Berikut Macam dan Jenis Modifikasi Mobil Ngehits 2021

0
738
Modifikasi Mobil Ngehits

Setiap pemilik mobil tentu memendam hasrat untuk melakukan modifikasi pada kendaraan kesayangannya, terutama bagi pecinta otomotif. Sayang, selain soal biaya yang besar, masih banyak orang yang belum memahami tentang jenis modifikasi mobil ngehits 2021.

Baca Juga : 5 Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia Terbaru 2021

Ini penting, karena setiap tahun selalu ada tema atau ciri khas modifikasi yang disesuaikan dengan minat pasar. Oleh karena itu, agar tidak terlihat kuno atau ketinggalan zaman, baiknya carilah informasi terlebih dahulu mengenai tren terbaru sebelum memodifikasi.

Apa Jenis Modifikasi Mobil Ngehits 2021?

Modifikasi Mobil Ngehits

Jika berjalan sesuai rencana, maka ajang pameran jenis modifikasi mobil ngehits 2021 akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang. Direktur proyek Indonesia Mobile Exchange atau IMF, Andre Mulyadi, mengatakan jika tahun ini akan fokus pada penggunaan harian.

Hal ini lebih dikarenakan efek pandemi yang belum benar-benar hilang, sehingga orang lebih tertarik pada tema daily use. Menurut prediksinya, gaya Elegan dan JDM akan tetap menjadi primadona. Sebab, mobil bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari serta proses modifikasi yang tidak terlalu rumit.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan dari salah seorang pebisnis bodykit, Kiki Anugraha. Ia mengatakan, bahwa pesananannya tahun ini justru meningkat, baik permintaan di dalam maupun luar negeri. Menurutnya, orang lebih senang melakukan modifikasi sendiri.

Selain untuk mengisi waktu selama work from home, keputusan ini juga bisa menghemat biaya modifikasi yang lumayan besar. Lantas, seperti apa jenis modifikasi mobil ngehits 2021? Ikuti acara tahunan ini yang akan diadakan secara virtual di 3 kota besar, yakni Pekanbaru, Makassar, serta Bali.

Mengenal Jenis Modifikasi Mobil Ngehits 2021: JDM

Modifikasi Mobil Ngehits

Seperti yang disinggung di atas, aliran JDM diprediksi akan booming pada tahun ini. Aliran ini sebenarnya bukan hal baru dalam dunia otomotif, tetapi terus bertahan berkat konsep yang diusung. Mari mengenal lebih dekat jenis modifikasi mobil ngehits 2021 berikut ini:

Asal Usul JDM

JDM merupakan singkatan dari Japanese Dosmetic Market, yakni pasar otomotif lokal di negara Jepang yang memasarkan produk sendiri. Pasar ini memperoleh perhatian lebih dari negara-negara dunia berkat kekonsistenan dan jiwa nasionalismenya yang tinggi. Wajar, jika masuk sebagai jenis modifikasi mobil ngehits 2021.

Kini JDM lebih dikenal sebagai salah satu aliran modifikasi mobil yang menggunakan ‘atribut’ dari Jepang. Namun, komponen tersebut memang benar-benar asli dari Jepang, bukan imitasi, replika, tiruan, ataupun yang biasa disebut KW.

Aliran Modifikasi Ala JDM

Jika dilihat dari sedikit ulasan di atas, maka tidaklah mudah untuk mewujudkan modifikasi ala JDM. Sebab, mencari komponen yang original cukup sulit, lho. Hal inilah yang lantas melatarbelakangi pembagian aliran JDM, yakni:

  1. Pure JDM, yakni semua komponen yang dilekatkan saat proses modifikasi merupakan produk original buatan Jepang.
  2. JDM Style, yakni proses modifikasi di mana komponennya tidak semua asli Jepang.

Ciri Khas Mobil Asli JDM

Modifikasi Mobil Ngehits

Seiring dengan perkembangan zaman, aliran pure JDM kurang begitu diminati, karena sulitnya mencari komponen original. Sebaliknya, JDM style lebih booming karena dinilai lebih friendly, sehingga lebih banyak diadopsi anak muda. Berikut ini adalah beberapa ciri khas dari jenis modifikasi mobil ngehits 2021 asli aliran JDM:

a. Body

Aliran JDM biasanya mengusung warna putih sebagai warna dasar bagian body mobil, lalu dipadukan dengan warna karbon di beberapa tempat. Adapun fungsi warna karbon itu sendiri, yakni untuk memberikan kesan mewah dan mahal.

