Mengenal Sejarah Dan Model Mobil VW Yang Populer

0
61
mobil VW

Siapa yang tak kenal mobil VW yang lebih populer disebut sebagai mobil kodok klasik. Meski populer dan digemari oleh pecinta mobil klasik, sedikit sekali yang mengenali bahwa mobil ini merupakan mobil produksi Volkswagen, Jerman.

Baca Juga : Tips dan Cara Merawat Mobil Xenia Bekas Agar Tetap Nyaman

Di Indonesia, mobil ini memang sempat populer, akan tetapi kepopulerannya tidak berlangsung lama. Tak heran jika yang memiliki mobil ini hanya segelintir orang saja. Termasuk mereka para kolektor dan pecinta mobil klasik saja.

Mengenal Sejarah Mobil VW

mobil VW

Tak berbeda dengan beberapa perusahaan lain yang mempunyai sejarah sejak berdiri. Perusahaan mobil VW pun memiliki banyak sejarah sepanjang perjalanan perusahaannya.

  1. Sejarah Perusahaan Mobil VW

Sejak lama Volkswagen atau VW ini telah mengarungi dunia otomatif. Terhitung sejak tahun 1937 perusahaan mobil ini berdiri, dan Serikat Buruh Jerman sebagai pendirinya.

Saat 1930 mobil adalah sebuah harta berharga yang hanya dapat dimiliki oleh kaum bangsawan saja. Sehingga kebanyakan masyarakat tidak mampu untuk dapat memilikinya.

Keadaan ini membuat beberapa pabrikan mobil berlomba untuk membuat sebuah terobosan mobil rakyat. Mobil rakyat yang kala itu dibuat adalah Mercedes, Hanomag, dan Adler autobahn.

Didorong dengan kemunculan mobil tersebut, Adolf Hitler menginginkan sebuah produksi mobil keluarga. Dengan kapasitas penumpang meliputi ayah, ibu hingga mencapai tiga orang anak. Akan tetapi tetap mampu menghasilkan kecepatan tenaga hingga 100Km per-jam.

Hingga akhirnya, keinginan tersebut terwujud dengan menunjuk Ferdinand Porsche yang bertanggung jawab. Ferdinand memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan keinginan Adolf Hitler hingga menjadi sebuah kenyataan. Keahlian

Ferdinand memang tidak bisa diragukan, karena sebelumnya telah menjadi perancang mobil Mercedes 170H. Tak hanya itu saja, Ferdinand pun pernah bergabung bersama Steyr.

Ferdinad mengembangkan proyek mobil rakyat tersebut menjadi sebuah mobil yang hemat bahan bakar, dan mudah digunakan. Memiliki daya tahan tinggi dan tentunya mudah untuk mendapatkan suku cadang pun menjadi tujuan Ferdinand mengembangkan proyek ini.

Prpyek tersebut akhirnya membuahkan hasil sekitar tahun 1936, dengan prototipe yang diberi nama KdF Wagen. Menariknya prototipe ini telah dibekali fitur pendingin dengan 4 silinder.

Setelah peluncuran prototipe tersebut, alhirnya perusahaan mulai dibentuk. Sebelumnya tahun 1937 nama perusahaan sangat panjang, namun pada tahun berikutnya nama perusahan menjadi lebih pendek.

Volkswagenwerk GmbH adalah nama pendek yang diberikan kepada perusahaan. Dengan nama inilah, gedung sebagai pabrik mulai dibangun. Gedung sebagai pabrik perusahaan ini dibangun di Wolfsburg.

Untuk bisa memberikan sebuah penghargaan pada ulang tahun Hitler diusianya yang ke 49, perusahaan membuat mobil khusus. Mobil khusus tersebut didedikasikan khusus sebagai persembahan perusahaan untuk Hitler. Mobil persembahan tersebut dinamai Mobil Tipe 1 Cabriolet.

Seiring berjalannya waktu hingga pecahnya Perang Dunia II, VW berhasil memproduksi mobil militer. Mobil militer tersebut bernama Tipe 82 Kubelwagen dan saat itu pula VW berhasil memproduksi mobil amfibi.

