalan di kemudian hari ketika mengetahuinya. Adapun kekurangan dari Yaris bisa disimak berikut ini.

  1. Desain bodi tetap

Tidak seperti merk mobil lainnya yang selalu mengalami perubahan pada desain bodi dan performanya. Itu tidak akan ditemukan pada Toyota Yaris. Meskipun pada keluaran terbaru. Desain bodi masih tetap dan tidak banyak perubahan.

  1. Bagasi kurang luas

Meskipun dimensi bodinya besar di kelas hatcback, namun tidak berpengaruh besar pada dimensinya. Bisa dikatakan bagasi Toyota Yaris masih terbilang kecil.

  1. Memiliki radius putar yang jauh

Kekurangan ini bisa dirasakan ketika membawa mobil Toyota Yaris bekas pada perjalanan jauh. Radius putarnya jauh atau sulit jika dikendarai secara mendalam.

Baca Juga : Mobil Xpander Bekas Bisa Menjadi Pilihan Kalian Saat Ini

Itulah ulasan tentang mobil Yaris bekas yang harus diketahui. Ada pula beberapa kelebihan dan kekurangannya. Sehingga bisa dijadikan perbandingan sebelum membelinya. Karena Toyota termasuk perusahaan yang terkenal akan kualitasnya, maka untuk harganya juga sebanding. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan pada dealer di kota terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here