Wekeend selalu menjadi momen yang menyenangkan untuk bepergian ke tempat wisata bersama keluarga. Salah satu tempat favorit untuk menghilangkan penat saat 6 hari kerja adalah memandang indahnya pegunungan. Tapi, jika kamu ingin kamu memakai mobil matik, sebaiknya simak dulu tips mengendarai mobil matic di pegunungan agar tetap safety.

Baca Juga : Berikut Macam dan Jenis Modifikasi Mobil Ngehits 2021

Banyak yang mengungkapkan jika mobil bertransmisi otomatis sebaiknya tidak digunakan di jalan yang menanjak, laiknya pegunungan. Pasalnya, kemampuan mobil transimis otomatis ini dianggap tidak sebaik mobil yang menggunakan gigi maual. Nah, terus bagaiamana jika kita kita tetap menggunakan mobil matic saat menanjak di pegunungan?

8 Tips Mengendarai Mobil Matic Di Pegunungan Supaya Tetap Safety

Tips Mengendarai Mobil Matic

Mengendarai mobil matic memerlukan perlakuan yang berbeda dengan mobil transmisi manual. Pengemudi harus paham betul mengenai fungsi transimisi pada mobil matic sebelum menggunakannya untuk melewati jalan menanjak di pegunungan. Agar perjalanan tidak terganggu, simak tips mengendarai mobil matic di pegunungan berikut.

1. Menjaga Kecepatan

Saat mengendarai mobil matic di jalur pegunungan sangat penting untuk menjaga kecepatan kemudi. Pastikan kendaraan melaju dengan kecepatan yang cukup saat akan menanjak. Untuk mendapatka tenaga yang cukup ketika menanjak, kamu bisa memainka pedal gas dan melakukan kickdown.

2. Menyesuaikan Transmisi

Saat melalui jalur yang menanjak sebenarnya pengemudi tidak perlu buru-buru memindah transimisi. Jika tanjakan tidak terlalu curam, transmisi D normal masih mampu untuk menanjak. Namun, apabila jalur yang dilalui terlihat cukup curam, pengemudi bisa memindahkan transmisi ke D2.

Pastikan ketika mengganti transmisi ada diwaktu yang tepat supaya kendaraan tidak melorot ke bawah. Apabila ternyata jalur yang dilalui semakin curam, maka segera pindah transmisi ke D1. Transmisi D1 hampir sama dengan transmisi gigi 1 pada kendaraan manual.

3. Perhatikan Seberapa Curam Jalur Yang Dilalui

Tips Mengendarai Mobil Matic

Memperhatikan tingkat kecuraman sebuah jalur adalah tips mengendarai mobil matic di pegunungan yang paling penting. pasalnya dengan mengetahui tingkat kecuraman sebuah jalur, pengemudi dapat lebih mudah dalam mengatur gas dan transmisi.

Seorang pengemudi wajib hafal seluruh fungsi transimisi pada mobil matic. Mulai dari transmisi N adalah kondisi netral, P kondisi parkir, D untuk maju secara normal dan R untuk mundur. Selain itu, adapula transmisi D1, D2 dan D3 yang sagat penting ketika menemuka jalur yang menanjak.

Jika pengemudi sudah mengetahui semua fungsi transimis pada mobil matic, saatnya untuk memperhitungkan tingkat kecuraman sebuah tanjakan. Jika sudah dapat memperkirakan, maka bisa menginjak pedal gas sesuai kebutuhan serta dapat memilih transmisi yang akan digunakan.

4. Hindari Mengerem Saat Pindah Transmisi

Tips mengendarai mobil matic di pegunungan selanjutnya yaitu hindari mengerem saat pindah transmisi. Pada umumnya seorang pengendara akan menginjak rem terlebih dahulu sebelum mengganti transmisi saat mengendarai mobil matic.

Tetapi, ketika mengahadapi jalur menanjak hal ini sangat tidak disarankan. Pasalnya hal ini bisa mengakibatkan mobil kehilangan tenaga sehingga pengemudi akan kehilangan yang tepat untuk menanjak optimal.

Cara yang benar untuk berpindah transmisi adalah dengan menekan tombol yang ada pada tuas transmisi mobil matic. Fungsi tombol ini hampir sama dengan fungsi kopling pada mobil manual.

5. Harus Sigap Saat Menghadapi Jalur Turunan

Tips Mengendarai Mobil Matic

Tidak hanya menanjak saja yang perlu kamu perhatikan. Tips mengendarai mobil matic di pegunungan adalah harus sigap saat bertemu jalan yang menurun.Ketika pulang dari menikmati sejuknya udara di pegunungan kamu akan menjumpai jalur turunan yang cukup curam. Pada saat itu, sebaiknya ganti transmisi ke posisi yang lebih rendah untuk mendapatkan efek engine brake.

