Mobil Zebra Pick Up Dengan Kelebihan Dan Kekurangan

0
660
mobil zebra pick up

Penggunaan mobil pick up masih menjadi primadona bagi orang-orang yang ingin merintis sebuah bisnis. Salah satu jenis mobil yang menjadi incaran bahkan dalam kondisi bekasnya, yakni mobil zebra pick up.

Baca Juga : Vinales Menangkan MotoGP Qatar, Rossi Kurang Cemerlang

Mobil keluaran Daihatsu ini tergolong legendaris dengan mesin yang patut dipertimbangkan. Di samping itu, harganya yang cukup terjangkau bagi pemula dalam dunia usaha atau bisnis menjadi pertimbangan dasar dalam pengambilan keputusan.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Zebra Pick Up

Daihatsu Zebra merupakan mobil pick up yang mulai diperkenalkan pada tahun 1986 sampai 2007. Meski di jalanan ibu kota mobil jenis ini jarang terlihat mengudara, tetapi di daerah-daerah masih sering digunakan.

Hal tersebut memang sangat wajar, mengingat kepopuleran Daihatsu pada masanya memang tidak terbantahkan. Tertarik untuk membeli versi bekasnya? Ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan

mobil zebra pick up

Bertahan sebagai mobil legendaris tentu tidaklah mudah. Jika tidak memiliki kelebihan yang patut diunggulkan, hal tersebut pasti hanya akan menjadi isapan jempol semata. Berikut adalah beberapa kelebihan mobil zebra pick up:

  1. Body Besar

Tak dimungkiri, Daihatsu Zebra memang memiliki body bongsor, sehingga daya angkutnya lebih banyak. Hal ini tentu akan sangat memudahkan pemilik untuk mengangkut barang dagangan.

  1. Bahan Bakar Irit

Pemakaian bahan bakar berpengaruh cukup besar pada besar kecilnya pengeluaran yang harus ditanggung pemilik. Untungnya, Daihatsu Zebra terbilang cukup irit dalam hal ini, sehingga dapat menghemat pengeluaran.

  1. Mesin Bandel

Tua-tua keladi, meski sudah berusia senja mobil zebra pick up masih diburu hingga kini. Wajar, karena mesin pada seri Zebra ini terbilang tangguh dan bandel. Selain itu, sparepart-nya pun masih cukup mudah ditemukan.

  1. Harga Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya, harga bekas Daihatsu Zebra terbilang lebih murah. Hal ini tentu saja merujuk pada kebandelan mesin yang siap untuk dibuktikan.

  1. Desain Manis

Untuk kategori mobil lama, desain pada Daihatsu Zebra dapat dibilang lebih manis daripada teman-teman rivalnya. Terutama untuk mobil keluaran tahun muda, tampilannya lebih unik dan tidak kaku.

Kekurangan Zebra Pick Up

mobil zebra pick up

Pada dasarnya, tidak ada produk yang tercipta sempurna, apalagi untuk mobil kelas menengah seperti mobil zebra pick up. Berikut beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  1. Cepat Panas

Mesin pada Daihatsu Zebra memang berada di bawah jok, sehingga acapkali menimbulkan sensasi panas. Hal tersebut dapat diakali dengan memberikan lapisan aluminium foil di bawah jok untuk meredam panas mesin.

  1. Suspensi Keras

Suspensi yang keras sebenarnya cukup dapat dimaklumi, mengingat Daihatsu Zebra memang ditujukan untuk kepentingan berniaga. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat berada di tikungan tajam, karena keseimbangan mobil kurang optimal.

  1. Hidung Pendek

Hidung (bagian depan mobil) pada mobil zebra pick up memang pendek. Hal ini cukup berbahaya jika terjadi tabrakan atau kecelakaan, karena pengemudi dan penumpang langsung berhadapan secara muka, tanpa penghalang.

  1. Rawan Mogok

Pada mobil keluaran awal, Daihatsu Zebra memang rawan mogok, terutama saat air sudah menggenang hingga separuh ban. Hal ini dikarenakan sistem perapiannya masih menggunakan platina. Namun, untuk seri terbarunya dapat dibilang lebih aman.

Rekomendasi Jenis Mobil Zebra Pick Up

mobil zebra pick up

Sejak keluaran awal di tahun 1986, Daihatsu Zebra mengalami beberapa kali rombakan, baik dari segi desain, mesin, maupun teknologi. Berikut rekomendasi jenis mobil mobil zebra pick up dari masa ke masa:

  1. Keluaran Tahun 1986

Daihatsu Zebra tahun 1986 adalah seri pertama mobil pick up yang diluncurkan setelah seri hijet. Oleh karena itu, nama hijet pun masih menempel sampai seri tahun 1989.

Bertindak sebagai pelopor, Zebra 86 dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc. Dilihat dari segi desain memang sangat monoton, terlihat dari sepasang lampu kotak di bagian depan tanpa hiasan grill apapun.

Sayangnya, desain lampu tersebut juga terpasang di bagian belakang bak mobil. Lampu mundurnya pun hanya ada satu, yakni di bagian kanan. Harga bekas mobil zebra pick up ini berada di kisaran 15 hingga 20 juta rupiah.

