Fakta Mobil Pemadam Kebakaran Yang Bisa di Pelajari

0
490
mobil pemadam kebakaran

Mendengar mobil pemadam kebakaran, yang terlindas di otak adalah sirine kondisi bahaya seperti halnya suara ambulan. Hal tersebut benar adanya, jika mobil ini akan datang karena panggilan darurat dari masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk menjinakan Si Jago Merah.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Mobil paling Irit Masa Kini Yang Bagus

Api yang semakin membesar membutuhkan perlakuan khusus agar api tersebut bisa segera padam. Mendapati hal tersebut, masyarakat harus segera menghubungi pihak pemadam kebakaran yang ada di masing-masing kota atau daerah agar segera datang. Berdasarkan laporan, maka petugas pemadam akan segera datang.

Secara tidak langsung tim pemadam kebakaran akan segera datang ke tempat lokasi kejadian secepat mungkin. Agar sampai di tempat lokasi kejadian dengan cepat, maka sirine dinyalakan dengan harapan di perjalanan orang mengetahui adanya kondisi bahaya yang membutuhkan penanganan segera.

Memberikan jalan bebas hambatan saat di perjalanan harus orang lakukan saat mendengar sirine mobil pemadam kebakaran atau ambulan sedang melintas. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian dan sikap mendahulukan kepentingan orang lain dalam kondisi bahaya.

Seberapapun macet kondisi jalan harus diupayakan agar dapat membuka jalan dan memberikan jalanan yang lapang. Bahkan saat di perlintasan lampu lalu lintas dalam kondisi lampu merah. Secara khusus mobil pemadam kebakaran dan ambulan diperbolehkan untuk menerobosnya, dikarenakan dalam kondisi darurat.

Agar masyarakat mengetahui fungsi dan manfaat adanya mobil pemadam kebakaran, maka perlu adanya edukasi terkait hal tersebut. Jika telah memahaminya maka dapat lebih menghargai akan keberadaannya. Saat bertemu di jalan akan lebih menghargai hakikat kerja mobil besar satu ini dalam membantu masyarakat.

Fakta Seputar Mobil Pemadam Kebakaran

mobil pemadam kebakaran

Sebagian orang belum memahami mobil pemadam kebakaran terkait fakta dibalik adanya kendaraan ini. Secara spesifik akan ada penjelasan agar dapat membayangkan kinerja para tim pemadam kebakaran saat bertugas. Dengan begitu dapat saling bersinergi dengan masyarakat.

Mobil yang secara khusus dirancang untuk mengendalikan api mempunyai alat pengendali api yang secara khusus mampu mendeteksi adanya kebakaran dan alat untuk memadamkan api. Baik fire truck atau mobil roda empat memiliki alat tersebut.

Sistem kerja mobil pemadam kebakaran dengan rangkaian beberapa sistem yang digunakan. Secara garis besar sistem tersebut terdiri dari engine dan chassis. Selain itu juga power dan power take off (PTO). Nantinya kedua hal tersebut akan disatukan menjadi sistem mekanik elektrik, perpipaan, dan konstruksi bodi yang utuh sehingga membentuk mobil penyelamat.

Jenis mobil para petugas pemadam kebakaran tidak hanya satu, namun terdapat beberapa jenis mobil yang digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut ulasan terkait jenis-jenis mobil pemadam kebakaran beserta fungsinya yang ada di Indonesia saat ini.

1. Foam Tender Truck

Mobil yang mampu memadamkan api ini salah satu jenisnya berfungsi untuk menyemrotkan busa atau sabun. Adanya busa atau sabun berguna untuk mengurangi kobaran api agar tidak cepat menjalar ke titik yang lain.

2. Pump Truck

Mobil roda empat ini ikut ambil bagian dalam kinerja tim pemadam kebakaran. Mobil ini fungsinya untuk mengambil air terdekat dengan lokasi kebakaran. Mobil ini biasa disebut dengan pump truck. Mobil roda empat cenderung lebih mudah bergerak untuk mencari sumber air yang nantinya akan digunakan jika dibutuhkan.

3. Dry Chemical Tender

Mobil pemadam kebakaran jenis tepung kimia. Mobil ini secara khusus membawa sejenis tepung yang telah dirancang dengan bahan khusus mempercepat api untuk padam. Dry chemical bahan pemadam selain air dan sabun yang efektif digunakan secara aman.

4. Multi Agent Fire Tender

Mobil pemadam jenis ini mampu meredamkan api dengan cara kinerja ganda, yakni mampu menyemprotkan air, busa, atau dry chemical secara bersamaan. Mobil jenis ini efektif digunakan karena mempercepat kinerja dalam memadamkan api karena dalam satu mobil memiliki banyak fungsi.

5. Turntable Tender And Snorkle

Mobil pemadam kebakaran jenis ini dinamakan turntable tender and snorkel. Untuk jenis ini umumnya digunakan di titik kebakaran yang terjadi di lokasi yang tinggi. Seperti kebakaran di apartemen tingkat tinggi dan lain-lain. Ukuran mobil ini lebih besar dibanding jenis mobil pemadam yang lainnya.