Namun sayangnya, saat Perang Dunia II pabrik terkena serangan bom hingga menyebabkan kelumpuhan. Kelumpuhan tersebut terjadi karena kerusakan parah pada pabrikdan membuat pabrik terpaksa harua ditutup.

Akan tetapi, sekitar tahun 1945 pabrik mulai dibuka kembali oleh tentara Inggris bernama Ivan Hirst. Tentara Inggris tersebut mulai membuat kegiatan produksi kembali. Hingga akhirnya tentara Inggris berhasil membawa mobil VW ke negaranya.

Setelah Perang Dunia II berakhir, nama perusahaan berubah menjadi Volkswagen. Dengannama tersebut, produksi mobil kian hari kian meningkat. Pada masa kejayaan tersebut Henry Ford II berniat untuk merebut kembali perusahaan. Akan tetapi niatnya diurungkan.

Hingga akhirnya sekitar 1948 Jerman mampu mengambil alih kembali perusahaan VW. Dengan nama itulah kejayaan VW ditangan Jerman melesat. Dengan pencapaian produksi VW Beetle Tipe 1 tahun 1955 mencapai 1Jt unit.

  1. Sejarah Mobil VW Di Indonesia

Sama seperti sejarah berdirinya perusahaan yang panjang. Sejarah masuknya mobil VW di Indonesia pun mengalami jalan yang panjang. Awal mula VW masuk ke Indonesia adalah karena UNICEF, yang memang sedang membantu menanggulangi penyakit.

Saat itu, mobil yang dibawa adalah jenis VW Beetle yang dikenal sebagai mobil kodok. Akan tetapi, karena kekurangan ilmu pengetahuan, mobil tersebut tidak terawat. Hingga akhirnya mengalami beberapa keluhan dan kerusakan.

Hingga akhirnya Volkswagen maauk dalam dunia pemasaran otomotif di Indonesia. Dengan PT. Piola sebagai gawang yang perusahaan pengelola bisnis mobil VW di Indonesia. Akan tetapi hal itu tidak berlangsung lama, dan digantikan oleh PT. Garuda Mataram sebagai perusahaan pengelola tahun 1970.

Pada tahun 1970 inilah VW memenangi kejayaan. Karena mampu menghasilkan beragam produk seperti Passat, Golf, Kombi dan Safari. Namun sayangnya kejayaan tersebut tidak bisa dialami dalam waktu yang lama.

Singkatnya kejayaan VW di Indonesia disebabkan oleh kurangnya peminat. Semakin hari semakin menurun, hingga akhirnya mengalami kebangkrutan. Tak heran jika di Indonesia hanya segerintil orang saja yang memiliki VW ini.

Model Mobil VW Yang Masih Populer Hingga Sekarang

Meski memang di Indonesia hanya dimiliki oleh segelintir orang saja, akan tetapi VW memiliki beberapa jenis yang populer. Karena ada beberapa model yang menjadi favorir penggemarnya. Berikut adalah beberapa model mobil yang populer hingga saat ini:

  1. Mobil VW Beetle

Mobil VW yang populer pertama adalah mobil Volkswagen Tipe 1 atau lebih dikenal sebagai VW Beetle. Bentuknya yang kalsik dan unik menyerupai seekor kodok, membuatnya populer.

Dengan memiliki 2 pintu dan mampu mengangkut hingga 4 orang ini diprodukso pada tahun 1938-2003. Mobil ini meletakkan mesin pada bagian belakang mobil. Disebut sebagai mobil rakyat karena memang Adolf Hitler menciptakan mobil ini untuk bisa dimiliki oleh kebanyakan masyarakat.

Mobil ini memang merupakan mobil ekonomis dengan harganya yang terjangkau. Mobil kodok ini dirancang Ferdinand dengan dibekali pendingin udara. Dengan peluncuran mobil ini, dunia heboh dan mengelukan mobil ini. Alasan tersebutlah yangembuatnya populer diseluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

  1. VW Scirocco

Tak mau kalah dengan yang lain, VW juga meluncurkan mobil tipe Hatchback dengan nama Scirocco yang populer. Mobil sport ini diproduksi sekitar tahun 1974 denga kapasitas pemumpan 2 orang. Sekitar tahun 2008 generasi ketiga Scirocco diluncurkan.

