Ingin Beli Ban baru? Ikuti Tips Memilih dan Membeli Ban Mobil Baru yang Awet

0
582
thumb tips beli ban - tips memilih dan membeli ban mobil baru

Pada saat hendak membeli ban baru, tidak bisa asal beli ban begitu saja. Kamu harus mengerti dan memahami ban yang dibutuhkan agar mendapatkan ban yang sesuai. Beberapa tips memilih dan membeli ban mobil baru akan membantu agar mendapatkan ban yang awet dan berkualitas.

Baca Juga : Abaikan Kapan Harus Ganti Ban? Nyawa Taruhannya

Kewajiban untuk merawat ban bukanlah menjadi kewajiban dari pihak pabrik atau bengkel mobil. Hal tersebut menjadi kewajiban dari pemilik mobil sendiri. Meskipun terlihat sepele namun urusan ban ini adalah sesuatu yang penting mengingat fungsinya sebagai penggerak mobil.

Berikut Tips Memilih dan Membeli Ban Mobil Baru

Kenyamanan berkendara dapat dirasakan dari beberapa hal. Salah satunya adalah kondisi ban yang terawat. Pada suatu ketika, Kamu harus mengganti ban karena sudah tidak layak pakai atau sudah halus. Sebelum membeli ban tersebut, ada baiknya untuk mengetahui tips membeli ban mobil dibawah ini.

1. Pilihlah Ban Mobil Sesuai dengan Kebutuhan

Ada banyak sekali jenis mobil yang ada saat ini, tentunya masing-masing memiliki jenis dan ukuran ban yang berbeda. Contohnya adalah untuk mobil jenis offroad, maka ban yang paling cocok digunakan adalah jenis Mud Terrain atau M/T.

Pengetahuan tentang jenis ban yang dibutuhkan ini sangat penting untuk menghindari resiko kecelakaan. Medan yang berbeda juga memberikan pengaruh pada pemilihan jenis ban. Biasanya dari toko ban akan ditanyakan terlebih dahulu jenis mobil dan penggunaannya.

Misalnya Kamu berada diwilayah yang sering menjadi langganan banjir, ban yang pas untuk digunakan adalah tipe All Terrain atau A/T. Jika mobil hanya dipergunakan untuk perjalanan dalam kota saja, bisa menggunakan tipe High Terrain atau H/T.

Masing-masing jenis tipe ban tersebut memiliki fungsi tersendiri. Contohnya untuk tipe M/T, jenis ini terkenal kokoh dan kuat untuk menempuh medan yang sulit sekalipun. Namun tipe ini tidak cocok jika digunakan di jalanan kota, karena daya cengkramnya lemah.

2. Pilihlah Ban Sesuai Tipe Mobil

Sebenarnya pada saat membeli mobil, pasti telah dijelaskan tentang kriteria ban yang sesuai atau standar pabrik. Jika lupa, Kamu bisa melihat pada bagian pintu atau plakat kunci tergantung dari jenis mobilnya.

Beberapa jenis mobil juga menuliskan informasi tentang ketentuan ban ini pada bagian belakang dekat dengan tutup tangki BBM. Lihatlah referensi ban yang disarankan dari pabrik ketika hendak membeli ban baru.

Selain memilih ban berdasarkan referensi dan rekomendasi pabrikan, bisa juga memilih ban berdasarkan dari jenis dan tipe mobil. Informasi ini juga bisa didapatkan pada buku petunjuk penggunaan yang menyertakan informasi tentang ukuran dan tipe ban yang digunakan.

Pada umumnya tipe ban ini akn dicatat menggunakan kombinasi kode. Contohnya adalah kode P 215/55R17 93V. Arti dari kode tersebut adalah P berarti Passenger yang artinya mobil tersebut didesain untuk mengangkut orang atau penumpang. 

Selain kode P masih ada kode lain seperti LT yang berarti Light Truck yang dipergunakan untuk membawa barang muatan. Ada juga kode ST yang artinya Spesial Trailer, dan juga kode T yang artinya Temporary. Kode ini lebih dikhususkan pada ban cadangan.

3. Pilih Ban Mobil dari Motif yang Cocok

Setiap ban memiliki desain alur atau corak yang beragam. Penting untuk mengetahui perbedaan dari beberapa motif ban agar mendapatkan ban yang sesuai dengan kebutuhan. Memilih ban berdasarkan desain alur ini, akan berdampak pada besarnya gesekan ban dengan permukaan jalan.

Apabila gesekan antara ban dan jalan kecil, maka resiko mobil tergelincir atau terpeleset menjadi semakin besar. Begitu juga sebaliknya, ketika gesekan tersebut besar, maka resiko yang diterima akan lebih kecil.

Untuk para pemilik mobil yang sering berada di jalan yang basah atau tinggal di daerah yang memiliki intensitas hujan tinggi, lebih disarankan menggunakan ban dengan pola desain V. Alasannya adalah desain V ini memiliki daya gesek tinggi. 

Ban dengan gaya gesek yang tinggi, sangat cocok digunakan pada saat kondisi jalanan licin atau cenderung berair. Apabila mobil sering dipergunakan pada kondisi jalanan yang kering dan panas, hindarkan menggunakan ban yang memiliki banyak guratan.

