Bingung memilih mobil untuk mobilitas tinggi sehari-hari? Tak ada salahnya menyimak penjelasan  dalam artikel ini agar mengetahui kriteria apa saja yang perlu diperhatikan saat memilihnya. Hal ini bertujuan agagr tidak terlanjur salah pilih dan mobil dapat digunakan secara optimal, sesuai kebutuhan.

Baca Juga : 14 Pilihan dan Spesifikasi Mobil Offroad Terbaik Dan Murah

Kriteria Mobil Untuk Mobilitas Tinggi

Ada beberapa pilihan mobil yang dapat disesuaikan dengan medan yang akan dilalui, kapasitas kabin penumpang, maupun bagasi yang diperlukan. Berikut ini adalah kriteria yang sebaiknya terpenuhi oleh mobil pilihan untuk mobilitas tinggi.

1. Bagian Kabin Mobil Yang Memadai

Seseorang yang memiliki mobilitas tinggi, tentunya menginginkan pengalaman berkendara yang nyaman. Sebab, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk mobile, yang artinya akan lebih banyak berada di perjalanan. Oleh sebab itu, luas kabin perlu menjadi perhatian. Tujuannya agar terasa lapang dan dapat mengurangi kepenatan saat di perjalanan.

Kriteria mobil untuk mobilitas tinggi sebaiknya memiliki ruang yang lapang pada jarak antara kaki dan pedal gas. Begitu pun jarak antara kursi pengemudi dan kaki penumpang harus cukup jauh, sehingga posisi duduk dapat lebih nyaman.

Jarak antara kepala dengan bagian atap mobil pun perlu diperhatikan. Jika jaraknya ideal, maka posisi duduk tidak membungkuk, sehingga dalam perjalanan jauh ataupun terjebak macet, penumpang tetap nyaman.

Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ataupun Sport Utility Vehicle (SUV) adalah jenis yang bisa menjadi pilihan. Contohnya adalah Daihatsu Sigra. Mobil berjenis MPV ini tergolong premium, tetapi harganya cukup terjangkau. Pilihan lainnya adalah Toyota Avanza, dan Mitsubishi Xpander

2. Kapasitas Penumpang

Untuk mobil yang sekiranya tidak mengangkut jumlah penumpang banyak, tentu tidak menjadi masalah. Namun, apabila anggota keluarga cukup banyak, perlu mempertimbangkan untuk memilih mobil dengan kapasitas penumpang lebih.

Hal ini juga berpengaruh jika mobilitas tinggi, karena penumpang menjadi tidak nyaman jika berdesakan.

Mobil untuk mobilitas tinggi apalagi jika digunakan untuk kendaraan keluarga maupun tim kerja, setidaknya memiliki kapasitas tujuh seat. Jumlah ini cukup ideal untuk digunakan sebagai mobil berpenumpang.

Dengan adanya kapasitas yang cukup, kabin akan terasa lebih lega dan semua penumpang merasa nyaman saat di perjalanana.

3.  Dilengkapi Sistem Keamanan Berkendara Yang Memadai

mobil untuk mobilitas tinggi

Kriteria lain dalam memilih mobil untuk mobilitas tinggi adalah adanya sistem keamanan berkendara yang memadai. Dengan demikian, pengendara dapat melakukan perjalanan dengan rasa nyaman dan terjamin keselamatannya. Apalagi jika lebih sering berada di jalan raya, tentunya keamanan sangat diperlukan.

Sistem keamanan yang perlu menjadi perhatian utama adalah pengereman, sabuk pengaman, hand break, dan airbag. Contoh sistem keamanan berkendara yang tinggi tampak pada Toyota New Alphard. Penyematan fitur Pre-Collision System (PCS) pada kendaraan ini membuat pengendara terlindung saat berkendara. Sebab, sistem ini memberikan peringatan terhadap potensi terjadinya benturan.

Cara kerja sistem ini adalah mengaktifkan radar, sehingga dapat mendeteksi dan mengingatkan melalui audio dan visual, jika dideteksi adanya potensi tabrakan. Selain itu, fitur ini memungkinkan kendaraan mengurangi kecepatannya secara otomatis utuk mengurangi risiko.

4. Kualitas Mesin Tangguh

Mobilitas tinggi menuntut kendaraan harus selalu siap digunakan setiap waktu. Oleh sebab itu, perlu memilih kriteria mobil untuk mobilitas tinggi dengan kualitas mesin tangguh.

Pilihan kepada mobil bermesin diesel dapat menjadi pertimbangan. Pasalnya mesin diesel cenderung lebih tangguh di segala medan, sehingga dapat mendukung perjalanan di area apa pun.

