Cara Mengenal Jenis Dan Cara Perawatan Mobil Jazz

0
56
mobil Jazz

Mobil Jazz merupakan mobil idaman kebanyakan kalangan muda. Bagaimana tidak,  desainnya yang ideal serta mesinnya yang juara, membuat kalangan muda sangat menginginkannya.

Baca Juga : Cara Mencari Mobil Zebra Bekas Yang Tahan Banting Dan Oke

Sama halnya dengan Avanza, yang menjadi pilihan para keluarga, karena mampu membawa semua anggota keluarga. Jazz pun memiliki daya tarik untuk dimiliki oleh kalangan muda.

Mengenal Tiga Generasi Mobil Jazz Di Indonesia

mobil Jazz

Dari awal peluncurannya hingga kini telah terdapat tiga generasi mobil Jazz di Indonesia. Meski memang kini, sudah tidak akan ada lanjutan generasi terbaru untuk jenis Jazz. Berikut adalah tiga generasi Honda Jazz dari awal peluncurannya:

  1. Generasi Pertama

Generasi pertama mobil Jazz keluar pada tahun 2001-2007, pada saat itu Jazz hanya diterbitkan dan dipasarkan di Jepang. Hingga kemudian setelah melihat perkembangan Jazz mulai dipasarkan diberbagai Benua seperti Amerika, Afrika, Eropa dan Asia.

Indonesia menjadi salah satu pasar yang dituju olrh produsen Jazz. Tak disangka, pemasaran Honda Jazz di Indoensia memdapat apresiasi baik. Kali pertama peluncuran Jazz di Indonesia diawali dengan Jazz berkapasitas mesin 1.500cc dengan dibekali teknologi VTEC.

VTEC adalah Variable Valve Timing & Lift Electronic Control. Selain itu juga Jazz generasi pertama telah dibekali rem fitur EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist) dan ABS (Anti Lock Braking System).

Selain itu juga fitur terbaik pada generasi pertama telah dilengkapi balon udara yang ada untuk pengemudi dan penumpang. Sebagai pertolongan pertama untuk menghindari benturan bila terjadi kecelakaan.

Meski Jazz merupakan jenis sedan yang memiliki kabin minimal, akan tetapi Jazz memiliki akomodasi luas. Hal ini disebabkan oleh penempatan tangki bensin pada bawah kursi penumpang bagian depan. Karena itulah, keluasan kirsi belakang terasa pada kabin Jazz meski tergolong jenis sedan.

Jazz juga memiliki tiga mode ultra seat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ketiga mode tersebut adalah sebagai fleksibilitas terbaik yang diberikan oleh mobil Jazz. Berikut adalah ketiga mode ultra seat yang dimiliki Jazz:

  • Utility Mode

Mode ini merupakan mode yang digunakan ketika ingin memiliki area belakang menjadi terlihat datar.

  • Long Cargo Mode

Mode ini digunakan ketika hendak membawa barang yang panjang, agar bisa masuk kedalam kabin. Caranya adalah dengan melipat sebagian kursi belakang dan juga kursi penumpang depan. Asal kamu tahu, panjang barang yang bisa masuk dalam Honda Jazz mencapai 2.4m.

  • Tail Cargo Mode

Mode ini dipakai untuk memdapatkan ketinggian hingga 1.3m, agar mampu memuat barang yang tinggi dan besar. Caranya hanya dengan melipat dudukan kursi area belakang.

  1. Generasi Kedua

Generasi kedua Mobil Jazz terjadi sekita tahun. 2007-2014. Generasi ini populer dengan julukan generasi Hybrida. Sekitar tahun 2007 Honda Jazz generasi kedua mulai diluncurkan di Tokyo Jepang.

Pada generasi kedua ini Jazz memiliki keunggulan daripada generasi terdahulu. Dan keunggulan ini terletak pada bagian yang dinamakan wheelbase. Selain keunggulan ini, Jazz generasi kedua juga memiliki perbedaan pada area dashboard.

Jika pada generasi sebelumnya, dashboard mobil terlihat tampak kaku dan memakai jenis tape biasa. Namun pada generasi tape sudah terkalahkan oleh CD. Ditambah lagi varian pada generasi kedua memiliki pilihan warna yang lebih banyak.

  1. Generasi Ketiga

Generasi ketiga terjadi sekitar tahun 2014 hingga tahun 2021, meski memang masih memakai jenis hatchback. Akan tetapi pada generasi Honda Jazz ketiga ini memiliki banyak perubahan. Baik dari sisi eksterior, interior hingga jenis mesin telah mengalami peningkatan.

Akan terasa apabila pengemudi melakukan kegiatan over gigi, hentakan yang dirasakan akan terasa lebih halus. Bahkan seperti tak terasa ada hentakan pada saat mengoperan gigi.

Cara Merawat Mobil Jazz Agar Tetap Memiliki Tenaga Prima

mobil Jazz

Memiliki barang apapun, jika dirawat dengan baik akan membuatnya lebih awet. Begitupun dengan sebuah kendaraan. Agar kendaraan tersebut tetap memiliki body yang kinclong hingga tenaga yang prima, harus merawatnya dengan baik. Berikut adalah tips merawat mobil Jazz yang benar:

  1. Perawatan Rem Dan Kopling

Perawatan ini wajib diperhatikan setiap menginjak 10.000-50.000Km. Biasakan untuk memeriksakan kendaraan dengan rutin, apalagi jika telah mencapai angka tersebut. Baiknya segera periksakan kondisi ampas kopling.

Karena ampas kopling yang telah aus akan membuat pergantian gigi ketika dikendari terasa lebih berat. Selain itu, perhatikan juga pergantian oli rem ketika telah mencapai 20.000Km. Lanjutkan juga dengan memeriksakan kondisi rem, ketika minyak rem diganti. Agar saat berkendara tetap aman terkendali.