  1. Keluaran Tahun 1990

Pada awal tahun 1990, Daihatsu Zebra muncul dengan varian baru. Berbekal mesin SOHC 16 valve 1.300 cc, mobil ini semakin tangguh di jalanan. Nama hijet pun sudah mulai dibuang dan berganti dengan Daihatsu Zebra 1.3 atau biasa dikenal sebagai D130.

Dari segi body, tidak jauh berbeda dengan versi pendahulunya. Hanya saja, di lampu utama bagian depan ada tambahan aksesori yang membuat penampilannya sedikit berbeda. Untuk harga bekasnya, masih berada di kisaran 18 hingga 21 jutaan.

  1. Keluaran Tahun 1995

Berbeda dengan saudara-saudara di tahun sebelumnya, Daihatsu Zebra tahun 1995 masih sering terlihat berlalu-lalang di jalanan. Mungkin hal ini dikarenakan spesifikasi dan desain yang sudah jauh lebih baik.

Dari segi eksterior, bagian depan dari mobil pelopor Daihatsu Zebra Espass ini terlihat lebih melengkung. Pada masanya, mobil ini cukup membuat gentar para pesaing, karena desain yang unik dan berbeda.

Di bagian depan, ada lampu berbentuk belahan oval tanpa banyak aksesori tambahan, sementara bagian belakang masih setia dengan bentuk kotak. Meski sederhana, memang terbilang menarik.

Ada dua pilihan mesin pada seri ini, yakni 1298 cc serta 1598 cc dengan masing-masing berkapasitas 1.3 dan 1.6 liter. Dengan transmisi 5 percepatan, mobil zebra pick up dapat menghasilkan tenaga 76 sampai 87 dk.

  1. Keluaran Tahun 1997

Pada tahun 1997, Daihatsu kembali mengeluarkan mobil pick up dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 1.600 cc. Meski masih tetap mengandalkan keberadaan karburator HD-C, tetapi outputnya lebih besar yaitu 87 HP.

Selebihnya, tidak ada hal yang terlalu berbeda dengan versi ‘95. Mesin yang dibekalinya juga tetap mengadopsi layout mesin 4 silinder 16 katup dengan transmisi 5 percepatan secara manual.

Lampu depan masih mengusung belahan oval yang menyambung jadi satu dengan lampu sein dan memanjang hingga ke bagian samping. Mobil keluaran tahun ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin mobil atau AC dengan bagian dashboard yang cukup elegan.

  1. Keluaran Tahun 2003

Tahun 2003, mobil zebra pick up mengalami perubahan pada bagian lampu belakang yang ditambahi garnish di bagian tengah pintu. Lain hal dengan lampu depan yang dipercantik dengan grill chrome.

Ada beberapa varian yang diluncurkan, yakni ZL berkapasitas 1300 cc dan ZX berkapasitas 1600 cc untuk varian standar. Jika ingin tampilan yang lebih mewah, tipe ZSX berkapasitas 1.600 cc dapat menjadi pilihan.

Sebab, pasokan bensin pada varian ini sudah menggunakan sistem injeksi, sehingga pemakaian bahan bakar lebih irit. Tak hanya itu, dari dapur pengapian pun sudah diubah menjadi distributorless. Keuntungannya, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar, yakni 82.4 dk dengan torsi 130 nm.

  1. Keluaran Tahun 2005

Di tahun 2005, perubahan pada mobil zebra pick up semakin menarik dan patut diacungi jempol. Hal ini dapat dilihat dari desain dashboard yang tak lagi kaku, lengkap dengan ruang penyimpanan untuk koin, HP, kunci, dan lain-lain.

Selain kabin yang terbilang luas, Zebra Espass 2005 juga dilengkapi kursi yang nyaman dengan sandaran empuk. Meski belum secanggih mobil keluaran masa kini, tetapi posisi kemiringannya sudah dapat diatur.

Untuk variannya sendiri masih sama dengan pendahulu, yakni ZL, ZSX dan ZS yang sudah fuel injection. Hanya saja, perapiannya masih menggunakan platina, sehingga saat air menggenang menjadi suka mogok.

  1. Keluaran Tahun 2007

Mobil keluaran 2007 merupakan seri terakhir dari generasi mobil zebra pick up. Pada seri ini, isi dashboard terbilang sudah cukup lengkap, termasuk keberadaan sistem audio 1DIN.

Sebagai penutup, Daihatsu menghadiahi varian ini dengan mesin EFI 1.300 cc untuk mengganti mesin karburator. Dengan harga tak lebih dari 50 juta rupiah, mobil bekas ini sudah bisa dibawa pulang.

Demikian sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Zebra berikut dengan beberapa rekomendasinya. Harga yang ditawarkan mungkin saja berbeda, tergantung pada kondisi mobil.

Baca Juga : Penyebab Mobil Zebra Susah Hidup Dan Cara Mengatasinya

Untuk lebih aman, carilah mobil zebra pick up dari tangan pertama. Meski sudah tidak sempurna, tetapi riwayat mobil dapat diketahui secara lebih lengkap. Dengan begitu, Anda dapat melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here