Jalanan yang bergelombang lebih cocok menggunakan ban dengan desain alur yang bulat. Pola ini lebih cocok untuk perjalanan pada jalanan yang tidak rata. Apabila pola pada ban sudah mulai tipis, segera ganti dengan ban yang baru agar meminimalkan resiko selip atau tergelincir.

4. Pilihlah Ban Sesuai Ukuran

Tips memilih dan membeli ban mobil baru ini terkadang dianggap hal yang sepele. Beberapa orang justru menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai. Padahal ukuran ban ini penting demi keselamatan dan kenyamanan pengguna.

Pada bagian mobil terdapat kode-kode yang diukir di permukaan ban sisi samping. Informasi tersebut dapat menjadi acuan ketika hendak membeli ban baru sesuai dengan ukurannya. Jadi tidak asal beli dan memilih ukuran ban berdasarkan kira-kira.

Perhatikan pada sisi ban dan temukan kode yang tertulis di sana. Misalnya kode yang ada adalah 205/55 R16 91V. Cara baca dari kode tersebut adalah.

  • Angka 205 menunjukan ukuran lebar telapak ban yang dikonversi dalam satuan milimeter.
  • Angka 55 menunjukkan aspek rasio dari ketebalan ban, terhadap presentasi atas lebar tapak ban.
  • Angka 16 berarti ukuran diameter velg yang dicantumkan. Ukuran ini dalam satuan inci.
  • Angka 91 menunjukkan tingkat indeks beban maksimum dari ban.

Selain ukuran dalam kode tersebut, ban juga dibagi menjadi dua jenis yaitu ban tubeless (tanpa menggunakan ban dalam) dan ban tubetype (dengan menggunakan ban dalam), ban bias, dan ban radial. Jenis ban tersebut dibedakan berdasarkan konstruksinya. 

Kode huruf V pada contoh diatas, menunjukkan tentang batas kecepatan maksimum yang dapat dilakukan oleh ban. Ada juga kode lain seperti S, H, Q, Z, dan beberapa kode lainnya. Apabila masih kesulitan, bisa meminta bantuan bengkel untuk menentukan jenis ban yang sesuai.

5. Pilihlah Ban dari Ketebalannya

Bukan hanya melihat dari jenisnya, dalam membeli ban baru juga perlu dipertimbangkan tentang ketebalan ban. Secara umum, ban yang bagus memiliki ketebalan 50. Kenapa harus ban yang tebal? Sebab keseimbangan kendaraan dan performanya otomatis akan meningkat.

Dari sisi harga untuk ban dengan ketebalan yang baik memang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan ban yang tanpa profil (ketebalan). Namun dari sisi keselamatan akan lebih menjamin karena sangat mendukung performa kendaraan.

6. Perhatikan Tahun Pembuatan Ban

Mungkin banyak yang belum tahu jika ban juga memiliki masa kadaluarsa. Kamu harus segera mengganti ban ketika sudah mencapai tanggal kadaluarsanya. Bagaimana caranya untuk mengetahui masa kadaluarsa suatu ban?

Perhatikan kode ban, biasanya terdapat empat digit nomor yang tertera. Contohnya adalah kode 0319. Dari kode tersebut akan diketahui tanggal produksi ban, atau secara lebih jelasnya sebagai berikut.

  • Angka 03 menunjukkan waktu pembuatan ban, yaitu pada minggu ketiga.
  • Angka 19 menunjukkan tahun produksi ban. Dalam hal ini menunjukkan tahun 2019.

Setelah mengetahui kode tersebut, sangat disarankan untuk membeli ban dengan tahun pembuatan baru. Alasannya adalah, ban terbuat dari karet dimana kualitas ban dengan tahun produksi baru akan lebih baik daripada ban yang diproduksi sudah lama walaupun belum digunakan.

Penyimpanan ban juga perlu diperhatikan. Material karet yang digunakan sebagai bahan baku ban, jika terlalu lama disimpan akan menjadi masalah juga. Misalnya ban disimpan pada tempat yang lembab atau malah terkena sinar matahari langsung, maka kualitas karet pada ban akan menurun dan menjadi tidak bagus lagi.

7. Merk Ban Mobil

Selain beberapa cara di atas, Kamu bisa juga memilih ban mobil berdasarkan merknya. Banyak merk ternama yang menjadi andalan contohnya seperti Bridgestone, Achilles, Falken, dll. Bukan hanya karena namanya, namun beberapa merk tersebut sudah terbukti kualitas dan keawetannya.

Ban-ban dengan merk tersebut bisa didapatkan di beberapa toko ban. Mungkin pihak bengkel atau toko akan merekomendasikan salah satu dari merek tersebut sebagai pengganti ban mobil yang telah halus.

Baca Juga : 3 Tipe Ban Motor Michelin Terbaru Beserta Perkiraan Harganya

Ban mobil adalah komponen penting untuk performa kendaraan. Dengan mengetahui tips memilih dan membeli ban mobil baru ini, menjadi petimbangan ketika hendak beli ban. Pastikan ban sesuai dengan ukuran dan jenis kendaraan. Hal ini akan berdampak pada sisi keselamatan dan kenyamanan pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here