Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

0
324
Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!
Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini terdapat banyak sekali bermunculan teknologi otomotif terbaru yang telah mengguncangkan dunia. Itu memang terjadi karena otomotif dan teknologi merupakan kedua hal yang sangat tidak bisa dipisahkan.

Baca Juga: Mengenal Teknologi VVT-i Pada Mobil dan Keunggulannya!

Maksudnya, teknologi dan juga otomotif (transportasi) sudah menjadi kebutuhan sehari-hari seluruh manusia yang memang tidak dapat dipisahkan. Semua manusia di seluruh dunia saat ini pasti sangat membutuhkan kedua hal itu.

Dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang setiap waktunya berkembang juga maju, kedua hal ini akhirnya bisa disatukan yang tentu semakin membantu mempermudah segala urusan manusia itu sendiri.

Penggabungan antara teknologi serta otomotif telah mempermudah banyak hal seperti bisa mengantarkan manusia ke suatu tempat yang jaraknya tidak mungkin dicapai dengan berjalan kaki saja.

Maka dari itu, tentu sangat penting untuk mengetahui teknologi otomotif yang terbaru saat ini. Apalagi jika Anda memang pencinta atau juga memiliki hobby di bidang otomotif.

Teknologi Otomotif Terbaru yang Akan Mengguncang Dunia

Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!
Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

Di tanah air Indonesia sendiri, hampir seluruh warga masyarakatnya memiliki kendaraan pribadi baik itu motor atau juga mobil. Hal tersebut tentu membuktikan bahwa kendaraan atau otomotif sudah menjadi bagian dari kebutuhan keluarga.

Entah itu untuk keperluan bekerja, sekolah, berjanji dengan tamu, dan lain sebagainya. Namun tentu dengan adanya perkembangan teknologi yang meningkat dengan pesat, kendaraan juga ikut menjadi lebih canggih dan modern setiap waktunya.

Salah satu teknologi otomotif terbaru yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah kendaraan listrik. Jika selama ini Anda menggunakan kendaraan dengan memakai bahan bakar minyak, maka mungkin di masa depan Anda tidak memerlukan itu lagi.

Namun di samping dari itu semua terdapat banyak sekali teknologi lain yang membuat otomotif berkembang pesat menjadi lebih canggih. Jika Anda sudah penasaran dengan apa saja teknologinya tersebut, maka tidak perlu khawatir. 

Teknologi Otomotif Terbaru dalam Kendaraan Motor

Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!
Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

Jangan salah ternyata motor saat ini banyak sekali yang dilengkapi dengan teknologi canggih, Anda pasti sudah mengetahui sedikitnya mengenai teknologi pada kendaraan sepeda motor. Namun agar pengetahuan lebih luas, perhatikan teknologi terbaru dalam motor.

  • Antilock Braking System (ABS)

Antilock Braking System atau disingkat ABS merupakan teknologi otomotif terbaru yang memiliki tujuan untuk mencegah roda belakang terkunci di saat pengendara melakukan rem secara tiba-tiba.

Fitur ini sebenarnya jangan disepelekan karena sangat berguna untuk keamanan. Sistem ini sudah banyak diterapkan pada motor keluaran terbaru seperti N-MAX, PCX, motor sport 150cc, CBR150R, GSX-R150, dan masih banyak lagi.

  • Keyless

Keyless disini memiliki arti atau maksud yakni tanpa kunci. Telah banyak sekali motor keluaran terbaru yang sudah tidak memakai kunci untuk menghidupkan mesin seperti Suzuki GSX-R150, GSX-S150, Ninja 250 FI, PCX, dan bahkan juga Scoopy.

Keyless ini telah terbukti lebih aman karena terdapat banyak kasus maling yang berusaha membobol system tersebut namun gagal. Hanya saja bentuk dari system keyless ini seperti tuas kompor sehingga sempat di bully.

  • Hazard Lamp

Jika dulu lampu hazard hanya terdapat di mobil saja, sekarang motor juga sudah banyak yang memakai lampu hazard. Hal tersebut karena lampu ini sangat berguna untuk memberikan sinyal tertentu.

  • Power Outlet

Karena sekarang merupakan era atau zaman serba digital, maka tentu masyarakat semakin susah untuk terlepas dari perangkat pintar seperti smartphone. Oleh karena itu, sekarang banyak motor yang ditanamkan power outlet untuk charger hp.

Terlebih lagi, sekarang semakin banyak orang yang memiliki profesi sebagai ojek online di mana harus selalu mengaktifkan smartphonenya, entah itu untuk GPS atau menerima order. Dengan power outlet ini banyak driver terbantu.

  • Shock Breaker Upside Down

Shock breaker upside down memiliki tampilan sangat mewah sehingga memiliki harga cukup mahal. Biasanya shock tersebut dipasang pada motor sport seperti Yamaha R25, R15, CBR250RR, dan banyak juga motor KTM yang memakainya. 

Teknologi Terbaru dalam Kendaraan Mobil

Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!
Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

Beralih ke kendaraan mobil, teknologi otomotif terbaru dari mobil memang sangat terbukti lebih wah dan canggih. Jika penasaran seperti apa, maka perhatikan teknologinya tersebut di bawah berikut.

