5 Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia Terbaru 2021

0
6009

Saat ini sudah banyak kendaraan beroda empat listrik yang masuk ke dalam daftar mobil listrik murah di pasaran Indonesia. Harga mobil elektrik ini bersaing dengan harga kendaraan beroda empat konvensional, sehingga kini banyak orang yang lebih memilih beralih ke mobil listrik.

Baca Juga : 3 Tipe Ban Motor Michelin Terbaru Beserta Perkiraan Harganya

Selain karena harganya sudah mulai terjangkau, kendaraan beroda empat ini juga memiliki banyak kelebihan. Kendaraan beroda empat elektrik sangat ramah lingkungan karena hanya mengeluarkan sedikit emisi. Bahkan pada mobil listrik penuh yang tidak menggunakan bahan bakar fosil sama sekali, emisi berupa gas pencemar tidak diproduksi.

Seperti yang Anda ketahui bahwa emisi hasil pembakaran bahan bakar fosil dapat berupa karbon dioksida, gas mengandung sulfur, hingga karbon monoksida. Gas tersebut merupakan komponen pembentuk efek rumah kaca yang dapat merusak atmosfer.

Sehingga dengan menggunakan kendaraan beroda empat elektrik, Anda sudah melakukan upaya penyelamatan bumi. Selain itu, Anda juga berperan dalam meningkatkan kesehatan manusia karena gas tersebut juga dapat mengganggu kesehatan manusia.

Daftar mobil listrik murah ini selain terjangkau, tapi juga menyuguhkan teknologi dan kenyamanan berkendara yang sangat memuaskan. Teknologi pada kendaraan beroda empat elektrik dianggap lebih canggih dari mobil konvensional.

Hal ini adalah salah satu masyarakat mulai beralih menggunakan kendaraan beroda empat elektrik. Pasalnya, teknologi ini sangat berpengaruh terhadap keamanan mobil dan fitur lainnya yang menunjang kenyamanan pemiliknya.

Berikut ini adalah deretan daftar mobil listrik murah di pasaran Indonesia paling up date.

1. Toyota Corolla Cross Hybrid

daftar mobil listrik murah

 

Mobil listrik berjenis SUV ini dibandrol dengan harga 400 jutaan saja. Tentu dengan harga yang sama dengan mobil lain di pasaran Indonesia, kendaraan beroda empat ini memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan.

Kendaraan beroda empat ini mengadopsi teknologi penggunaan energi hybrid, artinya mobil dapat bergerak dengan energi elektrik maupun energi dari BBM. Kendaraan beroda empat elektrik jenis ini tentu lebih disukai di Indonesia yang infrastrukturnya belum mendukung untuk penggunaan mobil listrik secara utuh.

Toyota corolla cross hybrid ini jelas masuk ke dalam daftar mobil listrik murah di Indonesia. Selain murah, kendaraan beroda empat ini juga disematkan mesin 1.8L 2ZR-FE dengan bahan bakar bensin dan elektrik . Kekuatan yang dapat dicapai oleh mobil ini adalah 138 Tk pada 6400 rpm dan torsi pada 17,5 kgm pada putaran 4000 rpm.

2. Nissan Kicks e-Power

daftar mobil listrik murah

Kendaraan beroda empat elektrik ini adalah yang pertama kalinya diluncurkan oleh PT Nissan Motor Indonesia. Mobil ramah lingkungan ini dijual dengan harga 400 jutaan. Harga yang normal untuk sebuah kendaraan beroda empat.

Selain itu, Anda juga dapat memperoleh kenyamanan berkendara yang luar biasa dengan menggunakan kendaraan beroda empat ini. Pasalnya, Nissan Kicks e-Power tidak menyebabkan suara bising sama sekali di dalam mobil.

Sama halnya dengan Toyota Corolla Cross Hybrid, nissan juga menggunakan teknologi hybrid pada kendaraan beroda empat elektriknya. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika tidak ditemukannya tempat pengisian daya di daerah Anda, sehingga dapat menggunakan bahan bakar bensin.

Dilengkapi mesin yang mumpuni untuk tangki bensinnya yaitu 3-silinder 1200 cc dan penampung dayanya berupa lithium-ion dengan tenaga motornya adalah 126 Tk serta torsi 260 Nm. Meski mesinnya begitu mumpuni, tapi kendaraan beroda empat ini tetap masuk daftar mobil listrik murah.

3. Hyundai Kona Electric

daftar mobil listrik murah

Merek kendaraan beroda empat asal Korea ini, beberapa terakhir memang secara konsisten mengeluarkan mobil elektrik. Hyundai Kona Electric sendiri diluncurkan pada bulan Desember tahun lalu oleh PT Hyundai Motors Indonesia.

