Cari Mobil Untuk Keluarga? Beberapa Rekomendasi

0
461
mobil untuk keluarga

Sebelum membeli mobil banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti kapasitas dan hal lainnya. Jika sudah memiliki anak lebih dari satu,  tentu lebih baik memilih mobil untuk keluarga dengan kapasitas yang mumpuni.

Baca Juga : Cara Mengenal Jenis Dan Cara Perawatan Mobil Jazz

Ada banyak tipikal mobil di Indonesia yang cocok untuk digunakan bepergian bersama keluarga. Namun, menurut pengamatan masyarakat masih banyak yang memilih mobil jenis MPV. Hal ini juga didukung dengan beragamnya jenis mobil tersebut.

Rekomendasi Mobil Untuk Keluarga Terbaik dan Handal

mobil untuk keluarga

Masyarakat kita yang cenderung memikirkan keluarga besar, maka akan memikirkan membeli mobil yang dapat menampung orang banyak. Oleh sebab itu, mobil di Indonesia tidak akan jauh dari jenis mobil MPV. Bahkan ada beberapa pabrikan mobil yang meluncurkan mobil dengan segmen harga berbeda.

Mobil Keluarga Low MPV

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil yang dapat menampung orang banyak, namun budget terbatas, bisa melihat daftar di bawah ini!

Daihatsu Sigra

Mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil untuk keluarga yang mengisi daftar pertama mobil terbaik. Lebih populer dengan sebutan sigra, mobil ini menduduki posisi sebagai mobil low MPV yang paling laris di pasaran Indonesia.

Wajar saja mobil jenis ini laku keras di Indonesia, sebab harganya yang sangat terjangkau namun memberikan ruang yang luas. Mobil ini dapat mengangkut penumpang sebanyak 7 orang.

Dengan modal 119,5 juta, keluarga dengan ekonomi kelas menengah ke bawah sudah dapat memboyongnya pulang ke rumah. Di lain sisi, dapur pacu yang ditawarkan terdapat tiga jenis yakni 1,0,1,2 dan 1,5 liter yang mampu bersaing dengan jenis mobil sekelasnya.

Daihatsu Sigra juga memberikan banyak fitur terbaik yang melengkapi kendaraan ini. Seperti fitur hiburan dan keselamatan tergolong lengkap untuk kriteria mobil MPV low kelas budget ringan.

Renault TRIBER

Selain Daihatsu Sigra, mobil yang dapat meanmpung penumpang sebanyak 7 orang ada mobil Renault TRIBER. Mobil ini pertama kali debut di negara India, karena untuk memenuhi kebutuhan keluarga maka ruangannya di desain luas.

Tidak hanya itu, ruang kabin yang tersedia sangat luas dan dilengkapi tampilan yang fresh . Sehingga tampak gagah untuk jenis mobil low MPV. Sementara pada sisi fitur, TRIBER sudah mengusung fitur yang terbaru dengan 4 airbag, Aple Carplay dan Android Auto.

Untuk harganya masih sangat bersahabat yaitu berada dikisaran 133 jutaan hingga 179 jutaan. Sementara itu, dapur pacunya mobil ini menggunakan 1,0 L, dengan kecepatan maksimum 140 km/jam.

Namun, dalam kondisi tertentu mobil ini masih lemah. Kadang terasa tidak memiliki tenaga atau melempem. Masih ditambah lagi kondisi kabin yang belum mampu menyaring suara dengan baik, membuat terasa bising sehingga perlu peningkatan lagi.

Rekomendasi Mobil untuk Keluarga Menengah

mobil untuk keluarga

Jika memiliki uang lebih, ada baiknya membeli mobil untuk keluarga dengan performa yang lebih baik. Berikut list beberapa mobil untuk kalangan ekonomi kelas menengah.

Daihatsu Xenia

Pada segmen ini ada mobil daihatsu Xenia yang akan menjawab permasalahan Anda. Mobil ini dapat dikatakan kembar dengan Toyota Avanza. Namun, keputusan yang diambil pabrik pembuatnya, mendorong Xenia memiliki nilai saing yang cukup tinggi.

Dibanderol dengan beragam jenis harga, Xenia dapat di bawa pulang dengan mengocek dompet sebesar Rp194 jutaan hingga 238 jutaan. Sementara dari segi dapur pacu, New Xenia juga memberikan 2 opsi mesin. Yakni ada 1,0L EJ-VE 3 Silinder dan 1,3L K3-VE 4.

Saat ini model ini memiliki inovasi yang cukup terasa bagi pengguna. Yaitu pada bagian kabin dan interiornya yang tampak lebih mewah. Bahkan, guna meningkatkan sektor keamanan, daihatsu telah membekalinya dengan Dual SRS Air Bag.

Toyota Avanza

Bukan hal yang asing lagi, jika mobil ini menjadi pilihan sejuta umat Indonesia. Toyota Avanza menjadi salah satu penyumbang rupiah terbesar bagi Toyota. Dimana mobil jenis avanza telah dibekali perubahan yang semakin baik agar tetap barada di posisi atas.

Menjadi mobil untuk keluarga yang terbaik, Toyota avanza dibekali kabin yang luas sehingga dapat menampung penumpang sejumlah 7 orang. Bahkan terdapat varian veloz yang disengaja untuk menyediakan versi mewah dari mobil yang ditawarkan dengan dua mesin tersebut. Mesin 1,5 Liter dan mesin 1,3 Liter.

