Jajaran Mobil Matic Paling Irit Penguasa Jalanan

0
997
thumb mobil matic irit - mobil matic paling irit

Bagi beberapa orang, mobil menjadi kebutuhan penting yang harus ada. Bahkan di kota-kota besar sudah banyak orang memilikinya. Namun, sesuai perkembangan zaman, mobil matic mulai diminati sehingga banyak orang berlomba-lomba mencari mobil matic paling irit di pasaran.

Apakah kamu salah satu di antaranya? Tentu saja bagi sebagian pemilik mobil, sebuah BBM menjadi pertimbangan penting terutama bagi yang suka perjalanan jauh.

Baca Juga : Adu Irit Mobil MPV Indonesia, Manakah yang Paling Hemat BBM?

Tak hanya irit BBM, harga beli mobil juga menjadi pertimbangan karena bisa mengirit pengeluaran dan pastinya untuk pajak di setiap tahunnya. Mobil matic adalah yang saat ini digemari karena mudah untuk digunakan, dimana kamu tidak perlu pusing mengatur kopling atau mengganti gigi mesinnya.

Daftar Mobil Matic Paling Irit BBM

Memang dari segi harga mobil matic lebih mahal dibandingkan mobil manual. Namun, hal tersebut ditutupi dengan praktisnya penggunaan pengemudi sehingga masih banyak yang membelinya.

Terdapat seri mobil matic yang murah seperti seri city car, MPV, atau SUV. Sedangkan jika ingin membeli yang di atasnya biasanya 200 jutaan, maka bisa memilih seri coupe, convertible, maupun hatchback. Akan kami berikan beberapa daftar mobil matic murah serta irit BBM saat digunakan, yaitu:

1. Mobil Kia Picanto

picanto

KIA merupakan merk keluaran Jepang yang termasuk dalam kategori hemat bahan bakar, sehingga orang Indonesia tertarik menggunakannya. Untuk harganya sendiri dipatok sekitar Rp. 171.000.000. Memang sedikit mahal, namun setara dengan laju pacunya di jalanan.

Mesin yang terdapat di dalamnya merupakan tipe Kappa 1.2 MPI Engine Dual CVVT DOHC dengan kapasitasnya yang setara 2 liter serta silindernya berkapasitas 1.200 cc. Mobil Kia sudah dilengkapi dengan keamanan, seperti seatbelt, airbags dual, ABS+EBD, Central Door Lock, Back Sensor, serta Key Remote Entry.

Mobil ini memiliki keunggulan seperti dilengkapi dengan fitur eco model, sehingga bisa memberikan informasi kepada pengguna untuk penggunaan BBMnya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui bahwa mobil keluaran Jepang ini memang efisien dalam mengeluarkan bahan bakar.

Dari beberapa percobaan, maka bisa disimpulkan bahwa mobil ini bisa berjalan sejauh 19 km hanya dengan bermodal BBM 1 liter saja (19 km/liter).

2. Mobil Toyota Agya

agya

Sangat banyak, jika kamu coba lihat di jalanan untuk merk mobil Toyota ini yaitu seri Agya yang murah serta irit BBM. Berjalanlah sejauh 19,3 km, maka kamu hanya perlu mengeluarkan 1 liter saja, menarik kan?

Hal tersebut bisa saja terjadi karena mobil ini memiliki tipe 1KR DOHC 12 Valve menggunakan teknologi Electronic Full Injection, sehingga secara otomatis bisa mengefisiensikan penggunaan bahan bakar.

Mobil ini bahkan bisa menghasilkan power sebesar 6.000 rpm dengan torsi 3.600 rpm serta kapasitas pada silindernya yaitu 98 cc. Menjadi mobil yang banyak diminati juga terbukti karena telah dilakukan uji kelayakan oleh ASEAN NCAP dengan nilai positif yaitu 4 dari 5 kategori baik.

Beberapa fitur-fitur canggih juga dimasukkan dalam sistem mobil ini yaitu SRS Airbags, Audio DIN (tipe E dan G), ISPFIX, serta electric mirror. Untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau, karena dibanderol dengan harga Rp. 109.000.000,- hingga Rp. 132.000.000,-.

3. Daihatsu Ayla

 

Diminati banyak orang karena merupakan mobil termurah hanya dengan Rp. 84.000.000,- hingga Rp. 120.000.000,- saja. Tak hanya itu, mobil termurah ini pastinya juga hemat bahan bakar.

Murah bukan berarti mesin yang digunakan abal-abal karena mesinnya diberikan dengan tipe D26F 1KR-DE yang memiliki 3 silinder. Dengan begitu, maka mobil ini bisa menghasilkan tenaga setara 6.000 rpm dengan torsi hingga 3.600 rpm.

Bisa dikatakan hemat bahan bakar karena juga memiliki kapasitas mesin 998 cc. Mobil Ayla ini bisa berjalan sekitar 19,5 km dengan menggunakan bahan bakar 1 liter saja. Selain itu, kabinnya bisa dibilang cukup luas karena bisa mengangkut 5 penumpang.

4. Mobil Datsun Go+

Mobil dari perusahaan Nissan yaitu Datsun diluncurkan dengan mendukung LCGC atau Low Cost Green Car. Green Car ini merupakan mobil dengan kemampuan mesin yang tangguh serta  irit BBM.

Mesin yang digunakannya bertipe Petrol Engine dengan kapasitas silindernya 1198 cc dan terdapat 3 silinder. Tampilannya sangat sporty dan trendy yang menjadi keunggulannya visualnya. Hal tersebut dibuktikan dengan terjualnya produk lebih dari 100.000 unit terjual.