Cat dasar boleh menggunakan warna lain, asalkan hanya satu warna saja dan solid. Namun, untuk tahun 2021 ini konon yang akan menjadi tren adalah warna charcoal grey atau carbon grey. Sebab, warna ini dinilai mampu menghidupkan kesan mewah serta sporty.

b. Velg

Untuk menguatkan kesan mewah pada body, bagian velg biasanya menggunakan warna-warna kontras, seperti hitam, emas, ataupun karbon. Namun, biasanya orang-orang lebih menyukai warna bronze atau keemasan, karena kesan yang dihasilkan lebih kuat.

c. Stiker

Ciri khas lain dari jenis modifikasi mobil ngehits 2021 ini, yakni stiker yang menghiasi mobil. Keberadaan hiasan ini menjadi pendukung karakter yang cukup kuat, sehingga mobil terlihat berbeda dari yang lain. Sementara JDM asli sendiri, memiliki dua stiker khusus, yaitu:

  • Wakaba (perpaduan hijau dan kuning) sebagai tanda pengemudi baru.
  • Koreisha (perpaduan kuning dan orange) sebagai tanda pengemudi senior.

Tahap Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil Ngehits

Pemilihan jenis modifikasi mobil ngehits 2021 tidak hanya sekadar ajang untuk pamer kemampuan atau hobi belaka, tetapi juga merepresentasikan diri sang pemilik.

Sebab, proses modifikasi tentu berdasarkan minat atau keingininan si pemilik mobil. Nah, berikut adalah tahap modifikasi yang bisa dicontek:

a. Short Shifter

Keberadaan short shifter memang tidak meningkatkan kinerja mobil secara langsung. Namun, perangkat tersebut bisa memberikan kenyamanan dalam berkendara. Fungsi dari short shifter sendiri, yakni mengurangi sudut perpindahan poros persneling.

b. Body Kit

Instalasi body kit akan mengubah penampilan eksterior mobil, sekaligus meningkatkan kemampuan aerodinamisnya. Cara ini paling sering diterapkan oleh pemilik mobil kecil sekelas sedan, karena efek pemasangan lebih terasa. Sementara pada mobil body besar, hanya berfungsi sebagai aksesoris saja.

c. Cold Air Intake

Sedikit berbeda dengan short shifter, efek pemasangan cold air intake ke performa mesin lebih terasa. Sebab, perangkat tersebut akan membantu mesin dalam proses pendinginan, sehingga mesin tidak terlalu panas. Secara tidak langsung, hal ini juga berpengaruh dalam memperpanjang usia mesin.

d. Velg

Melakukan penggantian velg merupakan langkah modifikasi paling simpel untuk dilakukan dan mendominasi di jenis modifikasi mobil ngehits 2021.

Pemilik mobil bisa memilih velg dengan ukuran, warna, maupun desain sesuai keinginan. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan barang aftermarket pun terbilang cukup beragam.

e. Wrapping atau Stiker

Pengaplikasian stiker atau wrapping menjadi modifikasi paling sering dilakukan oleh pemilik mobil. Hal tersebut sebagai langkah mengubah warna atau tampilan mobil, tetapi dengan budget yang jauh lebih murah. Selain itu, saat bosan dan ingin ganti warna lagi pun lebih simple.

f. Modifikasi Interior

Ada banyak bagian dari interior mobil yang bisa dimodifikasi, seperti jok, fitur entertainment, dan lain-lain. Memang, anggaran yang harus dikeluarkan pun jauh lebih besar, tetapi sesuai dengan harapan. Jika belum memiliki modal yang cukup, modifikasi bagian interior mobil bisa dilakukan secara mencicil.

g. Instalasi Cat-back Exhaust System pada Knalpot

Knalpot adalah bagian mobil yang bertugas untuk mengeluarkan gas buang dari sisa pembakaran. Sementara tujuan dari pemasangan cat-back exhaust system ini, yakni untuk membuat mobil lebih ramah lingkungan. Sebab, emisi dari gas buang yang dikeluarkan sudah jauh berkurang.

h. Modifikasi ECU Tuning

ECU atau electronic control unit bisa diibaratkan seperti otak atau prosesor di dalam mobil. Modifikasi ECU tuning artinya melakukan penginstalan ulang software atau program pada komponen tersebut, sehingga performa mesin mobil bisa meningkat.

Baca Juga : Daftar Info Mobil Terbaru 2021 Diluncurkan Mulai Maret

Demikian ulasan mengenai jenis modifikasi mobil ngehits 2021 beserta tahap modifikasi yang bisa dilakukan. Pastikan modifikasi yang dilakukan sesuai dengan karaktermu, agar terkesan lebih menyatu. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang dengan mobil kesayangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here