Lima jenis mobil pemadam kebakaran di atas umumnya dimiliki di setiap wilayah di Indonesia sebagai pentuk penyelamatan darurat dari api yang berkobar. Adanya mobil pemadam ini sangat membantu untuk menangani api dengan cepat dan aman.

Api yang terus berkobar jika terlambat penanganan dapat merambat ke titik yang lain. Tentu korban akan semakin banyak terjadi. Jika kebakaran terjadi dan tidak mampu menangani, maka upaya memanggil petugas pemadam sebagai langkah jitu untuk mengatasinya.

Lima Alat Harus Ada Pada Mobil Pemadam Kebakaran

mobil pemadam kebakaran

Mobil pemadam akan datang jika ada laporan dari masyarakat disertai tim yang telah bertugas dan juga alat-alat yang akan selalu mereka bawa dalam bertugas. Mobil pemadam akan datang sepaket dengan alat-alat khusus yang akan bekerja menjadi sebuah sistem.

Jika satu alat dihilangkan, maka kinerja para tim pemadam akan kurang maksimal dalam memadamkan api. Dalam hal ini bukan berarti semua alat dibawa, akan tetapi peralatan yang menunjang kerja sesuai dengan kegunaan dan efektivitas akan selalu dibawa.

Penting untuk mengetahui terkait alat-alat tersebut, dalam hal ini sebagai wawasan dan jika memungkinkan dapat digunakan di tempat-tempat umum sebagai bentuk peralatan pencegahan dari adanya kebakaran. Berikut alat-alat yang harus ada dalam mobil pemadam.

1. Selang Pemadam Kebakaran

Selang pemadam kebakaran salah satu alat yang harus ada disetiap tindakan penyelamatan. Selang pemadam kebakaran sering juga disebut dengan hose. Selang ini digunakan agar air mampu menjangkau jangkauan titik kebakaran agar semprotan dapat tepat sasaran.

Pada umumnya dapat ditemukan pada kotak hydrant. Jika tidak terdapat hose pada mobil pemadam kebakaran maka kuantitas air yang dapat disemprotkan tidak terlalu besar. Dalam hal ini fungsi selang pemadam cukup penting agar kobaran api segera bisa diatasi dengan cepat dan aman.

2. Fire Nozzle

Fire nozzle biasa disebut dengan pengarah air. Alat ini memiliki tekanan yang berasal dari tangki air dan pipa yang ada pada mobil pemadam. Tempat alat ini ada pada ujung bagian mobil pemadam kebakaran agar mudah digunakan saat kondisi darurat.

Penggunaan nozzle disesuaikan dengan jenis api yang akan dihadapi. Karena fungsinya untuk menutup bagian shut off atau katup penutup yang fungsinya untuk mengontrol setiap air yang keluar.

3. Kampak Pemadam Kebakaran

Kampak pemadam kebakaran salah satu alat yang harus ada. Kampak ini biasa disebut dengan fire axe. Kampak ini berfungsi untuk menjebol pintu atau bangunan saat kondisi darurat yang harus segera membutuhkan pertolongan. Terlebih jika ada korban yang terjebak di antara kobaran api.

Pada saat kondisi darurat, kampak ini bisa digunakan sebagai upaya penyelamatan diri. Sehingga akan mudah kita temui pula kampak ini di tempat fasilitas umum, sebagai bentuk pencegahan dini. Kampak ini tidak terlalu besar maupun kecil, sehingga mudah digunakan oleh siapapun yang memakainya.

4. Fire Helmet

Fire helmet adalah helm khusus yang selalu digunakan oleh tim pemadam kebakaran saat bertugas. Helm ini dirancang secara khusus mampu melindungi kepala penggunanya dari cipratan api. Sehingga menjadi bagian dari seragam yang harus dikenakan para petugas pemadam kebakaran.

Bahan yang digunakan helm ini terbuat dari bahan yang tahan dari api. Dengan begitu para tim petugas akan selalu memakainya dan dapat fokus untuk melakukan upaya penyelamatan dengan cepat dan aman diatas

5. Baju Tahan Panas Fire Fly

Baju yang dikenakan oleh para tim petugas pemadam kebakaran bukan sembarang baju. Baju tersebut dirancang secara khusus dari bahan yang mampu menahan panas.

Baju tahan panas fire fly mampu melindungi keselamatan para petugas pemadam, selain itu adanya baju tersebut sebagai bentuk antisipasi dan meminimalisis terjadinya kecelakaan. Selain digunakan oleh para tim petugas kebakaran. Baju ini juga dapat digunakan untuk mengevakuasi korban yang sedang terjebak kobaran api.

Profesi tim pemadam kebakaran salah satu profesi yang menantang maut. Namun seiring berjalannya waktu akan terasa menyenangkan. Api yang berkorbar akan menjadi sahabat setiap waktu dan harus tetap waspada dalam bertugas.

Baca Juga : Mobil Offroad Murah Keunggulan dan Kelemahannya

Banyak hal yang berkaitan dengan mobil pemadam kebakaran akan selalu menarik untuk disimak. Mobil kebakaran ternyata banyak jenis mobilnya sesuai kegunaan masing-masing alat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Terutama pada saat kondisi darurat segera hubungi nomer pemadam kebakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here