10 Fakta Dampak Membeli Mobil Bekas Rental Harus Teliti – saat ini keberadaan mobil didunia sudah sangat banyak. Semakin hari para produsen mobil semakin gencar mengeluarkan jenis yang lebih canggih dan bagus. Para konsumen pun semakin tertarik untuk membeli, termasuk mobil rental.

Baca Juga : Seluk Beluk Sepeda Motor Listrik 2021, Di Indonesia

Anda harus mengetahui fakta-fakta dari dampak membeli mobil bekas rental, yaitu:

membeli mobil bekas rental

Dampak Membeli Mobil Bekas Rental Dari Segi Positifnya

membeli mobil bekas rental

Saat membeli kendaraan dalam kondisi bekas, tentu memiliki beberapa kekurangan maupun kelebihannya. Namun tidak semua mobil bekas memiliki kualitas yang buruk.

Banyak orang diantaranya yang memutuskan untuk menjual mobil karena ingin mengganti dengan kendaraan jenis keluaran terbaru.

Mobil bekas yang sedang tidak digunakan lagi oleh pemiliknya kini banyak dialihfungsikan menjadi mobil rental. Hal tersebut dinilai menguntungkan, dibandingkan hanya disimpan dan tidak dirawat. Selain mendatangkan uang, kondisi kendaraan akan tetap baik karena selalu diperhatikan.

Jika Anda adalah salah satu orang yang berminat untuk membeli mobil tersebut, tentu harus selektif dalam memilih. Pahami dengan baik apa saja dampak membeli mobil bekas rental yang kemungkinan diterima. Untuk dampak positif, calon pembeli tentu akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini.

  1. Harga Yang Relatif Murah

Sebagian besar seserang yang hendak membeli suatu barang, terlebih dahulu mengecek sebuah harga. Nah, dampak membeli mobil bekas rental yang positif adalah harga yang relatif murah. Hal ini tentu menguntungkan pembeli secara langsung karena tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Berbeda dengan kendaraan baru, tentu akan membutuhkan uang yang cukup banyak jika ingin memilikinya. Secara umum penurunan harga kendaraan khususnya mobil dapat dilihat dari kondisi terakhir. Faktor lama pemakaian, kelengkapan surat, dan kondisi mesin adalah hal penentu tingkat harga.

Semakin jauh kualitas mobil tersebut dengan seharusnya, maka harga akan semakin turun, begitupun sebaliknya. Semakin bagus kualitas kendaraan, maka perbedaan harga awal tidak akan terlalu jauh. Selain itu, kendaraan juga sudah memiliki surat-surat yang lengkap dan siap digunakan.

  1. Perawatan Yang Baik

Salah satu dampak membeli mobil bekas rental yaitu perawatan yang baik. Meskipun bukan baru, akan tetapi perawatan selalu dilakukan dengan baik dan rutin. Hal ini tentu disebabkan karena mobil selalu digunakan setiap hari. Adapun jenis perawatan pada mobil rental diantaranya:

  1. Pencucian secara rutin
  2. Pengecekan komponen mobil, terutama mesin
  3. Perawatan aki, mesin, radiator, lampu, dan ban
  4. Perawatan kabin, kaca, jok
  5. Membawa ke bengkel jika dibutuhkan
  6. Dampak membeli mobil bekas rental yaitu adanya model keluaran terbaru

Salah satu sifat yang dimiliki terkait perkembangan teknolgi adalah sering merasa kurang puas. Misalnya ia telah memiliki mobil yang dapat digunakan sehari-hari akan tetapi saat model keluaran terbaru ia jadi ingin lagi. Nah hal ini akan menjadi pemilik untuk menjual ke tempat rental dan berniat membeli yang baru.

Kondisi seperti ini akan memberikan peluang besar untuk para calon pembeli mendapatkan mobil keluaran terbaru dengan harga yang terjangkau. Dibandignkan dengan dealer, tentu membeli ditempat rental akan lebih murah. Selain itu, juga tersedia berbagai macam model yang bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Surat/Berkas Yang Lengkap

Poin ke-4 yang menjadi dampak membeli mobil bekas rental adalah surat/berkas yang dijamin lengkap. Rutinitas mobil yang digunakan setiap hari tentu mengharuskan berkas tersebut ada dan juga lengkap. Untuk itu, penyedia jasa rental pasti akan menyediakan kendaraan yang lengkap.