Sementara,  untuk sekarang harganya masih bersahabat baik dengan kantong. Hanya membutuhkan uang kisaran 200-250 jutaan, Anda sudah dapat memboyongnya ke rumah.

Nissan Livina

Pada urutan ketiga di duduki oleh Nissan Livina. Mobil ini lahir dari kerjasama Nissan dengan Mitsubishi. Kerjasama tersebut tampaknya sukses dilihat dari tampilan Nissan Livina yang kini tampak fresh dan lebih modern dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Tidak hanya menawarkan interior yang luas, Nissan Livina juga dapat menampung penumpang sejumlah 7 orang. Masih ditambah lagi dengan kapasitas bagasi yang besar. Sehingga model Nissan tepat dijadikan mobil untuk keluarga saat bepergian.

Urusan harga, Nissan Livina dipasarkan dengan harga mulai dari 208 jutaan hingga 272 jutaan. Belum terlalu melambung dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia.

Ertiga

Berkat tampilannya yang menarik, saat ini ertiga tergolong mobil idaman banyak keluarga. Pasalnya pabrikan Suzuki paham betul apa yang menjadi kekuatan mobil produk mereka dan merombak tampilannya menjadi lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Sementara itu, kesan MPV gendut juga menghilang pada generasi barunya. Hal ini disebabkan adanya garis desain yang sedikit berotot di sisi samping mobil tersebut.

Pada jenis Ertiga yang terbaru  menawarkan mesin yang lebih tenaga yaitu dengan kapasitas 1.500 cc. Selain itu, banyak juga pilihan cat untuk interiornya. Di pasaran jenis mobil ini dijual dengan rentang harga Rp.205-249 jutaan.

Pilihan Mobil Untuk Keluarga Kelas Atas

mobil untuk keluarga

Pada barisan ini ada tiga jenis mobil yang dijadikan opsi mobil untuk keluarga. Simak penjelasannya di bawah ini!

Isuzu Panther

Pada kelas menengah ada Isuzu Panther, walapun tidak sepopuler dulu. Namun, labelnya sebagai mobil keluarga terbaik masih tetap dapat dipertahankan. Pada bagian mesin, Panther masih menggunakan diesel sebagai signature touchnya. Dengan kekuatan maksimum mencapa 80 hp dan 192 Nm untuk torsinya.

Dijuluki sebagai Raja Diesel, mobil ini sangat nyaman saat berjalan di luar nyamannya aspal. Ditambah lagi dengan kemampuannya menampung penumpang yang mencapai 7-8 orang. dengan kapasitas tersebut membuat Isuzu Panther masih eksis dan dapat bersaing.

Kijang Innova

Kijang Innova merupakan sebuah mobil untuk keluarga yang legendaris di Indonesia. Walaupun saat ini harganya cukup tinggi, sehingga sulit dijangkau kelas menengah namun fitur yang ditawarkan masih menggunakan fitur generasi sebelumnya.

Performa tangguh dari mesin Kijang inilah yang menjadi identitas utama yang terus dipertahankan. Bahkan edisi terbarunya tampil lebih fresh dengan varian facelift. Inovasi yang paling spesial terletak pada bagian Air Purifier yang mampu meningkatkan kualitas udaran dalam kabin.

Untuk harganya sendiri, Kijang Innova dibanderol harga mulai dari Rp.337,6 juta hingga Rp.495,7 jutaan. Tidak heran jika Kijang Innova.

Toyota Sienta

Mobil sub-minivan ini adalah pilihan prestise bagi keluarga Indonesia. Meskipun tergolong kecil, tapi di dalamnya dapat menampung sebanyak 7 orang. Dengan kelebihan terletak pada desainnya yang unik dan menarik.

Pada bagian mesin Mobil ini juga tangguh. Suzuki menanamkan mesin dengan kapasitas 1,5 L yang memiliki keluaran 107 hp dan 14,3 kgm untuk torsinya. Harga yang ditawarkan dimulai dari Rp. 259,75 hingga 313,55 juta rupiah.

Kelas Premium

Kelas premium juga menawarkan beberapa jenis mobil untuk keluarga. Namun, pada segmen kelas premium, hanya ada pabrikan Toyota yang mengisi ruang MPV di tanah air.

Toyota Voxy

Entri pertama mobil untuk keluarga diduduki oleh Toyota Voxy. Namun, sayangnya mobil premium ini kurang diminati karena bentuknya yang menyerupai kotak. Dijual mulai dai Rp.510 juta, Toyota Voxy kini cukup mirip dengan alphard. Hal ini dikarenakan toyota menambahkan body kit yang unik dan memiliki aksen mewah sebagai profilnya.

Toyota Alphard

MPV premium yang ada di pasaran tanah air berikutnya adalah mobil merk Alphard. Mobil besutan Toyota ini telah lama menjadi lambang kekayaan seseorang. Pasalnya harga yang ditawarkan mulai dari 1,04 miliar hingga 1,95 miliar rupiah.

Baca Juga : Mengenal Sejarah Dan Model Mobil VW Yang Populer

Jadi, mobil untuk keluarga terdapat 5 kelas. Mulai dari kelas low MVP hingga yang premium. Jika Anda ingin membelinya pastikan sesuaikan dengan budget  yang dimiliki. Selain itu sesuaikan juga dengan medan yang akan dilalui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here