Bengkel mobil matic kini dapat Anda temui di berbagai tempat, baik itu bengkel umum, resmi atau memang spesialis mobil matic saja. Mungkin banyak dari Anda yang beranggapan ketiganya sama saja. Sama-sama bisa memperbaiki mobil mereka.

Atau parahnya, ada yang beranggapan salah satu dari bengkel tersebut lebih baik dari yang lainnya. Hal ini banyak beredar di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal, sebenarnya yang menjamin kualitas bengkel adalah tenaga teknisi yang menangani mobil Anda. Bukan dari jenis bengkelnya.

Baca Juga : Referensi Harga Mobil Suzuki Carry Bekas, Muat Sekeluarga

Memang anggapan itu tidak salah. Akan tetapi Anda harus mengetahui perbedaan dari ketiga jenis bengkel ini. Pasalnya, ada perbedaan mendasar yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. oleh sebab itu, diperlukannya edukasi mendasar mengenai jenis bengkel.

Edukasi ini tentu penting bagi Anda agar tidak salah menentukan tempat perbaikan untuk mobil kesayangan. Atau, untuk menimbang setiap risiko yang akan dan biaya yang mungkin dikeluarkan saat perbaikan mobil.

Selain itu, edukasi ini bertujuan agar Anda tidak hanya ikut-ikutan saja. Banyak stigma yang beredar untuk pemilik mobil matic terutama dalam pemilihan bengkel. Oleh sebab itu, Anda tentu harus mengenal terlebih dahulu.

Berikut adalah Perbedaan Bengkel Mobil Matic Umum : 

Status Kerjasama Antara Pihak Lain

bengkel mobil matic

Hal pertama yang akan dibahas adalah status kerja ketiga bengkel mobil matic dengan pihak lain. Sebab, dari tiga jenis bengkel ini memiliki status kerja sama yang berbeda. Bengkel dapat bekerja sama dengan berbagai pihak dari pihak agen tunggal pemegang merek, pribadi, atau pihak ahli. Berikut ini penjelasan masing-masing status kerja sama ketiga bengkel yang dikenal secara luas di seluruh dunia:

  1. Bengkel Resmi

Bengkel resmi adalah bengkel yang memiliki kerja sama atau hubungan khusus dengan agen tunggal pemegang merek suatu merek mobil. Sebab, dalam hal ini produsen mobil biasnya akan mendistribusikan mobilnya ke seluruh dunia melalui agen khusus yang hanya mendistribusikan satu merek mobil.

Tidak hanya mobil saja tapi juga setiap komponen mobil, baik komponen untuk merakit mobil atau suku cadang. Agen ini kemudian akan membuka kerja sama dengan pemilik bengkel sebagai upaya pendistribusian setiap suku cadang yang mereka miliki.

Bengkel mobil matic yang melakukan kerja sama hanya harus memperbaiki mobil dari merek tertentu saja. Pasalnya suku cadang yang mereka miliki juga hanya dari merek yang mengajaknya kerja sama.

Bengkel untuk mobil matic resmi ini bukan jaminan merupakan yang terbaik karena meski partnya resmi. Pasalnya, jika tenaga teknisi yang menanganinya kurang kompeten maka mobil Anda tidak akan ditangani dengan baik.

  1. Bengkel Mobil Umum

Bengkel mobil matic umum adalah bengkel milik pribadi yang menerima segala jenis mobil baik matic atau non-matic untuk diperbaiki. Selain itu, bengkel ini juga menerima segala merek mobil. Sehingga tidak hanya satu merek saja.

Meski tidak memiliki embel-embel resmi, biasnya bengkel umum akan selalu menyediakan suku cadang resmi untuk setiap merek mobil. Teknisi yang menanganinya memahami bagaimana menangani kedua jenis mobil tersebut. Tidak dilatih secara khusus menjadi spesialis di salah satu mobil saja. Oleh sebab itu, semua pemilik mobil dari merek apa saja dapat memperbaikinya di sini.

  1. Bengkel Mobil Spesialis Matic

Bengkel mobil spesialis memiliki perbedaan yang cukup besar dari dua jenis lainnya. Pasalnya, jenis bengkel mobil matic ini cukup berani mempekerjakan teknisi spesialis mobil matic. Teknisi ini dilatih secara khusus dapat menangani mobil matic dari berbagai merek. Bengkel jenis ini dapat dikatakan yang paling memahami seluk beluk mobil matic.

Akan tetapi, jika mereka mempekerjakan teknisi yang kurang handal tentu kualitasnya tidak akan baik. Oleh sebab itu meski bengkel mobil matic yang berlabel spesialis, Anda harus tetap memperhatikan teknisi yang menanganinya.