Memindahkan transmisi pada posisi lebih rendah bertujuan agar mobil tidak melaju cepat saat dijalur turunan. Selain itu, transmisi rendah mampu membantu meringankan kinerja rem mobil sehingga tidak berat.

6. Menjaga Jarak Dengan Kendaraan Lain

menjaga jarak dengan kendaraan lain adalah Tips mengendarai mobil matic di pegunungan yang paling vital. Pastikan mobil matic yang sedang dikendara tidak terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depannya. Ini tujuannya untuk menghindari insiden mobil yang tidak kuat menanjak. Biarkan terpisah jarak antara 10-20 meter agar tetap aman.

7. Servis Secara Berkala

Jika ke enam tips mengendarai mobil matic di pegunungan seperti yang telah disebutka dilakukan dengan tepat, perlu juga memperhatikan kondisi mobil. Biasanya insiden tak terduga bisa terjadi karena kelalaian tidak mengecek kondisi kendaraan sebelum menggunakannya untuk bepergian.

Pastikan mobil dalam kondisi prima, supaya kuat menanjak saat melalui jalur pegunungan. Ganti oli transmisi otomatis secara rutin sesuai dengan waktu yang telah disarankan. Selain itu, wajib mengecek bagian mesin dan rem untuk menghindari masalah ketika sedang berkendara adalah Tips Mengendarai Mobil Matic.

8. Perbanyak Latihan

Pada akhirnya skill merupakan hal yang sangat membantu saat mengendarai mobil ditanjakan semakin membaik. Dengan memperbanyak latihan pengemudi akan semakin lihai dalam mengahadapi berbagai situasi jalan. Tidak hanya menanjak, namun medan apapun dapat dilewati dengan aman.

Selain itu, dengan jam terbang tinggi biasanya pengemudi dapat mengenali kondisi mobilnya secara lebih baik. Pasalnya tidak semua mobil dalam kondisi yang sama. dalam hal ini yang dapat dicontohkan adalah ketika mengendarai mobil matic 1000cc membutuhkan kejelian lebih tinggi karena tenaganya lebih kecil.

Sedangkan ketika mengendari mobil matic 2000cc berbeda pula penghitungannya saat menemukan jalur yang menanjak. Pasalnya mobil matic ini memiliki tenaga yang lebih kuat. Jadi, bisa dipastikan jika mobil memiliki tenaga yang lebih besar akan lebih mudah apabila menghadapi jalur yang menanjak.

Kelebihan Menggunakan Mobil Matic Saat Berkendara

Tips Mengendarai Mobil Matic

Selain tips mengendarai mobil matic di pegunungan di atas, kamu juga perlu mengetahu kelebihannya. Hal ini sangat menguntungkan jika jalanan pegunungan cukup padat seperti hari weekend di puncak Bogor yag selalu diserbu pengunjung. Apa kelebihannya, coba simak ulasannya!

  1. Mengurangi Kaki Pegal Karena Berkendara

Penggunaan mobil matic memang berbeda dengan mobil manual, dimana mobil matic lebih mudah. Pengendara hanya perlu menggunakan satu kaki untuk melakukan pengereman atau gas. Beda dengan kendaraan manual yang harus melakuka perpindahan gigi sehingga membuat kaki menjadi pegal.

2. Lebih Aman Saat Menghadapi Jalur Menanjak

Kelebihan mobil matic satu ini cukup menguntungka ketika di bawa untuk berwisata ke pegunungan. Pasalnya mobil matic tidak rawan mundur saat berada di jalur yang menanjak seperti mobil manual. Bahkan saat berada ditanjakan yang macet, mobil ini tidak membahayakan pengendara.

3. Tetap Nyaman Walau Macet

Seperti yag sudah disebutkan, pengemudi hanya perlu menggunakan satu kaki untuk gas rem. Jadi, saat kondisi jalan macet tidak akan kelelahan mengganti gigi seperti mobil manual. Pada mobil manual, pengemudia harus rutin memindahkan posisi gigi sehingga membuat kaki menjadi lebih pegal dan tidak nyaman.

Baca Juga : Jenis Modifikasi Motor Ngehits 2021 yang Banyak Digandrungi Kaum Milenial

Supaya tetap aman dan nyaman sebaiknya ikuti tips mengendarai mobil matic di pegunungan seperti yang telah disebutkan di atas. Sebelum berangkat pastikan kendaraan dalam kondisi prima sehingga perjalanan tidak terganggu dan pulang dengan keadaan selamat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here