Dampak Buruk dari Membeli Mobil Bekas Rental

membeli mobil bekas rental

Perbedaan kondisi yang begitu jelas antara kendaraan baru dan bukan baru menyebabkan hal tersebut dapat terjadi.

Meskipun demikian, tingkat kekurangan pada kendaraan ada berbeda-beda tergantung dari lama pemakaian. Adapun dampak negatif tersebut diantaranya,

  1. Dampak membeli mobil bekas rental, Kilometer Yang Sudah Tinggi

Umumnya kekurangan atau dampak membeli mobil bekas rental yang pertama dijumpai adalah kilometer yang sudah tinggi. Hal ini tentu disebabkan karena mobil tersebut sudah banyak melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh. Amat sangat berbeda dengan mobil yang masih baru.

  1. Mobil bekas rental biasanya Kondisi Sudah Tidak Mulus

Mobil rental digunakan untuk melakukan perjalanan dengan berbagai macam kebutuhan. Tak ada batasan baik dari jarak, muatan, hingga benturan atau kejadian selama digunakan. Dari sekian banyak perjalanan, mobil tentu tidak semuanya dibawah dalam keadaan tenang dan santai.

Pengendara mobil rental biasanya berkendara keadaan buru-buru sehingga mengalami benturan atau lecet. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli, Anda harus mengecek dengan baik kondisi interior maupun eksteriornya. Lakukan negosiasi dengan penjual untuk adanya pengurangan harga.

  1. Sudah Banyak Pemakaian

Karena bukan milik pribadi, kendaraan yang dirental biasanya dipakai sembarangan. Keinginan seseorang untuk menjaga akan berkurang dan cenderung cuek. Nah yang dapat menjadi dampak membeli mobil bekas rental adalah kondisi yang sudah tidak baik akibat pemakaian yang sudah lama.

Jika tetap berminat untuk membeli, pastikan Anda sudah paham dengan baik bagaimana menilai kondisi kendaraan. Jika tidak, mintalah bantuan ahli atau teman terdekat yang paham, sehingga tidak membeli secara sembarangan. Jangan mudah tertipu dengan tampilan luar yang masih mulus dan cantik,

  1. Model Yang Terbatas

Mobil tentu memiliki bebagai jenis yang lengkap dengan kelebihan maupun kekurangannya. Jika Anda mendatangi sebuah dealer atau showroom, tentu hampir semua jenis ada disana. Akan tetapu, jika Anda mengunjungi sebuah tempat rental, kendaraan yang tersedia tentu sangat terbatas.

Pahami dengan seksama apa saja dampak membeli mobil bekas rental sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Pilih jenis mobil yang memang Anda sukai dengan melalui berbagai macam pertimbangan. Jangan mudah terhasut dengan kalimat penjual yang biasanya persuasif.

Tetapkan pendirian dan pilihan berdasarkan keinginan dan kelayakan mobil tersebut. Tetap lakukan pengecekan diberbagai bagian, terlebih pada mesin mobil. Selain itu, Anda harus menghitung pengeluaran untuk servis bagian tersebut agar kembali mulus dan dapat digunakan dengan nyaman.

  1. Penggantian Beberapa Komponen

Umumnya mobil rental telah melakukan perjalanan yang banyak dalam kurung waktu yang lama. Kondisi ini menyebabkan beberapa komponen mobil harus dilakukan perbaikan bahkan penggantian. Jika Anda memutuskan untuk membeli kendaraan tersebut, tentu Anda harus mengganti beberapa bagian.

Dampak membeli mobil bekas rental pada kondisi ini akan memungkinkan pengeluaran biaya tambahan. Untuk itu, Anda harus jeli dalam memilih yang masih dalam keadaan bagus. Jika demikian, biaya yang dikeluarkan hanya untuk mengecat dan memuluskan eksterior mobil agar terlihat bagus kembali.

  1. Konsumen Sedikit

Jika dibandingkan dengan konsumen pembeli mobil dalam keadaan yang masih baru, tentu peminat mobil bekas lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena sebagian besar orang merasa takut terhadap kondisi mobil. Penyewa yang tidak tetap dan pemakaian yang tidak dikontrol secara langsung menjadi hal utama.

Baca Juga : Inilah Untung Rugi Dampak Membeli Mobil Bekas Taksi

Nah itulah 10 fakta-fakta dari dampak membeli mobil bekas rental yang wajib Anda ketahui. Pastikan sebagai calon pembeli sudah memahami dengan baik. Jangan lupa untuk tetap mengecek dan melakukan test drive sebelum benar-benar dibeli. Lakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here