Kendaraan beroda empat ini memiliki harga pasaran 600 jutaan. Harga yang sangat wajar untuk mobil elektrik canggih keluaran Hyundai. Pasalnya, kendaraan beroda empat ini memiliki motor listrik magnet synchronus berkekuatan 201 Tk dengan torsi 394 Nm. Baterai yang digunakan berjenis Lithium-ion 64 kWh.

Jika kebanyakan mobil elektrik dianggap tidak dapat melaju kencang di jalanan, berbeda dengan Hyundai Kona Electric yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 155 Km/Jam. Karena kendaraan beroda empat ini menggunakan teknologi full listrik, jadi Anda harus memastikan baterainya cukup saat aka digunakan.

Hyundai mengklaim mobilnya ini dapat mengisi selama 9 jam pada pengisian normal dan dapat mengisi selama 75 menit pada mode pengisian cepat. Dengan harga 600 jutaan tentu mobil berteknologi tinggi ini sangat pantas masuk dalam daftar mobil listrik murah di Indonesia.

4. Hyundai Ioniq Electric

daftar mobil listrik murah

Hyundai Ioniq sebenarnya cukup lama ma dikenal di Indonesia satu tahun terakhir. Kendaraan beroda empat ini adalah mobil elektrik murni pertama yang diluncurkan di Indonesia. Pasalnya, pesaing sebelumnya hanya berani memasang teknologi hibrid.

Selain itu, harga yang ditawarkan untuk kendaraan beroda empat elektrik murni ini hanya 600 jutaan. Bahkan merek lain yang sudah mengadopsi teknologi listrik murni membandrol harga di atas 1 M, tapi Hyundai dengan segala kecanggihannya hanya memasang harga 600 jutaan saja.

Hal ini tentu menjadikan hyundai ioniq masuk ke dalam daftar mobil listrik murah di Indonesia. Bahkan termurah untuk jenis mobil elektrik murni. Kelebihan mobil dengan desain seperti sedan ini adalah kecepatan lajunya yang diklaim lebih dari 300 km/jam.

Baterai yang disematkan di dalam kendaraan beroda empat ini adalah lithium-ion polymer 38,3 kwh dengan tenaga motor elektrik 100 kW setara dengan 136 Tk dan torsi 295 Nm. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan empat mode berkendara yaitu eco, normal, sport, eco+.

Perbedaan hanya terletak pada distribusi tenaga baterai dan knalpot. Selain karena teknologi yang begitu unggul, pembayaran PKB dari kendaraan beroda empat ini juga sangat murah yaitu hanya sekitar 3 jutaan saja.

Jika dibandingkan dengan mobil sport yang memiliki kisaran harga sama, jelas pajak mobil elektrik sangat murah. Anda harus mengeluarkan pajak untuk mobil sport sebesar 7-8 juta pertahun.

5. Toyota Lexus UX300e

daftar mobil listrik murah

Jenis mobil listrik murni dari Toyota ini masuk ke dalam daftar mobil listrik murah di Indonesia. Pasalnya, kendaraan beroda empat dengan desain super apik ini dilengkapi dengan motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang bertenaga 201 Tk dan torsi 300 Nm.

Mobil listrik ini juga memiliki daya baterai yang kuat dan dapat digunakan hingga jarak 300 Km dalam sekali pengisian baterai. Pengisian dayanya juga terhitung cepat untuk mobil dengan spek canggih ini yaitu 24 jam dalam mode pengisian baterai normal dan 6 jam dengan mode pengisian cepat.

Serta jika di tempat kamu ada tempat khusus pengisisan daya mobil, maka hanya memerlukan waktu 50 menit saja. Harganya di pasaran Indonesia hanya 1,2 M saja dan masuk ke dalam daftar mobil listrik murah. Keuntungan yang dapat Anda miliki saat membeli kendaraan beroda empat elektrik ini adalah personal charging gratis yang dipasang oleh pihak toyota selama 2 tahun.

Anda dapat bebas memilih dimana akan ditempatkan personal charging tersebut, entah di rumah atau di kantor. Tentu saja itu akan sangat membantu pengguna, agar tidak kerepotan mencari pengisisan daya mobil listrik di kotanya.

Jenis-jenis daftar mobil listrik murah yang dipasarkan di Indonesia sangat banyak macamnya. Harga yang ditawarkan juga sangat bersaing dengan mobil konvensional. Akan tetapi, dengan kemajuan zaman dan teknologi, mobil listrik dianggap akan menjadi kendaraan di masa depan.

Baca Juga : 4 Cara Mengendarai Mobil Listrik Ternyata Mudah

Pasalnya, ketersediaan bahan bakar fosil akan semakin menipis dan sudah saatnya manusia merawat bumi dengan tidak menciptakan banyak polusi. Daftar mobil listrik murah ini akan sangat membantu Anda mencari inspirasi untuk membantu merawat bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here