  1. Selalu Rutin Mengganti Oli Mesin

Pergantian oli terjadi ketika telah mencapai 10.000Km atau oli telah terlihat hitam dan encer. Akan tetapi, jika mobil kamu dipakai untuk sehari-hari dan sering mengalmi kemacetan, ganti oli setiap 5.000Km. Karena jika sering mengalami kemacetan, oli akan lebih cepat menghitam dan encer.

  1. Selalu Mengecek Dan Mengganti Air Radiator

Peegantian air radiator baiknya dilakukan secara rutin. Karena akan sangat mempengaruhi performa mobil. Lebih sering mengontrol air radiator dan menggantinya, akan semakin bagus kondisi kesehatan mobil.

  1. Cek Keadaan Air Aki

Mengecek aki merupakan salah satu perawatan yang wajib dilakukan. Karena jika kondisi air aki tidak pada tingkat yang seharusnya, akan dipastikan mesin mobil akan teeganggu. Jadi pastikan posisi air aki berada pada level yang seharusnya. Yaitu pada posisi antara batas garis penanda.

  1. Periksa Keadaan Dan Tekanan Ban

Perawatan mobil Jazz selanjutnya adalah hal yang perlu diperhatian. Pemeriksaan ini, bisa dilakukan dalam satu bulan sekali. Karena ban merupakan komponen penting pada mobil ketika sedang dikendarai.apabila kondisi bam gundul, maka akan menyebabkan ban tergelincir dan licin.

Untuk mengantisipasi kecelakan yang disebabkan oleh tak terjaganya kondisi ban tersebut, rutinlah periksakan kondisi ban. Peehatikan juga tekanan ban ketika mobil hendak digunakan. Apalagi jika sedang ingin melakukan perjalanan jauh.

  1. Periksa Kondisi Lampu Dan Kabel

Pemeriksaan perawatan kabel dan lampu dilakukan agar selalu merasa nyaman saat berkendara. Karena jika lampu redup atau bahkan tidak menyala akibat kabel yang putus, bisa saja membuat sebuah kecelakan atas ketidaknyamanan tersebut.

Apabila telah terlihat gejala kerusakan pada kabel dan lampu,  baiknya segera lakukan pemeriksaan. Atau bahkan lakukan peegantian kabel dan lampu yang mengalami kerusakan. Sebaiknya ketika melakukan pergantian tersebut, gunakanlah spare part yang memang direkomendasikan dan berkualitas bagus.

  1. Lakukan Kegiatan Mencuci Mobil

Mencuci mobil meski terlihat sepele, ternyata akan membuat performa mobil menjadi lebih baik. Selain untuk membuat kondisi tampilan body lebih kinclong, mencuci mobil dapat membuat lebih mudah perawatannya dikemudian hari.

Karena jika ada noda yang tertinggal pada body mobil namun tidak segera dibersihkan maka noda akan menjadi lebih sulit dihilangkan. Hal ini tentunya akan mengurangi performa mobil.

Perhatikan pula jenis sabun dan lap untuk membersihkan mobil Jazz. Baiknya gunakan sabun yang memang dikhususkan sebagai sabun mobil. Gunakan pula lap yang halus untuk membersihkan mobil.

Lap yang kasar tidak baik digunakan sebagai alat pembersih mobil. Karena bisa saja lap teraebut malah akan menciptakan noda baru. Akibat dari gesekan yang terjadi ketika mobil dibersihkan lap yang kasar.

  1. Perhatikan Kebersihan Kaca

Membersihkan kaca secara rutin, akan membuat kaca selalu tampak bersih. Kaca yang bersih akan memudahkan pengendara melihat keadaan jalan sekitar. Baiknya pakai cairan khusus pembersih kaca, agar kualitas dan kebersihan kaca tetap terjaga.

Pastikan juga untuk selalu membersihkan area karet yang ada pada jendela mobil Jazz
. Karena karen yang kotor akan membuat kaca menjadi baret. Jika telah terjadi hal demikian, kaca mobil akan terlihat jelek dan tak terawat.

  1. Selalu Bersihkan Kabin Mobil

Kebersihan kabin mobil Jazz tentunya harus diutamakan. Karena jika kabin jarang dibersihkan, jamur akan dengan leluasa bertumbuh. Jamur yang tumbuh tentunya akan membuat kabin terlihat jelek dan kotor.

Selain kabin, kondisi kebersihan jok juga wajib untuk dirawat yaa. Karena jok akan cepat berubah warna seiring bertambahnya kotoran yang menumpuk. Kptoran pada jok biasanya disebabkan oleh keringat penumpang yang menempel. Oleh sebab itu bersihkan jok mobil,  agar warnanya tetap awet dan tahan lama.

  1. Perhatikan Oktan BBM

BBM berkualitas tentunya akan memngaruhi kualitas kendaraan juga. Misalnya saja bahan bakar beroktan tinggi, akan menjaga dan merawat performa mesin. Namun jika bahan bakar yang digunakan beroktan rendah, sudah dipastikan bahan bakar teraebut kotor.

Bahan bakar yang kotor akan merusak kondisi dan tenaga mesin. Untuk itu pilihlan jenis bahan bakar yang direkomendasikan untuk mobil Jazz. Serta pakailah bahan balar yang disediakan oleh tempat resmi.

Baca Juga : Tips dan Cara Merawat Mobil Xenia Bekas Agar Tetap Nyaman

Itulh tadi pembagian generasi dan keunggulan masing-masing mobil Jazz ada tiap generasinya. Semoga tips perawatan yang telah disampailan diatas, bermanfaat dan dapat dilakukan dengan maksimal. Agar mesin mobil tetap terjaga kualitas dan performanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here