Teknologi Otomotif Terbaru Masa Kini yang Wajib Diketahui

0
263
Teknologi Otomotif Terbaru Masa Kini yang Wajib Diketahui

Saat ini teknologi otomotif terbaru terus mengalami perkembangan, karena pengguna dari alat transportasi juga tentunya akan semakin bertambah, dan membuat semakin banyak orang yang berminat untuk memiliki alat transportasi pribadi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Info dan Tips Otomotif Agar Kendaraan Aman saat Musim Hujan!

Pada awalnya pembuatan alat transportasi bertujuan, untuk mempermudah manusia dalam menjangkau lokasi yang jaraknya jauh. Seiring berkembangnya zaman, bidang transportasi terus mengalami perubahan hingga sekarang, dan tentu akan terus bermunculan berbagai inovasi.

Sebagai masyarakat yang memanfaatkan berbagai bidang teknologi, tentunya Anda wajib untuk mengetahui apa saja teknologi otomotif terbaru, dan tentunya membawa perubahan bagi kehidupan manusia, dan patut untuk dimanfaatkan agar memberi kemudahan bagi manusia.

Berbagai inovasi bermunculan seperti saat ini, sebelumnya hanya sebuah khayalan belaka bagi para ilmuwan di zaman dahulu. Namun para ilmuwan masa kini, dapat mewujudkannya sehingga inovasi yang awalannya hanya sebuah imajinasi bisa menjadi kenyataan bagi manusia.

Berbagai Teknologi Otomotif Terbaru yang Menjadi Inovasi Masa Kini

Teknologi Otomotif Terbaru Masa Kini yang Wajib Diketahui

Jika dibandingkan dengan kendaraan zaman dulu, tentunya terdapat banyak perbedaan cukup signifikan yang bisa kita temukan. Kendaraan masa kini lebih menggabungkan teknologi canggih, yang tentunya memudahkan pengendara maupun penumpang didalamnya.

  • Hybrid

Teknologi otomotif terbaru pertama yaitu Hybrid, merupakan salah satu bentuk inovasi yang memadukan dua sistem penggerak menjadi satu. Jika biasanya kendaraan hanya memiliki satu sumber tenaga, yaitu bensin namun mobil hibrida juga memiliki sumber tenaga dari baterai.

Sehingga penggunaan bahan bakar yang dialihkan ke sumber tenaga baterai, membuat kendaraan ini menghasilkan gas emisi lebih rendah juga konsumsi bahan bakar lebih hemat.

  • Connected Cars

Connected cars menjadi salah satu teknologi, yang erat hubungannya dengan jaringan internet. Kendaraan Anda bisa berkomunikasi secara dua arah, dengan sistem teknologi yang berada di luar kendaraan, yang menjadi salah satu sistem keamanan dan keselamatan bagi pengendara.

Jika terjadi kecelakaan, connected cars memungkinkan ponsel Anda untuk menghubungi 911, serta mendeteksi lokasi kendaraan karena sudah terhubung dengan GPS.

  • Autonomous Drive

Teknologi otomotif terbaru selanjutnya adalah Autonomous Drive, dimana mobil bisa bergerak sendiri tanpa dikemudikan oleh manusia. Kendaraan dengan teknologi ini dilengkapi berbagai sensor, yang memungkinkan kendaraan tau kapan harus berhenti, bergerak, dan belok.

  • Automatic Braking System

Salah satu kecelakaan lalu lintas yang paling sering terjadi adalah pengemudi membawa mobil dalam kecepatan di atas rata-rata, sehingga akan sulit untuk menginjak rem apabila mobil melaju terlalu cepat, apabila ada pejalan kaki atau hambatan lain didepannya.

Namun teknologi otomotif terbaru ini mampu menginjak rem secara otomatis, dengan sensor deteksi apabila terdapat hambatan di lalu lintas, jika kecepatan kendaraan berada di atas 30 Km/jam.

Berbagai Merek Kendaraan yang Mengaplikasikan Teknologi Terbaru Saat Ini

Teknologi Otomotif Terbaru Masa Kini yang Wajib Diketahui

Beberapa kendaraan di bawah ini bisa menjadi referensi bagi Anda, bahwa saat ini banyak sekali alat transportasi yang sudah mengaplikasikan teknologi canggih pada bidang otomotif. Teknologi yang digunakan oleh berbagai merek kendaraan berikut, bisa menambah pengetahuan Anda.

  • Blindspot Monitoring

Saat berkendara biasanya pengemudi memang tidak bisa melihat beberapa sudut pandang tertentu, yang disebut sebagai titik buta atau blindspot. Kehadiran teknologi otomotif terbaru yaitu Blindspot Monitoring.

Maka memberikan pandangan lebih kepada pengemudi. Dimana Anda bisa melihat beberapa area, sehingga akan lebih waspada apabila terdapat mobil yang berada di titik buta kendaraan.

  • Gentex Mirror

Gentex mengeluarkan teknologi canggih, dimana pengemudi dapat menampilkan berbagai info melalui kaca spion di bagian tengah. Informasi seperti peta navigasi, kondisi di area belakang mobil, dash cam dan lainnya tentu akan mempermudah pengemudi.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi video conference seperti Zoom Meeting, dimana tampilannya dapat dibuka hingga beberapa jendela aplikasi. Kehadiran teknologi ini memang sangat membantu pengemudi, namun jangan sampai kehilangan fokus saat berkendara.

  • Wireless Charging

Teknologi otomotif terbaru selanjutnya adalah wireless charging, inovasi ini memang sudah ada dan bisa digunakan pada beberapa jenis smartphone. Namun apa jadinya jika Anda juga bisa menggunakannya secara langsung di mobil, hanya dengan menghidupkan bluetooth.

