Beberapa Keunggulan Mobil Navara Yang Harus Kamu Ketahui

0
43
Mobil Navara

Meskipun masih baru beredar di Indonesia. Mobil Navara masih memiliki penggemar di hati pecinta otomotif. Apalagi penyuka mobil pick up. Pasalnya Navara termasuk mobil jenis pick up. Namun desainnya sangat mewah.

Baca Juga : Mobil Nissan Juke Dengan Penampilan Terbaik Dan Unik

Navara merupakan salah satu produk unggulan dari Nissan. Karena konsep yang digunakan bukan hanya keren, namun memiliki berbagai fitur dan dibekali mesin yang canggih. Mobil ini mulai diperkenalkan sejak tahun 2015.

Ada yang mengatakan bahwa mobil Navara merupakan mobil truck terbaik di kelasnya. Supaya tidak penasaran tentang Navara, akan ada beberapa penjelasan tentang tipe, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Varian Mobil Navara Yang Harus diketahui

Mobil Navara

Seperti hal merek mobil lainnya, mobil Navara juga memiliki beberapa varian untuk dipilih oleh calon pembeli sesuai dengan kebutuhan. Adapun variannya adalah Nissan Navara 2,5 SL MT, 2,5 VL MT, 2,5 VL AT. Diantara ketiganya, tipe VL AT termasuk yang tertinggi. Adapun spesifikasinya bisa dilihat berikut ini.

  1. Nissan Navara 2,5 SL MT

Termasuk varian paling rendah diantara semua tipe Navara. Varian 2,5 SL MT memiliki dimensi dengan panjang 5255 mm, lebar 1850 mm, dan tinggi 1820. Dengan dimensi tersebut, Navara termasuk mobil yang besar.

Mobil Navara termasuk pick up truk dengan 4 bantalan kursi. Memiliki ground clearance 225 mm. Whealbase sampai ukuran 3150 mm. Sedangkan kapasitas bahan bakarnya hanya berukuran 80 liter.

Untuk varian ini memakai mesin diesel 2488 cc yang memakai 4 silinder segaris, 4 valve, dan termasuk mobil DOHC. Sedangkan transmisinya memakai 6 macam kecepatan dan masih manual.

Performa dari mobil Navara tipe ini menghasilkan tenaga sampai163 hp dengan torsi  403 Nm. Untuk rodanya memakai pelek dengan ukuran 16 inci alloy. Untuk ukuran ban depan 255/70 R16 juga ban belakang.

  1. Nissan Navara 2,5 VL MT

Selanjutnya adalah varian Nissan Navara 2,5 VL MT. Untuk dimensinya, Whealbase sampai kapasitas bahan bakar hampir sama dengan ukuran varian SL MT. Dan tetap pick up truk dengan 4 kursi.

Transmisinya juga memakai 6 macam kecepatan manual. Yang membedakannya adalah pada mesinnya. Mobil Navara varian ini memakai mesin diesel 2488 cc yang bisa menghasilkan tenaga sampai 190 Hp dengan torsi 450 Nm.

  1. Nissan Navara 2,5 VL AT

Termasuk varian tertinggi diantara tiga tipe Nissan Navara. Harganya juga merupakan paling mahal. Untuk dimensinya sama dengan varian lainnya. Selain itu, tenaga yang dihasilkan sampai kapasitas bahan bakar juga sama.

Yang membedakan adalah kecepatan yang dipakainya. Nissan Navara 2,5 Vzl AT memakai 7 macam kecepatan otomatis.

Setelah membahas tiga varian dari mobil Navara, pasti ingin tahu apa saja kelebihan mobil ini sehingga patut dimasukkan dalam daftar list pembelian mobil. Apalagi konsumen menyukai berpetualang dengan keluarga yang pastinya membawa barang yang tidak sedikit.

Spesifikasi Lengkap Pick Up Truck  Nissan Navara

Mobil Navara

Meskipun termasuk mobil besar, Navara memiliki beberapa kelebihan yang patut diperhitungkan. Karena mobil sejenis ini masih jarang dimiliki oleh konsumen di tanah air. Apa saja kelebihannya, simak berikut ini.

  1. Performa

Untuk performa mobil Navara memakai mesin diesel yang memiliki tipe YD25DDTi. Yang membedakannya adalah pada kekuatan high atau mid power.  Untuk varian high power memiliki tenaga sampai 190 ps sampai torsi maksimal sebesar 450 Nm.

Sedangkan untuk mid power bisa menghasilkan tenaga sampai 163 ps dengan torsi maksimal sebesar 403 Nm. Pada tipe VL memiliki transmisi otomatis dengan 7 macam percepatan yang memakai mode manual. Untuk tipe SL memakai 6 macam percepatan.

Dengan memakai kombinasi tersebut bisa lebih menghemat konsumsi bahan bakar. Dan bisa meningkatkan efisiensi tanpa mengeluarkan tenaga ketika dipakai secara bersamaan.

  1. Aerodinamis

Seperti yang sudah dijelaskan untuk mesin mobil Navara memakai mesin yang bisa meningkatkan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar. Hanya dengan memakai komponen rendah tapi mobil bisa berfungsi maksimal meskipun memakai energi yang rendah.

Sehingga bisa membuat peningkatan aerodinamis mobil. Yang akan membantu pergerakannya lebih efisien. Walaupun Navara termasuk mobil yang berukuran besar,  tidak akan merasakan beban yang berat ketika dipakai untuk berkendara. Yang lebih menariknya akan merasakan lancar, halus, dan nyaman ketika mengendarainya.