Jika aktivitas berkendara lebih banyak dilakukan di medan offroad, pilihan jenis mobil seperti Toyota Land Cruiser, Hyundai Palisade, dan Kia Sedona, bisa menjadi pilihan. Ketiganya memiliki kubikasi mesin cukup tinggi. Jadi, dalam tingkat penggunaan jarak jauh, mobil-mobil tersebut cukup memadai.

Selain tangguh, pastikan mesin kendaraan tidak bising saat digunakan. Sebab, mesin yang bising akan membuat perjalanan menjadi melelahkan dan membuat penat.

Selain itu, suspensi kendaraan juga penting. Jika suspensi kurang bagus, kendaraan akan mudah mengalami guncangan pada kondisi jalan kurang baik. hal tersebut menjadi salah satu kriteria memilih mobil untuk mobilitas tinggi.

5. Adanya Fitur Hiburan Dalam Kendaraan

mobil untuk mobilitas tinggi

Kondisi perjalanan jauh, maupun saat terjadinya macet, menyebabkan seseorang harus berada di kendaraan dalam waktu cukup lama. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, tentu saja kebosanan akan muncul dan membuat perjalanan menjadi terasa melelahkan. Itulah sebabnya, perlu mempertimbangkan untuk memilih mobil yang memiliki fitur hiburan bagi penumpangnya.

 

Kebanyakan mobil bertipe MPV maupun SUV sudah memiliki tambahan fitur hiburan yang tertanam dan terintegrasi. Adanya MP3/CD player, USB connector, maupun radio, dapat menjadi hiburan bagi penumpang saat melakukan perjalanan. Speaker system yang bagus juga penting, sehingga penumpang dapat menikmati lagu favorit dengan kualitas audio optimal selama perjalanan.

6. Fitur Tambahan Pada Kabin

Mobilitas yang tinggi membuat banyak orang menganggap mobil sebagai rumah kedua. Artinya, kenyamanan dan detail yang memenuhi kebutuhan perlu ada untuk melengkapi kendaraan.

Desain interior yang menarik dengan warna teduh dan memberi efek lapang akan membuat penumpang lebih merasa kerasan saat berada di dalam mobil.

Kriteria mobil untuk mobilitas tinggi selanjutnya adalah model jok mobil yang ergonomis, sesuai dengan lekuk dan posisi tubuh. Selain itu, fitur tambahan lain yang perlu ada, yaitu USB port untuk pengisian daya smartphone. Bahkan, fitur sederhana seperti cup holder dan arm rest, dapat menjadi nilai plus penambah kenyamanan berkendara.

Contoh nyata tampak pada Volk Wagen Tiguan. Pada tempat duduk baris kedua SUV ini, terdapat meja lipat yang dapat digunakan untuk mendukung penumpang melakukan pekerjaannnya saat perjalanan. Selain itu, penumpang pada kursi baris kedua dapat mengakses bagasi tanpa harus keluar mobil terlebih dahulu. Tentunya ini praktis jika saat di perjalanan ada barang di bagasi yang harus diambil.

7. Hemat Bahan Bakar dan Perawatan Mudah

mobil untuk mobilitas tinggi

Hal yang tak boleh dilewatkan saat memilih mobil untuk mobilitas tinggi adalah penggunaan bahan bakar dan perawatannya. Perjalanan yang jauh dan sering dilakukan, membuat konsumsi bahan bakar harus diperhitungkan. Mobil-mobil dengan mesin yang irit bahan bakar, tentunya menjadi pilihan utama.

Contoh mobil irit bahan bakar adalah Suzuki Celerio yang diklaim mampu melaju dengan jarak 28 km per liter. Jenis mobil city car ini jelas bisa menjadi pilihan untuk kendaraan yang sering digunakan. Dengan demikian, biaya perjalanan yang sering dilakukan juga menjadi lebih hemat.

Selain hemat bahan bakar, mobil untuk mobilitas tinggi sebaiknya juga mudah dalam perawatannya. Hal ini untuk menghindari mobil rewel atau mogok di tengah perjalanan, yang dapat menghambat mobilitas. Umumnya, mobil yang dibandrol dengan harga tinggi, perawatannya justru relatif lebih mudah. Hal ini disebabkan kualitas komponen yang digunakan juga baik.

Baca Juga : Daftar Harga Dan Spesifikasi Mobil Perkotaan Paling Laris 2020-2021

Dari daftar kriteria mobil untuk mobilitas tinggi tersebut di atas, tentunya muncul beberapa pilihan merk dan tipe yang dapat dipilih. Memilih dengan cermat sambil mempertimbangkan beberapa hal terkait harga dan lainnya, akan membantu dalam menentukan pilihan paling tepat. Bijak dalam memilih akan menghindarkan kemungkinan salah pilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here