Fitur ini tentunya mempermudah pengemudi, karena tidak perlu menghubungkan smartphone dengan USB terlebih dahulu sebelum mengisi daya. Di beberapa merek kendaraan, sudah tersedia fitur ini sehingga pengemudi bisa berkendara dengan nyaman.

Mobil Listrik Salah Satu Teknologi Terbaru Membawa Banyak Kebaikan

Teknologi Otomotif Terbaru Masa Kini yang Wajib Diketahui

Dari sekian banyak teknologi teranyar, sepertinya mobil listrik menjadi salah satu inovasi yang merupakan gambaran bagaimana bentuk kendaraan di masa depan. Tidak mengeluarkan emisi gas, yang tidak baik bagi kesehatan manusia jika terlalu banyak dihirup.

Teknologi otomotif terbaru ini memang membawa banyak kebaikan, salah satunya yaitu ramah lingkungan. Saat ini kendaraan yang bergerak memanfaatkan bahan bakar, akan menghasilkan emisi gas.

Pastinya akan tercampur dengan udara serta oksigen yang dihirup oleh manusia. Dan jika terlalu banyak menghirup emisi gas, maka kesehatan sistem pernapasan manusia juga makhluk hidup lainnya juga dapat terganggu.

Kebisingan lalu lintas tentu cukup mengganggu kenyamanan saat berkendara, namun Anda tidak akan merasakan kondisi tersebut, apabila menggunakan mobil listrik sebagai moda transportasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Mengendarai mobil yang tidak mengeluarkan suara bising, juga menguntungkan bagi Anda, sebab bisa membuat waktu berkendara menjadi lebih tenang dan terhindar dari stress.

Teknologi otomotif terbaru ini tidak hanya ramah bagi lingkungan, namun juga memiliki mesin dengan akselerasi lebih spontan. Meskipun tidak menggunakan bahan bakar bensin, kendaraan ini lebih bertenaga bahkan mampu menempuh kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik.

Performa mobil listrik yang tangguh, membuat kendaraan menjadi lebih stabil saat dikendarai dan tentunya akan membuat pengemudi dan penumpang menjadi lebih aman.

Selain itu apabila terjadi kecelakaan, maka airbag akan terbuka dan pasokan listrik dari baterai menjadi terputus sehingga mencegah pengemudi dan penumpang mengalami cidera serius.

Salah satu faktor dalam pemilihan kendaraan adalah, tingkat bahan bakar yang dibutuhkan. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan, karena kebutuhan bahan bakar pada jenis kendaraan ini terbilang lebih hemat dan mudah diprediksi.

Pastikan Kendaraan Pilihan Anda Dilengkapi dengan Berbagai Fitur Lengkap Berikut Ini

Teknologi Otomotif Terbaru Masa Kini yang Wajib Diketahui

Melalui informasi berikut ini, Anda bisa menemukan kendaraan untuk melengkapi kebutuhan pengguna, dan tentunya dilengkapi dengan berbagai teknologi yang sudah banyak dimanfaatkan oleh berbagai model kendaraan yang mudah ditemukan di Indonesia.

Teknologi otomotif terbaru berikut ini wajib dimiliki pada kendaraan Anda, airbags merupakan salah satu sistem pengaman dan keselamatan bagi pengemudi maupun penumpang.

Memang ada kelebihan tersendiri, apabila Anda membeli mobil dalam kondisi baru. Fitur ini akan terbuka secara otomatis, apabila mobil mengalami benturan sehingga melindungi kepala penumpang dan pengemudi.

  • Keyless Smartkey

Fitur Keyless Smartkey berguna untuk memudahkan pengguna, dalam mengoperasikan mobil tanpa menggunakan kunci. Meskipun begitu bukan berarti kendaraan lebih mudah dibuka oleh orang asing, justru teknologi ini lebih sulit untuk dibuka paksa karena akan membuatnya rusak.

  • Parking Sensor

Sebelum adanya teknologi otomotif terbaru yaitu parking sensor, biasanya saat memarkirkan kendaraan seringkali pengemudi sulit untuk mengetahui apakah terdapat tembok atau benda yang menghalangi di belakang bagian bumper mobil.

Namun dengan adanya parking sensor, maka akan lebih mudah bagi pengemudi saat memarkirkan kendaraannya, karena ada sensor yang mendeteksi apakah terdapat objek yang menghalangi ruang parkir.

  • Sistem ABS, EBD, BA

Antilock Braking System berguna untuk mencegah agar kendaraan tidak terkunci, jika mobil mengerem secara mendadak. Sedangkan EBD atau Electronic Brakeforce Distribution, berguna untuk mengatur distribusi tekanan rem.

Karena dalam beberapa kondisi, setiap roda memiliki kebutuhan berbeda-beda saat mengerem, sedangkan BA atau Brake Assist menjadi fitur bantuan, yang akan menyediakan tekanan rem lebih besar dari normal untuk membantu sistem rem bekerja lebih cepat.

  • Port USB

Teknologi otomotif terbaru selanjutnya adalah port USB, fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan tersedia di beberapa merek mobil. Kehadiran port USB, tentunya mempermudah pengguna dalam mengisi daya smartphone atau perangkat lainnya.

Baca juga: Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

Kendaraan memang menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat, meskipun kita bisa menggunakan transportasi umum, namun memiliki kendaraan pribadi memang membawa kemudahan bagi pengguna, serta menghemat biaya pengeluaran.

Jika Anda memang lebih sering beraktivitas di luar rumah setiap harinya, maka memang akan lebih baik jika memiliki kendaraan pribadi sendiri. Namun sebelum itu ketahui terlebih dahulu, apa saja teknologi otomotif terbaru yang bisa membawa perubahan bagi kehidupan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here