  1. VW Polo

Kejayaan Volkswagen tidak bisa dilepaskan dari terciptanya mobil Polo mini. Supermini sekali memang mobil satu ini, dan awal mula peluncuran produksi mobil ini sekitar tahun 1975.

Pemasaran mobil supermini ini dilengkapi oleh pilihan varian yang banyak dan beragam. Baik itu dalam versi sedan maupun versi mobil Hatchback. Generasi terbaru VW ini dirilis sekitar 2011 yang merupakan generasi kelima. Pada generasi ini VW menciptakan VW Polo yang hampir menyerupai Skoda Fabia.

  1. VW Jetta

Pada tahun 1979 mobil kompak ini mulai diproduksi dengan mengusung jenis Sedan. Apabila diperhatikan mobil VW Jetta telah diproduksi hingga 6 generasi. Diantaranya meliputi VW Jetta City, Sagitar, Bora dan Atlantic. Masa kejayaannya terdapat di tahun 2005, dimana penjualan mobil ini memcapai 6.6jt unit diseluruh dunia. Dengan sepertiga penjualannya merupakan hasil penjualan di Amerika Serikat.

  1. VW Tuareg

Termasuk dalam keluarga besar Volkswagen, mobil SUV Crossover ini berukuran mid size yang populer karena kemewahannya. Melihat namanya yang unii,  ternyata Tuareg merupakan nama salah satu suku di Afrika Utara.

Siapapun yang memiliki mobil ini maka akan dapat dibayangkan bagaimana kondisi keuangannya. Karena mobil ini akan menjadi penanda status sosial siapapun yang memilikinya.

  1. VW Eos

Mobil mewah lain yang dimiliki Volkswagen adalah mobil sport kompak Eos. Produksi mobil ini dimulai sejak tahun 2006 dengan keunggulan fitur atap yang convertIble. Atap tersebut mampu melipat tersebut menambah nilai jual dan membuat mobil ini semakin memarik.

Mobil ini merupakan mobil yang diciptakan sebagi penerus VW Golf Cabriolet. NamaEos terinspirasi dari sebuah nama dewi yang menjadi kepercayaan masyarakat yang ada di Yunani.

  1. VW Passat

Mobil ini merupakan mobil populer yang dirilis pada masa 70an. Mobil ini pula lah yang beryahan populer hingga saat ini. Telah memcetus 8 generasi dari awal penciptaannya. Passat sendiri berada pada posisi diantara VW Phaeton dan VW Golf.

  1. VW Golf MK5

Termasuk dalam generasi kelima VW Golf yang mweupakan penerus MK4. Model ini mulai diperkenalkan saat sebuah acara Frankfurt Mptor Show sekitar tahun 2003. Hingga akhirnya MK5 tergantikan dengan hadirnya MK6. Mobil iniemgusung model Wagon, Hatchback dan model kompak.

  1. Porcshe Cayenne

Cayenne memang dikenal sebagai cetusan Porsche, akan tetapi sebenarnya Cayenne merupakan kolaborasi antara Porsche dan Volkswagen. Mobil ini mengusung model crossover yang mulai diproduksi tahun 2002. Mobil ini berbagi komponendengan VW Toureg.

  1. Bentley Continental Flying Spur

Meski dikenal sebagai produksi perusahaan Bantley, ternyata mobil ini juga sama seperti Porsche Cayenne. Yang merupakan hasil kolaborasi antara Bentley dan Volkswagen. Jika Cayenne bernagi dengan Toureg, maka mobil ini beebagi dengan Phaeton.

Kepopuleran mobil VW pada masanya memang menjadi nilai estetik tersendiri bagi penggunakan. Tak beda dengan masa kini, mereka yang menggemari mobil ini menjadikan dirinya terlihat lebih estetik. Karena meskipun tergolong mobil tua, mobil ini mampu bertahan sangat lama dimata penggemarnya.

Baca Juga : Cara Mengenal Jenis Dan Cara Perawatan Mobil Jazz

Itulah tadi sejarah panjang perusahaan mobil VW dan jiga beberapa jenis mobil yang masih populer. Semoga informasi ini menambah pengetahuan dan memberikan pilihan tetap jika kamu ingin memiliki mobil Volkswagen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here