Harganya bisa dibilang bersahabat dengan kantong kamu, dimana dengan harga Rp. 85.000.000,- sampai Rp. 105.000.000,- saja, maka sudah bisa mendapatkan Green Car dari Nissan ini.

Selain murah, juga hemat bahan bakar karena dengan bahan bakar 1 liter saja sudah bisa mencapai perjalanan hingga 19,7 km jauhnya.

5. Mobil Suzuki Karimun Wagon R GS

Mobil keluaran Suzuki yaitu Karimun ini memiliki performa dengan dukungan mesin powerfull berjenis K10B dengan teknologi DOHC. Tak hanya itu, hal tersebut juga karena mobil kecil ini memiliki auto gear shift transmission (AGS).

Untuk performa mobil ini bisa mencapai 68 PS terhadap 6.200 rpm yang telah dilengkapi dengan teknologi multi-point fuel injection, sehingga pembakarannya sempurna yang dapat menghemat penggunaan BBM untuk mobil ini.

Karimun bisa menempuh jarak 20,7 km hanya dengan bahan bakar sebanyak 1 liter saja. Sayangnya, jika untuk perjalanan di kota dan terjadi macet, maka bisa saja lebih boros. Kamu tak perlu khawatir karena keamanannya dilengkapi dengan airbags serta fitur Child Proof Door Lock.

Untuk harga mobil ini tak usah diragukan lagi, dengan harga murah namun kamu sudah bisa membawa pulang mobil matic paling irit yaitu dengan harga Rp. 98.400.000,- saja.

6. Mobil Nissan March

Lagi-lagi keluaran oleh Nissan untuk mobil matic yang irit, saat ini dengan tipe march yang dibanderol dengan harga Rp. 149.000.000 sampai dengan Rp. 190.000.000,-. Memang harganya cukup mahal, namun pastinya kamu akan mendapatkan keunggulan tersendiri.

Mobil ini berjenis hatchback yang telah dilengkapi dengan tipe mesin HR15DE yang memiliki kapasitas silinder 1198 cc. Tak hanya itu, keunggulan lainnya mobil ini memiliki teknologi Continuously Variable-Valve Timing Control (CVTC) yang dapat menghemat bahan bakar mobil.

Pemakaian bahan bakarnya sendiri untuk 1 liter, maka bisa digunakan perjalanan hingga 21 km. Nissan March diluncurkan dengan dua kapasitas mesin berbeda yaitu 1,2 L dan 1,5 L, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini.

7. Honda Brio

brio bekas - mobil matic bekas termurah

Kecil-kecil cabe rawit untuk mobil keluaran Honda yaitu Brio. Sangat banyak orang yang menggunakannya karena memiliki penghargaan LCGC (Low Cost Green Car) yaitu mobil murah yang bersahabat dengan lingkungan.

Teknologi yang dibawanya yaitu PGM-FI yang dapat mengirit bahan bakar mobil kamu serta memiliki performa mesin sangat powerfull. Tipe mesinnya yaitu 1,2L SOHC 16 katupnya i-VTEC+DBW, sehingga bisa menghasilkan 90pS dengan putaran mesin 6.000 rpm.

Honda Brio ini mampu menempuh 21,2 km hanya dengan bahan bakar 1 liter saja yang mana dibanderol dengan harga Rp. 115.000.000,- hingga Rp. 125.000.000,- di pasaran.

8. Mitsubishi Mirage

Untuk selanjutnya keluaran dari Mitsubishi yang dikenal dengan Mirage dengan body kokoh serta kuat yang terbuat dari material unggul. Mobil hemat bahan bakar ini dibekali dengan mesin teknologi tinggi yaitu DOHC MIVEC mencapai 1.193 cc.

Fitur yang dimilikinya yaitu ECI-MPI (Electronic Control Injection Multi Point Injection), sehingga mampu menempuh perjalanan dengan jarak 22,4 km hanya dengan bahan bakar 1 liter saja di jalanan tanpa macet.

Kapasitas mesin yang besar pada mobil mungil yaitu hingga 1.200 cc yang bisa memberikan pilihan untuk mengubah kecepatannya menjadi 100 km/jam. Untuk mobil kualitas juara ini maka kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 156.000.000,- sampai dengan Rp. 180.000.000,-.

9. Suzuki Celerio M/T

Celerio M/T keluaran Suzuki yang dibuat untuk khusus mobil hemat bahan bakar. Desainnya sangat mungil sehingga sangat efektif untuk penghematan bahan bakar. Performanya didukung dengan mesin kualitas terbaik dan terdapat pada dapur pacu mobil sehingga bahan bakar yang dikeluarkan sedikit.

Untuk kenyamanan kamu berkendara, maka mobil ini dilengkapi dengan keamanan standar internasional yang memiliki airbags pada kabin. Untuk kecepatannya sendiri yaitu 27,9 km hanya dengan modal bahan bakar 1 liter saja. Nah, mobil ini dibanderol dengan harga Rp. 154.500.000,-.

Baca Juga : Kamu Perlu Tahu! Ciri dan Gejala Kerusakan Pada Mobil Matic, Cegah Agar Tetap Memberikan Rasa Nyaman Saat Berkendara!

Dari beberapa daftar mobil matic paling irit di atas, maka kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Pastikan untuk menjatuhkan hati pada pilihan yang tepat agar tidak menyesal nantinya.Kira-kira dari daftar di atas, mana nih pilihan terbaik kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here