  • Sensor Parkir

Sensor parkir sekarang sudah di pasang di seluruh mobil keluaran terbaru. Jika melihat sejarah, alat ini awalnya dikembangkan berdasarkan alat bantu untuk orang-orang tuna netra.

Dan pada awalnya, alat sensor parkir juga dipakai pada kendaraan besar seperti tangka, truk trailer, dan lain sebagainya. Tapi karena memang alat tersebut sangat membantu, akhirnya alat sensor parkir disarankan untuk seluruh mobil.

  • Autonomous Drive

Autonomous drive merupakan sebuah sistem teknologi otomotif terbaru di mana berisi kemampuan untuk sebuah mobil dapat bergerak sendiri tanpa harus dikemudikan manual oleh manusia.

Dengan sistem Autonomous drive maka sebuah mobil memiliki kemungkinan untuk bergerak sendiri karena dilengkapi dengan sensor yang mengatur ke mana mobil harus berjalan, kapan harus berhenti, berbelok, dan lain sebagainya.

Tapi sayang teknologi otomotif terbaru ini masih dalam tahap pengembangan karena memang memerlukan algoritma sangat rumit. Satu-satunya brand mobil yang berhasil mengaplikasikan sistem Autonomous drive adalah Tesla.

  • Pre-Collision Technology

Pre-collision disini merupakan system dengan kegunaan untuk mencegah crash atau tabrakan. Atau ketika memang tabrakan tersebut tidak dapat dihindari, maka ada system yang bergerak cepat untuk membuat penumpangnya lebih terlindungi.

Dengan teknologi pre-collision maka tabrakan yang tidak dapat dihindari bisa terdeteksi berdasarkan kalkulasi kecepatan, sensor di sekeliling mobil, sudut kemudi, dan lain sebagainya.

  • Hybrid

Hybrid merupakan salah satu terobosan besar yang sangat sulit ditandingi. Bagaimana tidak? Teknologi otomotif terbaru itu menggabungkan dua sistem penggerak menjadi satu.

Motor listrik ketika memakai Hybrid bisa digabungkan dengan Mesin bakar konvensional dan kemudian bekerja sama menggerakan mobil. Motor konvensional juga dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai penggerak motor listrik.

Dimana hasilnya yaitu menurunkan secara drastis penggunaan bahan bakar serta emisi. Namun meski begitu, tenaga yang dihasilkan tetap mantap karena keduanya mempunyai output tenaga tersendiri.

  • Automatic Safety Braking System

Untuk beberapa orang, teknologi Automatic Safety Braking System mungkin dirasa mengganggu karena terkadang suka bereaksi secara berlebihan. Tapi mau bagaimana juga, teknologi tersebut dapat membuat jalanan lebih aman.

Saat Anda mengendarai mobil yang dilengkapi dengan teknologi ini secara pelan-pelan (yakni di bawah 30 km/jam), maka sensor atau sistem dari teknologi ini bisa mendeteksi adanya pejalan kaki atau hambatan lain di mana rem otomatis akan bekerja. 

  • GPS Linked Transmission

Salah satu teknologi otomotif yang telah mengguncangkan dunia yakni GPS Linked Transmission. Bagaimana tidak? GPS dapat memberikan informasi cukup akurat mengenai posisi mobil.

Dengan GPS yang saat ini sudah berkembang pesat dan semakin canggih, manufaktur mobil seharusnya bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menentukan gigi berapa yang paling tepat untuk menggerakan mobil.

Mengapa demikian? Karena dengan GPS, maka mobil bisa membaca seperti apa medan jalanan di depan, berapa sudut tikungan, memberikan informasi pada komputer di mobil, dan membaca berapa kecepatan mobil.

Di mana nantinya komputer bisa menentukan seperti apa transmisi yang paling tepat untuk medan jalanan di depan itu. Pencetus dari ide brilian GPS Linked Transmission adalah dari BWM Group dan pengguna pertama yakni Rolls Royce Wraith.

  • Suspension Camera

Suspension camera merupakan teknologi dari Mercedes-Benz yang intinya adalah suspensi untuk mengantisipasi medan jalan di depan. Cara kerjanya yakni memakai stereotype camera di depan mobil.

Di mana kamera tersebut bisa mendeteksi permukaan jalan dan memberikan perintah untuk mengatur suspensi sehingga lebih bersiaga dalam menyesuaikan kekerasan sebelum dilewati mobil.

Tips dalam Menggunakan Teknologi Otomotif Terbaru

Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!
Teknologi Otomotif Terbaru yang Telah Mengguncang Dunia!

Seluruh teknologi yang dipasang untuk berbagai macam otomotif di atas baik itu motor atau mobil tentu memiliki tujuan sama yakni untuk mempermudah keberlangsungan hidup manusia.

Namun tentu ada baiknya jika Anda tidak mengurangi kewaspadaan pribadi. Maksudnya jika saat ini banyak teknologi yang memudahkan dan menjamin keamanan, Anda juga tidak perlu menurunkan kehati-hatian karena mengandalkan teknologi tersebut.

Baca Juga: Performa dan Fitur Keselamatan Toyota Avanza Masa ke Masa!

Meski memang sekarang banyak teknologi otomotif terbaru canggih dan modern, Anda tetap harus mengandalkan diri Anda sendiri dan jangan terlalu memberikan kepercayaan pada teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here