  1. Eksterior

Karena termasuk mobil berjenis pick up maka mobil Navara memiliku kerangka box ladder dan chasis yang panjang. Tujuannya supaya segala aktivitas dapat terbantu meskipun membawa banyak muatan.

Dengan adanya double cabin. Bukan hanya untuk mengangkut penumpang saja, Nissan Navara juga membawa barang yang diperlukan dengan beban sampai 75 kilogram.

Bak belakang sudah dilengkapi dengan bediner. Sehingga bisa menghindari kerusakan pada permukaan dan tepian. Ada pula teknologi Hill Descent Control. Teknologi ini akan memudahkan pengendara dengan nyaman ketika menghadapi tanjakan.

Selain untuk tanjakan, teknologi Hill Descent Control juga memiliki manfaat supaya minim dalam risiko. Ada pula fitur VDC yang akan memudahkan melakukan manuver ketika di jalan. Bukan hanya itu saja, kemungkinan terselip juga akan berkurang.

Adanya teknologi Traction Control System (TCS) akan memudahkan berkendara secara otomatis ketika berkendara di jalanan yang licin.

  1. Fitur

Perlu diketahui bahwa mobil Navara memiliki julukan mobil dua alam. Mobil jenis ini memiliki suspensi yang tidak main-main. Sehingga nyaman digunakan ketika on road atau off road. Suspensinya memakai 5 Link Coil Spring.

  1. Warna

Dari seluruh varian mobil Navara, memiliki beberapa varian warna yang menarik. Seperti pearl white, savanna orange, phantom black, dan brilliant silver.

  1. Harga

Untuk harga, Nissan Navara memiliki harga paling rendah di antara kelasnya. Dengan segala eksterior dan interiornya, serta dilengkapi berbagai fitur yang menarik. Memiliki harga antara 400 sampai 500 juta tidak akan membuat rugi untuk calon pembeli.

Setelah membahas beberapa spesifikasi dari mobil Navara, selanjutnya akan membahas beberapa kelebihan dari mobil ini. Pasalnya mobil ini baru saja diperkenalkan untuk masyarakat tanah air. Apa saja kelebihannya bisa disimak berikut ini.

Kelebihan dan kekurangan Mobil Nissan Navara

Mobil Navara

Tidak lengkap jika tidak membahas kelebihan dan kekurangan dari mobil Nissan Navara. Alasannya supaya calon membeli bisa membandingkannya sehingga tidak akan merasa kecewa ketika memilikinya. Apa saja kelebihannya? Ulasannya berikut ini.

  1. Kelebihan Nissan Navara

Biasanya calon pembeli akan melihat mesin yang digunakan ketika membeli mobil. Untuk Nissan Navara memakai mesin yang memiliki kapasitas besar, yaitu 2,5. Dengan mesin 4 silinder. DOHC VGS Turbo Intercooler.

Desain ekteriornya juga terkesan modern dan sporty. Hal tersebut bisa dilihat dari model grille depan yang berwarna crome sehingga terlihat lebih agresif. Dikombinasi dengan desain headlamp yang baru memakai memakai LED headlight sehingga lebih tampak modern stylish.

Untuk bagian belakang mobil juga memakai lampu yang didesain baru. Selain itu, terdapat pula spoiler yang fungsional. Spoiler tersebut memiliki manfaat untuk menghemat bahan bakar serta mengurangi laju udara.

Ada pula eksteriornya yang memiliki roof rack yang memiliki penyimpanan yang bisa membawa beban berat sampai 75 kilogram. Sehingga bisa membawa beban selain di belakang, juga bisa di atas mobil.

Interior mobil Navara juga terlihat modern dan elegan. Meskipun termasuk jenis mobil truck, Nissan Navara didesain penuh dengan kenyamanan dan tampak stylish. Bahan materialnya juga memakai yang berkualitas dan kabinnya juga terbilang luas. Sehingga pengguna merasa nyaman ketika mengendarainya.

Selain interiornya yang elegan dan mewah. Nissan Navara juga dilengkapi dengan fitur audio yang memakai jenis 2DIN dengan ukuran 7 inci yang sudah terhubung 6 buah speaker. Hebatnya, sistem audio tersebut bisa terhubung dengan smartphone yang bisa dihubungkan dengan tombol yang ada di kemudi.

  1. Kekurangan Nissan Navara

Yang selanjutnya dibahas adalah kekurangan Navara pada peredam kabin. Peredam ini dirasa kurang mumpuni sehingga membuat pengguna merasa tidak nyaman. Pasalnya pengguna bisa mendengar suara mesin yang berisik, terutama dari bagian luar mobil.

Selanjutnya pada kemudi yang dirasakan berat. Meskipun sudah memakai power steering pada steering wheel. Ada pula suspensinya masih sangat keras atau kurang empuk. Tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan pengguna. Apalagi ketika melewati jalanan yang rusak atau tidak rata.

Baca Juga : Pahami Istilah Water Hammer, Pembunuh Mesin Kendaraan yang Mematikan

Itulah beberapa panduan lengkap untuk mobil Navara. Mulai dari variannya sampai dengan kelebihannya. Semuanya menarik untuk dibahas. Apalagi jika calon konsumen mencari mobil pick up yang terlihat mewah dan elegan. Nissan Navara masih bisa dimasukkan dalam daftar list pembelian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here