Prosedur Kerja dengan Standar yang Berbeda

bengkel mobil matic

Prosedur kerja dari setiap jenis bengkel tentu sangat berbeda. Pada bengkel resmi, mereka memiliki standar operasional prosedur khusus dari perusahaan. Selain itu, teknisi akan diawasi dan diminta pertanggung jawabannya oleh supervisor.

SOP dalam bengkel resmi sangat dibutuhkan untuk dijalankan karena merupakan metode baku dalam memperbaiki mobil matic dari pemegang merek bengkel tersebut. Meski sudah ada SOP, tidak berarti perbaikan selalu berhasil di bengkel resmi pasti berhasil.

Banyak kasus perbaikan yang tidak berhasil di bengkel resmi. Oleh sebab itu, SOP baku dan ketat tidak akan menjamin kualitas perbaikan mobil Anda. Terkadang ada kerusakan yang belum terdapat di dalam SOP. Untuk bengkel mobil matic umum dan resmi, tidak ada SOP khusus dalam perbaikan yang mengikat seperti di bengkel resmi. Kedua jenis bengkel ini mengandalkan passion dari teknisinya.

Terutama bengkel spesialis, teknisi bisanya memiliki passion yang tinggi untuk memperbaiki seluk beluk mobil matic. Terutama komponen transmisi yang sudah otomatis, perlu minat yang tinggi agar dapat dengan mudah mempelajarinya.

Teknisi pada bengkel spesialis juga sudah dapat dikatakan mahir dalam bidang tersebut. Sehingga hasil perbaikannya lebih maksimal. Terlebih lagi terdapat bengkel yang menggabungkan dua komponen antara passion dan SOP, tentu ini semakin menjadi nilai tambah.

Kelengkapan Alat yang Sediakan oleh Pihak Bengkel

bengkel mobil matic

Bengkel mobil matic resmi memiliki peralatan dan suku cadang yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan bengkel umum. Pasalnya semua alat dan suku cadang bengkel resmi sudah disuplai dari perusahaan pendistribusi resmi mereknya.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan bengkel spesialis kedua jenis bengkel itu masih kalah saing. Sebab, di dalam bengkel spesialis bisanya menyediakan alat perbaikan dan komponen-komponen khusus untuk memperbaiki transmisi otomatis yang jauh lebih lengkap.

Alasannya adalah, teknisi spesialis akan lebih detail dalam pengadaan alat karena sudah mengetahui seluk beluk mobil matic lebih dari siapa saja. Dan juga, mereka hanya melayani mobil matic, sehingga harus lebih unggul dibandingkan dengan jenis bengkel lainnya.

Salah satunya adalah dengan menyediakan peralatan yang juh lebih lengkap. Oleh sebab itu, banyak yang mempercayakan mobilnya kepada bengkel spesialis jika mengalami kerusakan yang parah.

Kemampuan dari Teknisi dan Mekanik

bengkel mobil matic

Kemampuan teknisi dan mekanik ini merupakan hal yang relatif untuk semua jenis bengkel. Pasalnya, bisa saja kemampuan teknisi di bengkel umum lebih baik dari bengkel resmi atau sebaliknya.

Namun, jika bandingkan secara umum, kemampuan teknisi bengkel mobil matic spesial lebih unggul. Hal ini dikarenakan teknisi bengkel spesialis sudah memiliki pelatihan khusus mobil matic dan dipastikan lebih memahami secara keseluruhan dari komponen mobil ini.

Biaya yang Harus Dikeluarkan Pelanggan

bengkel mobil matic

Dari kebanyakan pengalaman pelanggan dari masing-masing bengkel, mereka mengatakan jika biaya di bengkel resmi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan bengkel resmi atau spesialis. Alasannya adalah karena harga operasional dan modal usaha tentu jauh lebih besar.

Gaji karyawan yang harus minimal UMR daerah setempat, tentu berbeda dengan bengkel umum lainnya. Sebab gaji karyawan biasanya hanya dari hasil kesepakatan saja. Selain itu, pajak yang harus dibayarkan juga jauh lebih besar dari jenis bengkel lainnya.

Baca Juga : Simak 4 Raja Mobil Matic Murah dan Terbaik, Ada Favoritmu ?

Perbedaan ketiga jenis bengkel itu adalah perbedaan umum yang akan memberikan referensi untuk Anda. Sebab masi banyak masyarakat yang hanya terpaku pada brand besar atau bengkel terkenal. Padahal, kualitas bengkel mobil matic ditentukan dari kemampuan teknisinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here